Sangkar (Alfatamusic.wordpress.com)

Tips Hemat Mengilapkan Sangkar yang Kusam Menggunakan Bahan Seadanya

Burungnya.com – Rumah yang bersih dapat membuat penghuninya merasa nyaman. Begitu juga dengan sangkar burung. Sangkar harus dibersihkan agar burung peliharaan Anda rajin berkicau dan tidak terkena berbagai bibit penyakit. Sayangnya, walau sangkar burung sering dibersihkan, lambat laun lapisan cat atau pelituran pada sangkar tersebut akan terlihat kusam.

Kalau sudah demikian, biasanya kicaumania akan melakukan pengecatan ulang atau melapisi sangkar menggunakan pelitur. Hal ini pastinya membuat pecinta burung harus merogoh kocek lagi hanya untuk memoles sangkar burung agar terlihat kinclong. Padahal, Anda bisa berhemat dengan memakai bahan seadanya untuk mengilapkan sangkar burung.

Kira-kira bahan apa saja yang dapat digunakan untuk mengilapkan sangkar burung? Bahan-bahan ini bisa ditemukan di dapur dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya. Penasaran kan bahan apa saja yang kami maksud? Berikut ulasan selengkapnya yang dikutip dari Omkicau:

Bahan-bahan untuk mengilapkan sangkar burung yang kusam

1. Air teh

Tahukah Anda, ternyata air teh dapat dimanfaatkan untuk mengilapkan lapisan cat atau pelitur sangkar yang telah kusam. Jadi, jika Anda ingin membuat sangkar terlihat lebih kinclong, maka jangan membuang sisa minuman teh Anda. Lebih baik, sisa air teh tadi dimanfaatkan untuk mengilapkan sangkar burung.

Caranya bagaimana? Anda cukup mencelupkan kain atau lap bersih pada air teh kental, kemudian oleskan pada seluruh permukaan sangkar yang terlihat kusam. Lalu perhatikan, dalam beberapa saat, sangkar burung Anda akan terlihat kinclong kembali.

2. Minyak sayur dan jeruk nipis

Anda tak perlu membeli minyak sayur dan jeruk nipis karena biasanya istri atau orang tua Anda sudah menyediakannya di rumah. Nah, manfaatkan bahan-bahan tadi untuk mengilapkan sangkar burung.

Caranya, siapkan setengah gelas air bersih, kemudian campurkan dua sendok makan minyak sayur dan perasan jeruk nipis ke dalam air tersebut. Setelah itu, oleskan (sambil digosok) campuran tadi ke permukaan sangkar menggunakan kain bersih. Jika sangkar belum mengilap, Anda dapat mengulanginya hingga dua sampai tiga kali.

3. Minyak sayur dan minyak kayu putih

Sebelumnya, Anda telah diajarkan cara membersihkan sangkar menggunakan minyak sayur dicampur dengan jeruk nipis. Sekarang, Anda dapat memanfaatkan minyak sayur dan minyak kayu putih untuk mengilapkan kandang burung. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, Anda tinggal mencampurkan minyak sayur dan minyak kayu putih ke dalam mangkuk dengan perbandingan 4 : 2, kemudian dioleskan ke permukaan sangkar.

Tiga bahan-bahan di atas terkadang tidak mampu mengilapkan sangkar burung, terutama sangkar yang telah jamuran atau terdapat bercak putih akibat cipratan air hujan (air asam). Jika sangkar burung Anda mengalami hal yang sama, Anda dapat membersihkannya menggunakan biji kemiri.

Cara mengilapkan sangkar yang sudah jamuran dan terkena bercak-bercak putih

Cara pertama

Siapkan biji kemiri, lalu dibakar sampai keluar minyaknya. Setelah itu, hasil bakaran kemiri dibungkus menggunakan kain yang dapat menyerap air seperti kain kassa atau kaos. Kemudian, gosokkan pada permukaan sangkar secara merata.

Cara kedua

Biji kemiri ditumbuk hingga halus, kemudian dibungkus menggunakan kain kassa atau kaos. Lalu hasil tumbukkan biji kemiri digosokkan pada permukaan sangkar burung.

Itu tadi cara mengilapkan sangkar burung yang telah kusam. Semoga bermanfaat dan membuat Anda semakin percaya diri saat menggantang burung di depan rumah.

Komentar