Press "Enter" to skip to content

Unik, Begini Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Kenari Pakai Sabun Cuci Piring

Burungnya.com – Tahukah Anda, ternyata sabun cuci piring tidak hanya untuk membersihkan kotoran pada piring atau peralatan dapur lainnya. Di tangan Dody Gondrong, sabun cuci piring seperti Sunlight digunakan untuk menghilangkan kutu pada burung Kenari.

Pria gondrong yang berprofesi sebagai pedagang burung di pasar ini sering mendapatkan burung Kenari dengan kondisi yang memprihatinkan dan kurang terawat. Alhasil, dia harus merawat burung-burung tersebut sebelum dijual ke konsumen kalangan kicau mania.

“Kadang entuk manuk le wulune reget, ono tlotol-tlotol ireng, tumonen, disawang nyepetke moto. Asal regone masuk, yo tetep tak tuku,” ujarnya seperti yang dikutip dari Burungnews.com (27/6/2017). (Kadang dapat burung yang bulunya kotor, ada tlotol-tlotol hitam, kutuan, dilihat kurang sedap dipandang mata. Asal harga burung sesuai, ya tetap saya beli)

Baca juga: 12 Jenis Burung yang Suka Hujan-Hujanan dan 7 Prosedur Mandi Air Hujan yang Benar

Terapi mandi sabun cuci piring

Nah, dari seringnya mendapat burung Kenari yang kutuan, akhirnya Dody Gondrong menemukan cara cepat dan hemat untuk mengatasi masalah bulu kusam dan penuh kutu pada burung Kenari. Cara yang terbilang unik ini yaitu menggunakan terapi mandi sabun cuci piring Sunlight.

Menurutnya, penggunaan sabun mandi khusus burung terlalu mahal dan sulit didapat. Daripada burung mati karena terlalu lama kutuan, Dody Gondrong memutuskan untuk memilih cara cepat yakni memandikan burung Kenari dengan sabun cuci piring Sunlight.

“Men wulune kinclong ro tumone mati, biasane tak adusi nganggo sunlight manuke. Kesuwen nak nganggo sampo le larang tur angel golekane kae, selak mati manuke,” lanjutnya sambil tersenyum. (Agar bulu kinclong dan kutunya mati, biasanya saya memandikan burung memakai Sunlight. Terlalu lama kalau pakai sampo yang mahal dan susah mencarinya, takutnya burung malah mati duluan)

Baca juga: 6 Cara Membuat Ramuan Alami Untuk Memandikan Burung Kicau

Dody Gondrong juga mengatakan bahwa selama mempraktikkan terapi mandi sabun cuci piring, belum ada satu pun burung Kenari yang mati. Ia malah mengklaim metode mandi sabun cuci piring dapat menurunkan birahi burung Kenari yang sedang over birahi (OB).

Dody Gondrong (facebook.com)
Dody Gondrong (facebook.com)

Cara memandikan burung Kenari menggunakan sabun cuci piring

Sebelum melakukan terapi mandi pakai sabun cuci piring Sunlight, Anda harus memastikan kondisi burung Kenari sedang sehat atau fit, tidak dalam kondisi lemas atau nyekukruk.

Kalau sudah dipastikan kesehatannya, Anda bisa memulai menjalankan pembersihan kutu di bulu Kenari menggunakan Sunlight.

  1. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mencampurkan setengah botol air dengan lima tetes Sunlight, lalu kocok sampai merata.
  2. Semprot satu per satu bulu sayap dan ekor burung Kenari, mulai dari pangkal sampai ujung bulu. Penyemprotan dilakukan hingga bintik-bintik hitam (kutu dan telurnya) menghilang.
  3. Satu hal yang perlu Anda perhatikan, dalam menyemprot bulu Kenari, Anda harus menghindari bagian kepala. Semprot saja pada bagian leher sampai ekor burung Kenari.
  4. Selain itu, Anda tidak perlu membilas sabun cuci piring di tubuh Kenari. Anda bisa langsung menjemur burung Kenari di tengah terik sinar matahari atau diangin-anginkan sampai bulunya kering dengan sendirinya.
  5. Apabila bulu burung Kenari sudah kering, Anda cukup menyediakan cepuk air untuk mandi. Lalu, biarkan burung Kenari mandi sendiri di dalam cepuk. Selesai mandi, burung Kenari diangin-anginkan sebentar. Setelah itu, bulu Kenari akan menjadi kinclong dan siap dibawa ke lapangan.

Waspada penyebaran kutu ke burung

Setelah ini Anda harus waspada terhadap penyebaran kutu pada burung. Pasalnya, kutu bisa menyebar melalui berbagai barang dan peralatan yang dimiliki burung.

Berikut ini media penyebaran kutu ke burung peliharaan:

  • Keramba mandi yang dipakai bergantian dengan burung lain. Kalau mandi pakailah keramba sendiri. Jangan memakai keramba mandi burung lain secara bergantian.
  • Air bekas mandi burung lain. Biasanya air ini meninggalkan telur atau kutu yang bisa menular ke burung Anda.
  • Kerodong yang dipakai burung lain juga dapat menjadi media penyebaran kutu. Oleh karena itu, jangan terbiasa meminjam kerondong burung lain.
  • Voer dari pakan burung lain juga berpotensi sebagai media penyebaran kutu. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak meminta voer burung lain. Hal ini karena wadah pakan voer burung lain yang jarang dibersihkan sering dijadikan tempat tinggal kutu dan tempat bertelur kutu.
  • Sangkar burung lain yang jarang dibersihkan harus diwaspadai. Sangkar seperti ini biasanya menjadi sarang penyakit dan kutu. Jadi, jangan menggunakan sangkar atau kandang yang kotor. Lebih baik, bersihkan sangkar tersebut dengan sabun antiseptik atau obat anti kutu terlebih dahulu.

Cara menghindari kutu pada burung

  • Anda harus rutin membersihkan sangkar atau kandang.
  • Sebaiknya menggunakan keramba mandi sendiri.
  • Burung dijemur secara berkala setiap pagi. Penjemuran bisa meminimalisir perkembangbiakan jamur dan kutu di luar tubuh burung.
  • Burung dihindarkan dari kondisi lembab. Lingkungan burung atau sangkar burung harus kering. Jadi, setelah membersihkan kandang, kalau bisa burung tidak langsung dimasukkan dalam kandang. Tunggu sampai kandang kering di bawah sinar matahari atau keringkan menggunakan hairdryer.
  • Anda harus melakukan penyemprotan obat kutu atau antiseptik secara rutin pada benda-benda yang berhubungan dengan burung.

Nah, itu tadi cara mengatasi dan menghilangkan kutu di bulu burung Kenari menggunakan sabun cuci piring Sunlight. Semoga bermanfaat.

Pencarian terkait:

  • obat kutu kenari terbaik
  • cara menghilangkan kutu pada burung kenari
  • cara menghilangkan kutu pada kenari
  • obat kutu burung
  • mengatasi kenari kutuan
  • kutu pada burung kenari
  • cara menghilangkan kutu kenari
  • mengatasi kutu pada kenari
  • cara alami menghilangkan kutu pada kenari
  • telur kutu pd kenari

Be First to Comment

Comment here