11 Makanan Jalak Suren Terbaik Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Burungnya.comMakanan Jalak Suren terbilang mudah didapat di lingkungan sekitar. Pasalnya, burung Jalak Suren paling suka menu makanan yang berasal dari alam. Untuk pakan buatan pabrik, biasanya hanya sebatas voer saja. Itupun, kandungannya sebagian besar alami.

Jadi, pada intinya Jalak Suren sangat suka makanan yang alami, seperti buah-buahan, serangga, dan tambahan pakan lain dari pasir atau serbuk lembut. Apakah tidak masalah burung Jalak Suren memakan serbuk bata dan pasir?

Justru tidak masalah, karena serbuk pasir dapat membantu melancarkan proses percenaan burung Jalak Suren. Sama seperti ayam yang memakan kerikil atau batu kecil untuk melancarkan percernaan di temboloknya.

Alasan lainnya karena burung dan ayam tidak mempunyai gigi, sehingga pasir atau kerikil berfungsi untuk membantu makanan masuk ke dalam tubuh.

Loading...

Baca juga: Cara Merawat Burung Jalak Suren Anakan Agar Cepat Gacor dalam 1 Bulan

Nah, sekarang makanan Jalak Suren itu apa saja? Apakah sama seperti jenis burung populer lainnya? Untuk masalah makanan, tentu setiap jenis berbeda karena mereka mempunyai makanan favorit masing-masing.

Jika dipaksa makan pakan burung yang tidak sesuai dengan kesehariannya, malah berbahaya dan berpotensi membuat burung stres.

Untuk itu, Anda harus mengetahui pakan yang baik untuk Jalak Suren agar cepat gacor dan rajin bunyi setiap hari. Berikut beberapa makanan Jalak Suren terbaik.

Makanan Jalak Suren (pinterest.co.uk)
Makanan Jalak Suren (pinterest.co.uk)

1. Buah Pisang Kepok

Pisang Kepok merupakan makan terbaik Jalak Suren karena mengandung banyak gizi, seperti protein, lemak, kalori, asam folat, karbohidrat, zat besi, dan fosfor.

Pisang Kepok sendiri terbagi menjadi dua yaitu pisang Kepok Kuning dan pisang Kepok Putih. Burung Jalak Suren menyukai keduanya asal buah tersebut tidak terlalu lembek.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa pisang Kepok yang bagus diberikan setelah matang dari pohonnya. Kalau matang dengan cara karbitan biasanya kandungan gizi pisang Kepok sudah banyak berkurang. Porsi pemberian pisang Kepok cukup satu buah per hari.

Baca juga: Cara Membuat Burung Jalak Sangat Jinak Hingga Mengikuti Keinginan Pemiliknya

2. Buah Pepaya

Untuk selingan agar burung Jalak Suren tidak bosan, Anda bisa memberikan buah Pepaya. Kandungan buah Pepaya tidak jauh beda dengan buah pisang.

Manfaat Pepaya untuk burung Jalak Suren yakni untuk menjaga kesehatan tulang, mengurangi tingkat birahi, menurunkan suhu tubuh, mencegah dehidrasi, dan mempercepat penyembuhan luka.

3. Buah Apel

Kalau sudah bosan dengan buah Pepaya dan Pisang Kepok, Anda bisa mencoba memberikan buah Apel ke burung Jalak Suren. Pasalnya, buah Apel juga mengandung banyak gizi yang baik untuk burung Jalak Suren.

Manfaat Apel untuk burung Jalak Suren adalah mengurangi lemak negatif yang membuat burung kegemukan, mengandung serat untuk memperlancar percernaan, mencegah suara serak, memperkuat tulang, dan menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Jalak Suren Diam dan Stres Saat Didekati Pemiliknya

4. Jangkrik

Serangga seperti jangkrik termasuk Extra Fooding atau pakan tambahan yang baik untuk burung Jalak Suren. Di dalam tubuh jangkrik terdapat kandungan asam amino yang dibutuhkan untuk proses pembentukan sel.

Anda dapat memberikan jangkrik ke burung Jalak Suren dalam dua cara, yakni dipotong tubuhnya kemudian dimasukkan cepuk pakannya dan dipotong kakinya lalu diberikan secara langsung.

5. Kroto

Kroto atau telur semut sangat bagus untuk menjaga stamina burung Jalak Suren. Selain itu, kroto dapat menjaga suhu panas pada tubuh burung dan meningkatkan birahinya.

Kroto lebih baik diberikan ke Jalak Suren muda agar perkembangan otaknya lebih cepat dan menjadikan burung pandai mengingat suara masteran atau suara isian burung lain.

Baca juga: Video 5 Jenis Burung Jalak yang Bisa Bicara Seperti Manusia

6. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong bagus untuk meningkatkan sifat fighter Jalak Suren. Namun, pemberian ulat Hongkong sebaiknya sedikit saja karena ulat ini dapat membuat burung kegemukan atau obesitas.

Pasalnya, kandungan lemak di ulat Hongkong lebih tinggi daripada kandungan proteinnya. Oleh karena itu, porsi pemberian ulat Hongkong lebih baik sedikit saja.

7. Cacing Tanah

Cacing tanah mengandung banyak protein yaitu sekitar 72 persen. Tak hanya itu, di dalam tubuh cacing tanah juga terdapat asam amino untuk mempercepat perkembangan dan pertumbuhan burung.

Manfaat pemberian cacing tanah pada burung Jalak Suren ialah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menstabilkan birahi Jalak Suren, membantu proses pertumbuhan, mengoptimalkan sistem metabolisme Jalak Suren, dan memperlancar produksi telur.

Baca juga: Kisah Nyata Persahabatan Seorang Anak dengan Burung Jalak

8. Belalang

Belalang yang bagus untuk Jalak Suren sebaiknya dipilih yang warnanya hijau karena lebih bergizi. Kalau Belalang warna hitam atau cokelat biasa kandungan gizinya sedikit dan lebih berbahaya karena sebagian mengandung racun.

Oleh karena itu, jika sedang berada di kebun atau pekarangan, jangan lupa mencari belalang hijau. Apabila Anda tinggal di perkotaan, maka sebaiknya Anda pergi ke kawasan pedesaan dulu yang masih asri untuk mencari belalang.

9. Ulat Kandang

Pemberian ulat Kandang ke Jalak Suren tidak akan membuat Jalak Suren kegemukan. Berbeda dengan ulat Hongkong yang dapat membuat Jalak Suren gacor tapi efek sampingnya bisa menjadikan burung gemuk.

Maka dari itu, ulat Kandang lebih sering diberikan ke Jalak Suren untuk membuatnya rajin berkicau tanpa takut tubuh burung menjadi gemuk.

Baca juga: Pencegahan dan Perawatan 7 Penyakit Burung Jalak Agar Kembali Prima

10. Voer

Banyak sekali jenis voer yang bagus untuk makanan harian Jalak Suren. Anda bisa memilih jenis voer yang relatif murah, tapi sangat disukai burung Jalak. Sekali membeli jenis voer tertentu, sebaiknya Anda memberik voer tersebut untuk burung Jalak Suren dalam waktu yang lama.

Kalau sering gonta-ganti merek voer, burung Jalak Suren justru tidak mau memakannya dan akhirnya stres lalu tidak mau berkicau atau macet bunyi.

Selain itu, berikan voer yang belum kedaluwarsa agar burung Jalak Suren tidak keracunan. Jika burung dipaksa diberi pakan voer kedaluwarsa, maka bulunya bisa rontok, warna bulu memudar, dan akhirnya stres tidak mau bunyi.

11. Pasir, Kerikil Kecil, atau Serbuk Halus

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, burung Jalak Suren dapat memakan pasir, kerikil kecil, dan serbuk halus. Tujuannya untuk memperlancar percernaan. Untuk mendapatkan pakan unik seperti ini, Anda bisa menghancurkan genteng atau batu bata kemudian dihaluskan.

Tapi ingat, pasir dan sejenisnya ini hanya untuk makanan pendamping Jalak Suren. Kalau makanan utama dan makanan sehari-hari, masih voer dan buah. Anda dapat menambahkan Extra Fooding (EF) untuk membuat Jalak Suren gacor dan rajin bunyi.

Demikian beberapa makanan Jalak Suren terbaik agar cepat gacor dan rajin bunyi. Pemberian makanan tersebut sebaiknya dilakukan bergantian. Jadi, tidak semua jenis makanan Jalak Suren diberikan di hari yang sama, tetapi dijadwal agar burung tidak bosan.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Jalak Suren Diam dan Stres Saat Didekati Pemiliknya

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Makanan jalak suren
  • makanan burung jalak suren
  • https://burungnya com/11-makanan-jalak-suren-terbaik-agar-gacor-dan-rajin-bunyi/
  • voer yang bagus untuk jalak suren
  • setting lovebird jantan dengan betina
  • pakan jalak suren
  • pakan burung jalak suren
  • pakan suren
  • makanan jalak uren
  • pakan burung jalak uren

Berikan komentar