10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari

Burungnya.com – Lovebird dan Kenari termasuk burung pemakan biji-bijian. Namun, terkadang burung Lovebird dan Kenari juga memakan sayuran dari tanaman hijau atau tanaman herbal. Tanaman hijau dari daun-daunan terbukti baik untuk kesehatan Lovebird dan Kenari.

Meski begitu, tidak semua jenis tanaman hijau bagus untuk Lovebird dan Kenari. Setidaknya, ada beberapa jenis tanaman herbal di sekitar rumah atau pekarangan yang dapat menyehatkan burung.

Sebagian tanaman-tanaman herbal yang berwarna hijau memang dianggap cukup aman untuk menjaga kesehatan burung terhindar dari penyakit. Bahkan, sebagian besar tanaman dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit Lovebird dan Kenari.

Tanaman Hijau untuk Lovebird dan Kenari (youtube.com)
Tanaman Hijau untuk Lovebird dan Kenari (youtube.com)

Baca juga: 5 Manfaat Kencur Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Burung Kicau

Kira-kira tanaman hijau apa saja yang baik untuk Lovebird dan Kenari? Kami akan menyebutkan beberapa tanaman herbal lengkap dengan gambarnya agar Anda tidak salah memberikan tanaman tersebut ke Lovebird dan Kenari.

Jenis Tanaman Hijau untuk Lovebird dan Kenari

1. Tanaman Daun Krokot

Manfaat daun krokot (youtube.com)
Daun krokot (youtube.com)

Manfaat daun krokot untuk Lovebird dan Kenari ternyata sangat luar biasa. Dari pengalaman para kicau mania, daun krokot dapat mendongkrak durasi kerja burung di lapangan. Selain itu, daun krokot dapat menjadikan suara Lovebird dan Kenari tambah keras dan bening. Bahkan, kerja burung di lapangan menjadi lebih ngedur dan tahan lama.

Cara memberikan daun krokot ke Lovebird dan Kenari bisa secara langsung yakni digantung di sela-sela jeruji sangkar. Anda juga bisa memberikan krokot dalam bentuk tepung tapi Anda harus menggiling krokot dulu. Sebelumnya, krokot dikeringkan di bawah terik sinar matahari, kemudian digiling menggunakan mesin giling.

2. Tanaman Daun Peterseli atau Parsley

Manfaat daun peterseli atau parsley untuk Lovebird dan Kenari (almanac.com)
Manfaat daun peterseli atau parsley untuk Lovebird dan Kenari (almanac.com)

Pernah mendengar daun peterseli atau parsley? Daun ini sekilas seperti daun seledri tapi bentuknya sedikit berbeda. Di luar negeri daun peterseli sering dijadikan pakan Lovebird, Kenari, hingga Parkit. Burung-burung tersebut sangat menyukainya tapi jangan diberikan terlalu banyak.

Pemberian daun peterseli secukupnya saja. Terlebih banyak kalangan yang menganggap daun peterseli mengandung zat beracun. Sehingga daun ini dianggap tidak baik untuk burung. Meski begitu, racun di dalam daun peterseli sangat sedikit atau dosisnya sangat kecil, sehingga kalau diberikan sedikit tidak masalah.

Manfaat daun peterseli untuk Lovebird dan Kenari antara lain untuk menambah stamina dan produktivitas burung yang proses kawin. Tak heran, daun peterseli banyak digunakan oleh para peternak Lovebird dan Kenari.

Tak hanya untuk pakan, daun peterseli juga dapat digunakan untuk menyembuhkan kaki burung yang terluka atau bengkak. Caranya, daun peterseli ditumbuk atau dilumatkan kemudian ditempelkan pada bagian kaki yang sakit atau bengkak.

3. Tanaman Daun Binahong

Manfaat daun binahong untuk Lovebird dan Kenari (manfaatbaik.com)
Manfaat daun binahong untuk Lovebird dan Kenari (manfaatbaik.com)

Daun binahong termasuk tanaman herbal dan tanaman toga atau tanaman obat keluarga. Namun, ternyata daun binahong bisa dijadikan pendongkrak suara Kenari. Burung Kenari Dewasa yang masih ngriwik bisa diberi daun binahong agar cepat buka paruh dan gacor.

Cara pemberian daun binahong ke burung Kenari bisa dengan cara direbus atau diambil airnya saja. Nah, air rebusan daun binahong bisa dijadikan pengganti air minum selama masa terapi suara Kenari. Jika tak mau ribet, Anda bisa memberikan daun binahong secara langsung dengan cara digantung di jeruji sangkar.

4. Tanaman Daun Dewa

Daun dewa (ramua-herbal-sehat.blogspot.com)
Daun dewa (ramua-herbal-sehat.blogspot.com)

Daun dewa dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk stroke, rematik, diabetes, sakit jatung, hipertensi, kanker, dan lain-lain. Kalau untuk burung ternyata daun dewa juga berkhasiat, tapi manfaatnya berbeda dengan manusia.

Manfaat daun dewa untuk burung Lovebird dan Kenari antara lain:

  • Memaksimalkan volume suara Lovebird dan Kenari.
  • Meningkatkan stamina burung.
  • Membuat burung lebih aktif berkicau.
  • Obat anti peradangan pada burung.
  • Obat anti stres pada burung.
  • Membuat bulu burung terlihat lebih mengilap, bersih, dan halus.
  • Menyembuhkan burung yang sedang kurus atau berdada nyilet.
  • Menambah berat badan burung agar terlihat lebih berisi.

5. Tanaman Daun Dandelion atau Randa Tapak

Manfaat daun dandelion atau randa tapak untuk Lovebird dan Kenari (suhamdikelinci.wordpress.com)
Manfaat daun dandelion atau randa tapak untuk Lovebird dan Kenari (suhamdikelinci.wordpress.com)

Daun dandelion atau randa tapak sekilas mirip dengan daun dewa, tapi lebih kecil dan tidak lebar. Selain itu, ciri khas daun dandelion adalah terdapat bunga yang hampir sama dengan bunga matahari.

Loading...

Di mancanegara, daun dandelion sering dijadikan pakan tambahan atau extra fooding (EF) Lovebird dan Kenari. Konon katanya, daun ini dipercaya dapat membuat burung rajin bunyi dan lebih aktif.

6. Tanaman Daun Gingseng Jawa atau Kolesom Jawa

Manfaat daun gingseng jawa untuk Lovebird dan Kenari (tanaman--herbal.blogspot.com)
Manfaat daun gingseng jawa untuk Lovebird dan Kenari (tanaman–herbal.blogspot.com)

Daun gingseng jawa manfaatnya hampir sama dengan manfaat jahe untuk Lovebird yaitu menjaga stamina agar tetap fit sehingga membuat burung rajin bunyi.

Sampai saat ini penelitian manfaat daun gingseng untuk Lovebird dan Kenari memang belum pernah ada, tapi daun ini diyakini kicau mania sebagai penambah daya tahan tubuh burung Lovebird dan Kenari.

7. Tanaman Daun Kemangi

Daun kemangi (volosgr.blogspot.com)
Daun kemangi (volosgr.blogspot.com)

Daun kemangi sering dijadikan lalapan makanan pecel lele atau ayam goreng. Selain untuk pendamping suatu masakan, ternyata daun kemangi juga dimanfaatkan kicau mania untuk mengatasi berbagai masalah berikut:

  • Mengatasi burung Over Birahi (OB).
  • Menyembuhkan burung yang masuk angin karena cuaca dingin atau hujan.
  • Mengatasi masalah peternakan berupa induk Lovebird dan Kenari yang kurang produktif.

Daun kemangi juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan kaki burung yang sakit atau terluka dengan cara melumat daun tersebut kemudian ditempelkan pada kaki yang luka. Berikut manfaat daun kemangi untuk menyembuhkan kaki burung:

  • Mengatasi kaki burung bengkak.
  • Mengatasi kaki burung bentol-bentol karena gigitan nyamuk atau serangga.
  • Mengatasi bumble foot.
  • Mengatasi penyakit bubulan pada burung.

8. Tanaman Daun Mengkudu

Daun mengkudu atau pace (panoramio.com)
Daun mengkudu atau pace (panoramio.com)

Banyak kicau mania memanfaatkan buah mengkudu untuk asupan gizi Lovebird dan Kenari. Ternyata tidak hanya buahnya saja, sebab daun mengkudu juga baik untuk Lovebird dan Kenari.

Manfaat daun mengkudu untuk Lovebird dan Kenari:

  • Menyembuhkan suara serak burung.
  • Menjaga stamina burung.
  • Membuat Lovebird dan Kenari lebih tenang serta nyaman.
  • Obat anti stres burung.
  • Mengatasi burung yang obesitas atau kegemukan.
  • Obat antialergi burung.

Cara memberikan daun mengkudu ke Lovebird dan Kenari cukup digantung di dalam sangkar. Namun, sebelumnya daun mengkudu harus dicuci hingga bersih.

9. Tanaman Kangkung

Manfaat Kangkung untuk Lovebird dan Kenari (daribuahdaun.blogspot.com)
Manfaat Kangkung untuk Lovebird dan Kenari (daribuahdaun.blogspot.com)

Kangkung ternyata juga termasuk tanaman hijau yang baik untuk Lovebird, khususnya dalam hal penangkaran Lovebird. Manfaat kangkung dapat meningkatkan birahi Lovebird di perlombaan atau saat akan diternak.

Walaupun untuk meningkatkan birahi Lovebird, tapi burung tersebut tidak akan sampai over birahi. Pasalnya, kangkung mempunyai sifat sejuk dan dingin. Biasanya kicau mania akan memberikan kangkung ke Lovebird sekitar 1 jam sebelum Lovebird digantang di lapangan.

Sebelum diberikan, kangkung harus dicuci bersih, lalu diangin-anginkan sebentar. Jangan lupa, kalau setelah 4 jam pemberian, kangkungnya belum habis, maka kangkung bisa diganti dengan kangkung yang masih segar.

Bagian kangkung yang bisa diberikan ke Lovebird yaitu daun dan batangnya. Kendati demikian, alangkah baiknya jika Lovebird hanya mengonsumsi bagian daun kangkung saja.

Manfaat kangkung untuk Lovebird antara lain:

  • Sebagai penenang Lovebird yang giras atau galak.
  • Meningkatkan birahi Lovebird.
  • Menetralisir racun pada tubuh Lovebird.
  • Menyejukkan tubuh bagian dalam meridian, usus, hingga lambung.
  • Membuat burung Lovebird terhindar dari sakit radang tenggorokan.
  • Memperlancar Lovebird buang kotoran.
  • Membantu burung menghentikan pendarahan.

10. Tanaman Rumput Teki

Lovebird New Samba sedang makan rumput (burungnews.com)
Lovebird New Samba sedang makan rumput (burungnews.com)

Rumput teki biasanya disukai oleh kelinci, kambing, sapi, dan lain-lain. Ternyata ada sebagian Lovebird yang menyukai rumput teki. Bahkan, rumput teki dapat membuat Lovebird ngekek panjang.

Salah satu Lovebird yang makan rumput teki adalah Lovebird New Samba. Lovebird ini jadi rajin ngekek panjang setelah diberi rumput teki. Bahkan, ngekeknya tidak bisa berhenti kalau belum diberi rumput teki.

Cara pemberian rumput teki bisa secara langsung yakni bagian tebok sangkar dilepas kemudian sangkar Lovebird diletakkan di atas rumput teki yang segar. Biarkan Lovebird memakan rumput teki dengan lahapnya.

Demikian beberapa tanaman hijau yang baik untuk Lovebird dan Kenari. Oh iya, sebaiknya tanaman-tanaman ini jangan diberikan ke burung secara bersamaan pada hari yang sama. Kalau bisa pemberian tanaman herbal diselang-seling agar Lovebird dan Kenari tidak bosan.

Anda juga bisa memberikan tanaman sayur ini sesuai kondisi Lovebird dan Kenari. Kalau burung tidak sakit, maka berikan tanaman yang berfungsi untuk menjaga stamina saja. Jangan asal diberikan kalau burung tidak mengalami suatu masalah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • daun daunan untuk lovebird
  • daun yang baik untuk kenari
  • tanaman penambah stamina burung
  • https://burungnya com/10-jenis-tanaman-hijau-yang-baik-untuk-lovebird-dan-kenari/
  • daun yg bagus untuk burung
  • yhsm-yahoologo
  • daun untuk stamina lovebird
  • daun daunan untuk lebet
  • daun untuk lo
  • daun untuk kenari

Berikan komentar