10 Penyebab Burung Hantu Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Burungnya.com – Burung Hantu tidak mau makan, kira-kira apa penyebabnya? Burung Hantu yang mogok makan atau nafsu makan menurun tentu disebabkan karena berbagai hal, di antaranya penyakit, gangguan dari hewan lain, stres, bosan dengan makanan, dan lain-lain.

Dalam hal ini, Anda juga harus melihat kondisi burung Hantu saat tidak mau makan, apakah dalam keadaan sehat atau kondisi kesehatannya menurun. Jika burung Hantu masih terlihat sehat dan bugar, kemungkinan penyebabnya karena burung Hantu bosan dengan makanan sehari-hari.

Berbeda kalau burung Hantu tidak mau makan dan kondisi tubuhnya terlihat kurang sehat, pasti ada penyakit yang sedang dia derita. Penyakit yang menyebabkan burung Hantu tidak mau makan juga beragam.

Baca juga: 10 Ciri dan Fakta Menarik tentang Burung Hantu Putih

Loading...
Burung Hantu Berburu Kelinci (framepool.com)
Burung Hantu Berburu Kelinci (framepool.com)

Berikut beberapa penyebab dan penyakit yang menjadikan burung Hantu tidak mau makan:

1. Penyakit Infeksi Pencernaan

Burung Hantu yang memakan hewan-hewan kecil, terkadang tanpa sengaja menelan tulangnya. Hal ini akan mengakibatkan infeksi pencernaan. Walau sebagian besar burung Hantu akan memuntahkannya kembali, tapi ada juga yang tidak sengaja menelannya.

Untuk menangani masalah pencernaan burung Hantu, Anda harus memberinya minum agar tenggorokan dan pencernaan lancar. Biasanya burung Hantu yang terkena gangguan pencernaan akan tampak murung, mata tertutup seperti mengantuk, dan tidak mau makan.

2. Penyakit Crop Stasis (Asam Tembolok)

Penyakit Crop Stasis membuat burung Hantu tidak mau makan sama sekali. Pasalnya, burung Hantu mengalami infeksi di seluruh saluran pencernaan akibat penumpukan makanan yang sulit dicerna. Oleh sebab itu, sebaiknya memberikan pakan burung Hantu berupa daging yang sudah dipisahkan dari tulangnya atau memberinya hewan yang berukuran agak kecil aman untuk percernaan burung Hantu.

3. Penyakit Aspergillosis (Asper)

Penyakit Aspergillosis disebabkan oleh jamur genus Aspergillus fumigatus dan Aspergillus flavus. Jamur ini biasanya ditemukan di tanah dan makanan seperti gandum serta buah-buahan yang membusuk.

Penyakit Aspergillosis akan menyebabkan burung Hantu lemas, imunitas menurun, dan tidak mau makan. Solusinya, Anda harus mengobatinya dulu, kemudian rajin membersihkan sangkar dan mengganti pakan minum setiap hari.

4. Penyakit Virus West Niller

Penyakit Virus West Niller disebabkan oleh gigitan nyamuk pada burung Hantu. Selain itu, nyamuk ini dapat menyebabkan burung Hantu lemas, mata tertutup, kehilangan keseimbangan, penurunan berat badan, dan penurunan nafsu makan.

Untuk masalah ini, Anda bisa membelikannya obat di kios burung dan menjaga kesehatan burung dengan memberikan makan-makanan yang bergizi.

5. Penyakit Tetelo atau Newcastle Disease

Penyakit Tetelo diketahui dari burung Hantu yang kejang-kejang karena virus. Untuk mengobati penyakit Tetelo burung Hantu, maka Anda bisa memberinya vaksin yang bisa dibeli di kios burung. Jangan lupa, selama pengobatan burung Hantu harus disendirikan agar virusnya tidak menular ke burung lain. Sebab, virus Tetelo menular melalui udara.

6. Penyakit Stres

Burung Hantu bisa stres lantaran gangguan hewan lain atau sering beraktivitas di siang hari. Kalau sudah stres, burung Hantu malas makan dan mogok makan. Cara mengatasinya, burung Hantu diberi jangkrik selama 4 hari berturut-turut atau tikus putih bersih.

Di samping itu, burung Hantu harus dibiarkan sendiri dalam kesunyian dan ruang remang-remang. Setelah itu, beri tikus putih agar naluri berburunya kembali pulih dan tidak stres lagi. Selama proses penyembuhan dari stres, lebih baik burung Hantu tidak dimasukkan sangkar atau kandang.

7. Proses Mabung, Ganti Bulu, atau Molting

Pada saat burung Hantu ganti bulu, biasanya kondisi tubuhnya akan melemah dan nafsu makan berkurang. Proses ganti bulu biasanya terjadi setiap 6 bulan sekali dengan durasi selama 10 hari. Oleh karena itu, pada waktu-waktu tersebut burung Hantu akan terlihat lebih diam, tidur, mata tertutup, malas makan, dan tidak mau bunyi.

Dalam proses mabung, tidak perlu diobati karena ini merupakan hal alami setiap burung. Jadi, biarkan burung Hantu beristirahat sampai bulunya benar-benar jatuh dan ganti seluruhnya.

8. Burung Hantu Bosan dengan Makanannya

Terkadang burung Hantu terlihat tidak mau makan. Mungkin burung Hantu sedang bosan dengan makanan yang diberikan sehari-hari. Cara mengatasinya, Anda bisa memberi makan burung Hantu dengan menu yang berbeda setiap harinya. Lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel 10 Perbedaan Cara Memberi Makan Burung Hantu Besar dan Kecil.

9. Burung Hantu Kehilangan Insting Berburu

Di alam liar, burung Hantu mencari makan sendiri dengan cara berburu. Jika burung Hantu hasil tangkapan liar dipelihara manusia, tentu setiap hari akan diberi makan tanpa harus berburu. Hal ini malah membuat insting berburunya menurun dan membuat burung Hantu tidak mau makan makanan yang diberikan pemiliknya.

Saran kami, burung Hantu tetap diberi makan tapi diberikan dalam kondisi hewan hidup. Sehingga burung Hantu masih bisa menangkap mangsa sendiri seperti kehidupan di alam.

10. Burung Hantu Tidak Bisa Mencerna Makanan

Burung Hantu tidak mau makan kemungkinan karena dia tidak bisa mencerna makanan. Pasalnya, anakan burung Hantu mempunyai paruh yang kecil, kalau diberi makanan berukuran besar, tentu dia akan kesulitan mencernanya.

Solusinya, burung Hantu diberi makan dengan cara dicincang atau dipotong kecil-kecil. Hal ini untuk memudahkan burung Hantu mencerna makanan. Anda juga bisa memberi makan burung Hantu dengan hewan yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya.

Burung Hantu makan anak ayam (birdeden.com)
Burung Hantu makan anak ayam (birdeden.com)

Demikian beberapa penyebab dan penyakit yang menjadikan burung Hantu tidak mau makan lengkap dengan cara mengatasinya. Semoga setelah mengetahui penyebabnya, burung Hantu Anda mau makan lagi.

Jangan membiarkan burung Hantu tidak mau makan dalam waktu yang lama. Sebab, burung Hantu bisa saja mati. Lebih baik, segera cari penyebabnya kemudian diobati agar burung Hantu mau makan dengan lahap.

Baca juga: 36 Fakta Unik dan Mitos Burung Hantu yang Mencengangkan

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung hantu tidak mau makan
  • Kenapa burung hantu tidak mau makan
  • burung hantu lemas
  • burung hantu mogok makan
  • Burung hantu mog
  • burung hantu liar tidak mau makan
  • Burung hantu jadi susah minum
  • burung hantu ga mau makan
  • penyebab burung hantu kurang tidur
  • burung hantu celepuk tidak mau makan sudah dua hari

Berikan komentar