Pleci Marley (Kaskus.co.id)

Pleci Marley Jadi Juara Setelah Rutin Diberi 3 Minuman Sekaligus, Salah Satunya Mizone

Burungnya.com – Segala upaya akan dilakukan untuk membuat burung Pleci menjadi gacor. Bahkan, Pleci mania atau biasa dipanggil Pleman siap mengeluarkan dana yang cukup besar hanya untuk menjamin asupan gizinya.

Namun, tidak semua Pleman seperti itu. Terkadang, sebagian Pleman memilih sesuatu yang terbilang murah tapi hasilnya mewah. Seperti halnya, minuman isotonik merek Mizone.

Baca juga: 8 Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Mengeluarkan Suara Isian

Memang, harga minuman ini tak begitu mahal bila dibandingkan dengan harga vitamin burung dan harga suplemen burung. Kendati demikian, efek minuman Mizone ternyata terbukti berhasil membuat Pleci Marley menjadi langganan juara.

Pleci Marley diberi Mizone

Kalau tak percaya silakan bertanya kepada Om Ridwan atau akrab disapa Om Boteng, Pleci mania asal Polsuka, Bogor. Dia menerapkan perlakuan unik kepada burung Pleci Marley.

Om Boteng (Omkicau.com)
Om Boteng (Omkicau.com)

Katanya setelah rutin memberikan Mizone kepada Pleci Marley, burung kaca mata tersebut jadi sering meraih juara.

Meski masih skala latber dan latpres di wilayah Bogor, paling tidak Pleci Marley sering menduduki posisi 1 dan 2 pada even-even yang diikutinya, termasuk even di kelas BOB (Best of the Best).

Baca juga: 33 Tanya Jawab Terlengkap tentang Pleci

Pertemuan dengan Pleci Marley

Bicara tentang Pleci Marley, bagaimana ceritanya Om Ridwan bisa bertemu dengan Pleci Marley? Apakah Pleci Marley hasil ternak sendiri atau dibeli dari kicau mania lainnya?

Baca juga: Cara Beternak Pleci Untuk Pemula Mulai Tahapan Awal Penjodohan Hingga Menetas

Ternyata, ceritanya cukup panjang dan begitu menginspirasi. Jadi, Pleci Marley bukan berasal dari darah biru atau keturunan induk Pleci unggulan. Pleci Marley adalah burung pasar yang dijual dengan harga Rp 100.000.

Teman Om Boteng memberikan informasi bahwa di salah satu kios burung ada yang mempunyai koleksi Pleci cukup banyak. Semua burung Pleci tersebut dalam kondisi berada di kandang ombyokan. Artinya, belum diketahui mana Pleci bagus dan Pleci dengan performa biasa-biasa saja.

Om Boteng seperti memilih kucing dalam karung, tidak tahu mana Pleci yang bagus dan kurang bagus. Namun, tekadnya untuk membeli Pleci sudah bulat. Akhirnya, dia memilih salah satu dari sekelompok burung Pleci di kandang ombyokan, yang kini dia namakan Pleci Marley.

“Ada teman yang memberi informasi, katanya ada sebuah kios burung yang mempunyai koleksi Pleci cukup banyak. Saya langsung ke sana, dan memilih salah satunya, yakni Marley, dengan harga hanya Rp 100.000,” ujarnya seperti yang dikutip dari Omkicau.com (16/7/2017).

Perawatan Pleci Marley

Walaupun harga Pleci Marley tidak terlalu mahal, tetapi Om Boteng merawatnya dengan sungguh-sungguh dan hasilnya Pleci Marley sering menjadi juara di beberapa lomba burung.

Lalu, bagaimana perawatan Pleci Marley hingga mampu meraih berbagai piala dan sertifikat juara?

Berikut ini perawatan harian Pleci Marley:

  • Pleci Marley dikeluarkan dari rumah dan diangin-anginkan di teras setiap pagi.
  • Pleci Marley diberi pakan utama berupa voer merek SKM atau Malau.
  • Pleci Marley diberi pakan tambahan atau extra fooding (EF) berupa jeruk dan buah naga. Pemberian buahnya secara bergantian atau selang-seling setiap hari.
  • Pleci Marley diberi tiga jenis minuman di dalam sangkar, di antaranya air minum biasa, minuman isotonik Mizone, dan air minum yang sudah dicampur vitamin.
  • Pleci Marley dimandikan dua kali sehari dengan cara disemprot, yaitu pada pukul 08.00 dan 19.00.
  • Setelah mandi pagi, Pleci Marley langsung dikerodong full dan dijemur selama 15 menit.
  • Siang hari, Pleci Marley ditempatkan di teras rumah dalam kondisi full kerodong.
  • Malam hari, Pleci Marley disimpan di dalam rumah dalam kondisi full kerodong.
  • Malam hari, Pleci Marley dimaster dengan suara burung MP3 yang isinya masteran suara Kenari, Prenjak, Glatik, dan Lovebird. Proses pemasteran dengan MP3 cukup satu jam saja, kalau pemasteran menggunakan burung lain bisa lebih lama.

Baca juga: 10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Burung Pleci serta 3 Racikan Makanan Agar Cepat Gacor

Beli Pleci Marley Rp 100.000, sekarang ditawar Rp 1.500.000

Burung Pleci Marley dulunya didapat dengan harga Rp 100.000, tapi sekarang sudah ada yang menawar sebesar Rp 1,5 juta.

Om Boteng sadar, harga Pleci Marley belum fantastis. Pasalnya, Pleci Marley masih menjuarai di kelas latber dan latpres lokal saja.

“Penawarannya masih segitu, karena prestasi Pleci Marley juga baru sebatas latber dan latpres lokalan saja,” tutur Om Boteng merendah.

Baca juga: 5 Cara Menetralisir Efek Doping Pleci untuk Mengembalikan Performanya

Demikian keunikan perawatan Pleci Marley hingga menjadi langganan juara di wilayah Bogor. Satu hal yang perlu Anda ingat, setiap jenis Pleci memiliki kharakter yang berbeda-beda. Jadi, tidak semua Pleci dapat diberikan perlakuan yang sama. Semoga bermanfaat.

Komentar