10 Cara Membedakan Perkutut Putih Asli dan Palsu dari Ciri Fisik

Burungnya.com – Ternyata burung Perkutut Putih ada yang asli dan ada pula yang palsu. Biasanya Perkutut Putih palsu merupakan hasil semiran. Warnanya tidak putih, tetapi demi mendapatkan untung, sejumlah oknum menyemir bulu Perkutut menjadi putih. Namun, jangan khawatir, karena Perkutut Putih asli dan palsu dapat diketahui dari ciri fisiknya.

Sama seperti barang asli dan palsu, walau sekilas terlihat sama, tetapi di bagian tertentu pasti akan kelihatan perbedaannya mana yang asli dan mana yang palsu. Untuk burung Perkutut Putih asli atau Perkutut Albino bisa diketahui dari warna bulunya, bagian mata, dan kaki. Dengan berpedoman pada bagian tubuh tersebut, Anda pasti bisa membedakan Perkutut Putih asli dan Perkutut Putih palsu.

Baca juga: 16 Tips Memilih Perkutut Lomba yang Bagus dari Fisik dan Suara

Ciri Fisik Perkutut Putih Asli

Ciri Fisik Perkutut Putih Asli (deskgram.com)
Ciri Fisik Perkutut Putih Asli (deskgram.com)
  1. Burung Perkutut Putih yang asli tetap mempunyai sedikit corak lurik atau loreng tipis di bagian dada dan sebagian sayapnya.
  2. Paruh Perkutut Putih asli berwarna merah keputihan atau hampir terlihat seperti warna pink.
  3. Mayoritas Perkutut Putih asli mempunyai mata berwarna merah. Namun, ada juga Perkutut Putih yang matanya hitam.
  4. Mata merah pada Perkutut Putih akan terlihat tembus cahaya saat disinari dari mata bagian kiri atau kanan.
  5. Warna kaki Perkutut Putih asli berlurik merah keputihan.

Ciri Fisik Perkutut Putih Palsu atau Hasil Semiran

Perkutut Putih Palsu Hasil Semiran (sangkarasa.blogspot.co.id)
Perkutut Putih Palsu Hasil Semiran (sangkarasa.blogspot.co.id)
  1. Perkutut Putih palsu mempunyai tubuh berwarna putih polos. Seluruh tubuhnya berwarna putih tanpa lurik atau loreng karena sudah disemir merata menggunakan cat warna putih.
  2. Kulit Perkutut Putih palsu berwarna kebiruan. Hal ini disebabkan karena kulit Perkutut mengalami iritasi akibat bahan kimia yang terdapat pada cat.
  3. Warna paruh Perkutut Putih semiran cenderung gelap atau hitam. Sulit membuat paruh Perkutut menjadi putih kemerahan karena pada dasarnya warna paruhnya sudah hitam.
  4. Mata Perkutut Putih palsu berwarna kehitaman dan tidak tembus cahaya. Jika mata kiri disinari cahaya, maka cahayanya tidak bisa tembus ke mata kanan.
  5. Kaki Perkutut Putih palsu berwarna gelap atau hitam.

Kelebihan Perkutut Putih Asli

Keunikan Perkutut Putih Asli Matanya Bisa Tembus Cahaya (youtube.com)
Keunikan Perkutut Putih Asli Matanya Bisa Tembus Cahaya (youtube.com)

Sebenarnya tidak hanya warna putih yang membuat Perkutut Putih menarik. Namun, konon katanya Perkutut Putih dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Ini hanya kepercayaan atau mitos Perkutut Putih yang belum diketahui kebenarannya.

Loading...

Meski begitu, sejumlah pihak memang benar-benar percaya bahwa Perkutut Putih membawa keberuntungan. Terbukti, setiap mau mendekati pilkada atau pemilihan calon pemimpin, burung Perkutut Putih selalu laris manis. Mungkin Perkutut Putih dipercaya mampu menaikkan pamor dan jabatan serta mendapatkan suatu kedudukan tertinggi.

Walau begitu, sebagai orang yang mempunyai agama, Anda tidak perlu mempercayai mitos Perkutut Putih. Jika Anda menginginkan jabatan, maka Anda harus bekerja keras sebaik mungkin. Terlebih jika Anda mau menang di pilkada, maka Anda harus berusaha menjadi pemimpin yang baik dan bertanggungjawab.

Baca juga: Kelebihan Perkutut Bangkok serta Beda Perkutut Jantan dan Betina

Kekurangan Perkutut Putih Asli

Perkutut Putih Asli Mata Merah dan Termbus Cahaya (bukalapak.com)
Perkutut Putih Asli Mata Merah dan Termbus Cahaya (bukalapak.com)

Burung Perkutut Putih yang asli tidak mempunyai suara anggungan yang bagus. Sebab, suara Perkutut Putih justru terdengar kecil dan cempreng. Maka dari itu, Perkutut Putih jarang terlihat di perlombaan.

Kendati demikian, peminat Perkutut Putih tetap banyak terutama bagi yang percaya bahwa Perkutut Putih dapat mendatangkan keberuntungan.

Demikian beberapa cara membedakan Perkutut Putih asli dan palsu dari ciri-ciri fisiknya. Perkutut Putih atau Perkutut Albino memang terbilang langka karena sebagian besar warna Perkutut cenderung gelap atau abu-abu loreng.

Oleh karena itu, ada salah seorang Kung Mania bernama Yasir Syam yang mencari peluang dengan cara budidaya Perkutut Putih. Penangkaran Perkutut Putih yang terletak di Desa Wirun, Purworejo, Jawa Tengah ini sampai diliput Berita Satu TV. Semoga apa yang dilakukan peternak Perkutut Putih ini bisa menginspirasi banyak kalangan dan dapat melestarikan Perkutut Putih di Indonesia.

Baca juga: 10 Cara Menjinakkan Perkutut dengan Air Hangat

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • ciri perkutut putih jantan
  • burung perkutut putih
  • perkutut putih asli
  • keistimewaan perkutut putih
  • kutut putih
  • gambar burung perkutut putih
  • Perkutut pu
  • gambar perkutut putih
  • perkutut p
  • https://burungnya com/10-cara-membedakan-perkutut-putih-asli-dan-palsu-dari-ciri-fisik/

Berikan komentar