14 Helai Bulu Ekor Merpati Dijamin Istimewa dan Langka

Burungnya.com – Jumlah ekor Merpati ternyata berpengaruh terhadap performa di saat lomba. Terbukti, pada tahun 1980 jumlah bulu ekor burung Merpati bisa dijadikan patokan apakah burung tersebut bagus atau tidak. Berapa jumlah helai ekor Merpati yang dianggap istimewa?

Menurut seorang pakar Merpati, jumlah ekor bulu Merpati di atas 12 helai dijamin istimewa. Alasannya semakin banyak ekor bulunya maka burung Merpati semakin mudah mengontrol tubuh saat terbang dan turun.

Merpati Bulu Ekor 14 Helai Langka

Ya, diketahui di tahun 1980, para penggemar Merpati sudah pasti bisa melihat burung Merpati dengan ekor 14 helai. Namun, sekarang jumlah ekornya mungkin tidak sampai 12, atau rata-rata Merpati mempunyai bulu ekor 12 helai.

Walau mungkin ada yang mempunyai Merpati dengan 13 helai ekor, tapi hal tersebut bisa dibilang langka sekali atau seperti barang antik. Sehingga, Merpati dengan 13 helai ekor tidak akan dilombakan tetapi cuma dijadikan penghias kandang saja. Sebab, burung tersebut masih membawa darah murni Merpati dari para leluhur di masa lampau.

Ilustrasi Merpati dengan Ekor 14 Helai Bulu (berkicau-burung.blogspot.com)
Ilustrasi Merpati dengan Ekor 14 Helai Bulu (berkicau-burung.blogspot.com)

Karakter Merpati dengan 13 Ekor

Burung Merpati yang ekornya berjumlah 13 helai biasanya mempunyai karakter arogan. Selain itu, tipe Merpati ini sering membuat gerakan reflek yang dapat mengejutkan lawan tapi hasil akhirnya selalu bagus.

Karakter Merpati dengan 14 Ekor

Kalau Merpati dengan ekor berjumlah 14 helai tidak suka membuat gerakan reflek pada lawan. Namun, burung ini sering membawa lawan terbang tinggi, lalu mengajaknya turun dari ketinggian (terbang nitik).

Burung Merpati dengan ekor 13 helai akan kesulitan melawan Merpati dengan ekor 14 helai. Apalagi kalau burung Merpati tersebut cuma memiliki ekor kurang dari 13 helai, kemungkinan besar akan mengalami kekalahan saat melawan Merpati dengan 14 helai ekor.

Loading...

Kemampuan Merpati dengan Ekor 12 Helai

Walaupun demikian, sekarang sudah ada Merpati dengan ekor 12 helai yang kemampuannya sudah setara dengan Merpati dengan ekor 14 helai. Kemampuan Merpati ini bisa dilihat dari lidi helai bulu di dekat pinggul.

Biasanya Merpati tersebut mempunyai goresan seperti serat atau urat yang terlihat di dekat pinggul khususnya saat siang hari. Hal ini sama dengan Merpati dengan lidi helai bulu berwarna putih susu.

Helai lidi bulu yang warnanya putih tapi transparan di ujung pangkal tidak sama dengan lidi putih susu. Kemampuan burung ini masih lebih bagus helai lidi bulu yang warna putih susu.

Kesimpulan

Demikian semoga jumlah helai ekor bulu Merpati bisa menjadi acuan Anda dalam membeli burung. Hitung dulu berapa jumlah ekornya. Syukur-syukur kalau Anda mendapatkan Merpati dengan bulu ekor 14 helai.

Namun, jangan khawatir karena Merpati dengan 12 helai bulu ekor juga bisa menyaingin kemampuan Merpati dengan 14 bulu ekor. Yang penting ada tanda khusus di dekat pinggulnya, berupa serat di lidi helai atau warna lidi helai putih susu.

Baca juga: 

Ingat semakin banyak jumlah ekornya maka burung Merpati tersebut semakin berkualitas dan istimewa. Bisa jadi, ada juga Merpati dengan bulu ekor berjumlah 15 helai atau 16 helai.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kelebihan merpati lar 9
  • mitos merpati ekor 13
  • merpati ekor 13
  • kelebihan merpati ekor 14
  • kelebihan merpati ekor 11
  • perkutut sabdo jati
  • merpati dasar
  • keistimewaan merpati ekor 13
  • kelebihan ekor merpati 13
  • Burung dara ekor 14

1 thought on “14 Helai Bulu Ekor Merpati Dijamin Istimewa dan Langka”

  1. Kalo bulu ekor berjumlah 10 apa ada kelebihan ny juga, ak punyabmerpati jantan dengan bulu ekor 10′ helai

    Reply

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!