10 Fakta Menarik Tentang Burung Kenari yang Jarang Diketahui

Burungnya.com – Kenari menjadi salah satu jenis burung paling Populer di Indonesia. Pasalnya, suara burung Kenari sangat indah dan bisa menirukan suara burung lainnya, seperti Lovebird, Ciblek, Kacer, Prenjak, Cililin, Glatik, hingga Blackthroat. Selain suara kicauan yang merdu, ada fakta menarik tentang burung Kenari yang jarang diketahui.

Ya, selama ini Kenari Mania hanya fokus pada perawatan burung Kenari di rumah dan lomba. Sebagian dari mereka mungkin tidak mengetahui dan mengenal burung Kenari dengan baik. Kicau mania yang mempunyai peliharaan burung Kenari seharusnya harus mengetahui fakta menarik tentang Kenari.

Oleh karena itu, kami mencarikan referensi dari mypetarticles.com untuk mendapatkan informasi tentang fakta menarik burung Kenari. Fakta-fakta tersebut kemungkinan besar tidak diketahui banyak orang. Jadi apakah Anda ingin menjadi salah satu orang yang tidak tahu tentang fakta menarik burung Kenari? Jika tidak, Anda dapat menyimak penjelasan tentang fakta menarik burung Kenari berikut.

Baca juga: 12 Fakta Menarik tentang Burung Kenari Lizard Bersisik Kadal yang Jarang Diketahui

Loading...

Fakta Menarik Burung Kenari

1. Semua Kenari berasal dari satu spesies di Canary Island

Semua jenis burung Kenari di seluruh dunia awalnya berasal dari satu spesies yaitu Serinus Canaria dari Canary Island atau Pulau Kenari.

2. Ternak Kenari menghasilkan 3 jenis Kenari

Para penangkar burung melakukan ternak Kenari untuk menghasilkan tiga jenis burung Kenari, di antaranya burung Kenari warna, burung Kenari lagu atau kicauan, dan burung Kenari dengan fisik yang diinginkan.

3. Penangkar Kenari lebih suka ternak Kenari lagu

Hampir semua jenis Kenari mampu berkicau gacor dan keras. Namun, ada Kenari yang mempunyai kemampuan lebih banyak berkicau ketimbang Kenari yang lain. Nah, jenis Kenari seperti ini yang sering dijadikan indukan untuk ternak Kenari lagu.

4. Burung Kenari tidak perlu perawatan khusus

Burung Kenari sangat mudah dipelihara. Sebab, burung ini tidak perlu perawatan ekstra atau khusus. Anda cuku memelihara Kenari lebih dari satu ekor, maka burung Kenari yang lain dapat hidup mandiri dengan cara sosialisasi ke sesama burung Kenari.

5. Variasi warna merah pada Kenari

Sebenarnya warna merah pada burung Kenari sangat beraneka ragam. Ada yang warnanya orange menyala, ada juga yang warnanya merah batu bata. Warna seperti ini diperlukan untuk menjaga spesies burung Kenari agar tetap hidup.

6. Ternak untuk Kenari lagu atau suara

Ada banyak jenis Kenari yang spesial diternak untuk kualitas suara. Burung Kenari tersebut, seperti Kenari Roller, Kenari Waterslager, dan Kenari Timbrado Spanish.

7. Negara Jerman penghasil Kenari lagu terbaik

Negara Jerman dikenal sebagai penghasil Kenari lagu terbaik. Sementara negara-negara lainnya memilih ternak Kenari untuk warna atau jenis khusus, serta untuk mendapatkan sifat-sifat indah seekor burung Kenari.

8. Sulit menemukan Kenari betina di luar Spanyol

Pada awal abad ke-16, semua orang tidak mungkin menemukan burung Kenari betina di luar Spanyol. Sebab, hanya Kenari jantan yang dijual dan diekspor ke luar Spanyol. Maka tak heran, negara Spanyol mempunyai sistem kontrol ketat terkait perdagangan burung Kenari jantan atau betina.

9. Burung Kenari diperkenalkan ke Benua Eropa

Burung Kenari diperkenalkan ke Benua Eropa pada awal tahun 1478. Saat itu, burung Kenari menjadi populer sebagai hewan peliharaan di rumah karena ukurannya kecil, suara kicau yang indah, dan mudah dijinakkan.

10. Kemunculan kandang Kenari

Kandang Kenari sudah lama didesain dan dirancang sejak burung Kenari muncul pertama kali. Bahkan, ada anggota kerajaan yang memiliki sangkar Kenari unik dari logam mulia dan batu permata untuk dipajang di dalam istana.

Demikian beberapa fakta menarik tentang burung Kenari yang jarang diketahui. Apabila Anda selama ini hanya memeras tenaga Kenari untuk lomba, coba sekarang pahamilah apa saja fakta menari tentang burung Kenari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • banyak orang tidak tahu daun penggacor kenari

Berikan komentar