Press "Enter" to skip to content

Punya 157 Piagam dan 102 Trofi, Lovebird Ini Ditawar Rp 40 Juta

0

Burungnya.com – Tak disangka, ternyata jumlah piagam dan trofi berpengaruh pada harga Lovebird. Buktinya, Lovebird milik Om Abdul Hanif ditawar Rp 40 juta berkat jumlah piagam yang mencapai 157 dan trofi sebanyak 102.

Prestasi ini bisa dibilang cukup membanggakan karena belum tentu semua kicau mania mampu meraih piagam dan trofi sebanyak itu. Nah, Lovebird yang berjasa dan mengharumkan nama Om Abdul Hanif adalah Orbit.

Lovebird Orbit menjadi salah satu burung peliharaan yang paling disayangi Om Abdul Hanif. Sebab, dia sering memenangkan kontes kecantikan warna Lovebird dan kontes kicauan suara Lovebird.

Baca juga: 10 Jenis Lovebird yang Paling Bagus dan Trend Warna Lovebird

25 Pasang Lovebird

Om Abdul Hanif juga mengembangbiakkan beberapa Lovebird, totalnya 25 pasang Lovebird. Semua jenis Lovebird yang dia pelihara ditempatkan dalam kandang berukuran panjang 540 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 105 cm.

Kandang tersebut dibagi dalam beberapa bagian dengan sekat-sekat pemisah. Setiap bagian terdapat sepasang Lovebird, ukurannya 60 x 40 x 35 cm.

Pria yang berprofesi sebagai guru matematika di SMK Muhammadiyah Kudus ini memang hobi beternak Lovebird. Dia suka mengawinkan satu spesies Lovebird dengan spesies lainnya. Tujuannya, agar hasil kawin silang tadi menghasilkan mutasi Lovebird baru yang bagus.

Baca juga: Cara Mengetahui Hasil Mutasi Lovebird Menggunakan Software Genetic Calculator

Ini termasuk kepuasan tersendiri ketika berhasil mencetak Lovebird dengan warna baru dan unik. Namun, menghasilkan Lovebird warna baru tidak semudah yang dibayangkan.

Hal ini tergantung dari gen dominan atau resesif dari burung yang dikawinkan. Kalau pas dapat gen yang bagus tentunya hasil anakannya nanti juga akan ikut bagus.

Untuk saat ini, jenis Lovebird yang dia dambakan adalah Lovebird Biola. Pasalnya, Lovebird Biola sedang ngetren di kalangan pecinta Lovebird. Ciri Lovebird Biola memiliki bulu berwarna hijau halus dan kuning halus. Menariknya lagi, kepala Lovebird Biola sangat khas karena terlihat seperti kepala Elang atau biasa disebut sable.

Baca juga: 25 Jenis Lovebird Tercantik Lengkap dengan Gambarnya

Selain itu, harga Lovebird Biola sangat mahal. Ini dikarenakan peminatnya cukup banyak dan jumlah spesisnya sedikit. Jadi, harga Lovebird Biola pastinya lebih mahal bila dibandikan dengan jenis Lovebird lainnya.

Cara merawat 25 pasang Lovebird

Bicara tentang Lovebird Biola tentu tidak akan pernah ada habisnya karena Lovebird tersebut memang sangat istimewa. Kalau perawatan Lovebird yang jumlahnya 25 pasang tadi gimana?

Untuk perawatan 25 pasang Lovebird, menurut Om Abdul Hanif tidak terlalu sulit. Dia hanya memberi makan milet putih atau merah, haver (avena sativa), serta berbagai macam biji-bijian lainnya.

Kalau ditotal, seluruh perawatan 25 pasang Lovebird hanya menghabiskan dana Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu per bulan.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

Juara lomba kicau dan warna

Dari 25 pasang Lovebird ini Om Abdul Hanif menurunkan enam jenis di antaranya untuk diikutkan lomba di tingkat kabupaten maupun nasional.

Untuk tingkat nasional seperti Koppastcup dan Presidentcup, Lovebird yang diturunkan Om Abdul Hanif biasanya mendapat juara 6 hingga 10. Sementara, tingkat latpres atau latihan prestasi, Lovebird andalan Om Abdul Hanif selalu meraih juara 1 hingga 3, seperti yang disadur dari Jawapos.com (19/7/2017).

Namun, tidak semua Lovebird diikutkan lomba kicau, sebagian juga ia ikutkan kontes kecantikan. Dari kontes kecantikan tadi, Om Abdul Hanif juga mengumpulkan beberapa piagam dan trofi.

Meski demikian, yang paling banyak mengumpulkan piagam dan trofi adalah Lovebird Orbit. Sampai saat ini, Lovebird Orbit sudah berhasil membawa pulang 157 piagam dan 102 trofi.

Melihat prestasi Lovebird Orbit, sepertinya pantas kalau Lovebird ini ditawar Rp 40 juta. Malah, seharusnya harga Lovebird Orbit bisa lebih tinggi dari itu. Sebab, ke depannya Lovebird Orbit masih bisa lebih berkembang hingga berada di tingkatan Lovebird fenomenal seperti Lovebird Kusumo yang konon katanya sudah pernah ditawar Rp 2,2 miliar.

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

Luar biasa bukan? Jika mereka bisa mencetak Lovebird dengan harga puluhan juta, ratusan juta, dan bahkan miliaran, seharusnya Anda juga bisa melakukannya.

Demikian kisah inspiratif dari Om Abdul Hanif yang berhasil mengumpulkan 157 piagam dan 102 trofi dari Lovebird Orbit. Jika Anda ingin belajar merawat Lovebird darinya, silakan berkunjung ke rumahnya di Dukuh Prereng, RT 9/ RW 4, Desa Prambanan Lor, Kaliwungu, Kudus.

Comment and sharing