15 Tips Menjinakkan Burung Hantu Liar dan Galak

Burungnya.comSemua jenis burung sebenarnya bisa dijinakkan, tetapi terkadang caranya berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Untuk burung Hantu, Anda bisa menjinakkan burung Hantu liar dengan beberapa tahapan, mulai dari mengatasi batting, membiasakan burung Hantu, dan lain-lain.

Banyak kalangan pecinta burung Hantu ingin menjinakkan burung tersebut karena burung Hantu biasanya liar, galak, dan kurang bersahabat dengan manusia.

Namun, bila sudah dipelihara cukup lama dan diperlakukan dengan baik, maka burung Hantu akan lebih mudah jinak.

Yang terpenting, Anda harus berhati-hati dalam menjinakkan burung Hantu yang masih liar dan galak. Apapun jenisnya dan usianya, kalau burung Hantu masih liar dan galak, biasanya membahayakan.

Baca juga: 36 Fakta Unik dan Mitos Burung Hantu yang Mencengangkan

Misalnya, Anda baru saja membeli burung Hantu Celepuk atau burung Hantu Dewasa. Cara menjinakkan burung Hantu Celepuk butuh proses cukup panjang mulai dari pengenalan hingga melatihnya agar tidak galak lagi.

Begitu juga dengan cara menjinakkan burung Hantu dewasa, Anda harus membutuhkan ekstra tenaga karena menjinakkan burung Hantu yang sudah dewasa lebih sulit ketimbang menjinakkan burung Hantu kecil atau burung Hantu muda.

Oleh karena itu, sebelum menjinakkan burung Hantu maka Anda harus mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Berikut alat untuk menjinakkan burung Hantu liar dan galak.

Baca juga: 10 Ciri dan Fakta Menarik tentang Burung Hantu Putih

Cara Melatih Burung Hantu Agar Jinak (projectsnowstorm.org)
Cara Melatih Burung Hantu Agar Jinak (projectsnowstorm.org)

Alat Untuk Menjinakkan Burung Hantu

  • Glove atau sarung tangan burung Hantu
  • Perch atau tangkringan
  • Alat siulan
  • Rantai atau tali untuk mengikat kaki burung Hantu
  • Semprotan burung Hantu
  • Makanan kesukaan burung Hantu
Tips Menjinakkan Burung Hantu Kecil dan Dewasa (wikispaces.com)
Tips Menjinakkan Burung Hantu Kecil dan Dewasa (wikispaces.com)

Tips Menjinakkan Burung Hantu Liar dan Galak

1. Mengatasi Burung Hantu yang Masih Batting

Jika burung Hantu masih batting, maka Anda bisa mengarantina burung Hantu di dalam kardus atau box. Tujuannya agar burung Hantu tidak menjauhi jika didekati manusia. Apabila Anda tidak tahu istilah batting, maka kami akan menjelaskannya.

Batting adalah perilaku burung Hantu menjauhi manusia. Biasanya tindakan tersebut seperti terbang dan loncat saat didekati manusia.

2. Cara Membiasakan Burung Hantu

Setelah mengarantina burung Hantu atau menyendirikan burung Hantu, Anda bisa mengeluarkan burung Hantu dari kardus atau box. Tujuannya agar burung Hantu lebih jinak dan terbiasa dengan manusia.

3. Jangan Meletakkan Burung Hantu dalam Sangkar

Burung Hantu jinak harus diletakkan di tangkringan. Anda tidak disarankan meletakkan burung Hantu di dalam kandang karena burung Hantu akan semakin liar dan galak. Kalau sudah begini, burung Hantu akan sulit untuk dijinakkan.

4. Meletakkan Burung Hantu di Perch atau Tangkringan

Cara terbaik untuk menjinakkan burung Hantu dengan meletakkannya di Perch atau tangkringan. Jika burung Hantu diletakkan di tangkringan atau pangkringan, maka Anda akan lebih mudah berinteraksi dengan burung Hantu, seperti mengelus-elus bagian kepalanya, memberinya makan, dan memandikannya.

Loading...

5. Setiap Pagi Burung Hantu Dimandikan

Apabila burung Hantu Anda masih liar dan galak, maka tindakan pertama yang harus dilakukan adalah memandikannya di pagi hari. Burung yang sering dimandikan di pagi hari maka sifat galaknya akan hilang.

Anda bisa memandikan burung Hantu dengan cara disemprot halus. Penyemprotan di bagian tubuhnya saja dan jangan sampai mengenai mata.

6. PDKT atau Pendekatan di Malam Hari

Sama seperti Anda mendekati calon pacar, Anda juga harus melakukan pendekatan atau PDKT kepada burung Hantu. Pendekatan ini bisa dilakukan seperti mengajak burung Hantu berinteraksi, memanggil namanya, dan lain sebagainya.

Anda bisa melakukan pendekatan ke burung Hantu kapan saja, tetapi alangkah baiknya bila dilakukan pada malam hari selama kurang lebih 1 jam. Sebab, burung Hantu aktif di malam hari, sehingga Anda akan lebih mudah berinteraksi di malam hari.

7. Training atau Melatih Burung Hantu

Jika burung Hantu sudah terlihat jinak atau bersahabat, maka Anda bisa melatih burung Hantu agar lebih jinak dan menuruti perintah Anda. Caranya dengan memberikan makan secara langsung menggunakan tangan.

Namun, jangan lupa untuk menggunakan glove atau sarung tangan agar pijakan kakinya terasa nyaman. Selain itu, agar tangan Anda tidak cedera.

8. Memberikan Makanan Segar ke Burung Hantu

Makanan yang diberikan ke burung Hantu harus segar dan bukan berupa bangkai. Kalau Anda memberi daging hewan yang sudah mati dan menjadi bangkai, maka kesehatan burung Hantu akan terganggu dan lebih lama untuk membuatnya jinak.

Bagaimana memberikan makan burung Hantu yang benar? Cara memberi makan burung Hantu dapat Anda baca pada artikel 10 Perbedaan Cara Memberi Makan Burung Hantu Besar dan Kecil.

9. Memberi Makan Burung Hantu Pakai Glove

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, memberikan makan burung Hantu sebaiknya menggunakan sarung tangan karena burung akan merasa lebih nyaman dan Anda tidak akan merasa kesakitan ketika burung Hantu hinggap di tangan Anda.

10. Menganggap Burung Hantu Sebagai Teman

Burung Hantu dianggap sebagai teman sendiri. Artinya, Anda harus mengajaknya ngobrol atau bicara sepanjang waktu. Tak hanya itu, Anda harus mengajaknya bermain, belajar, bekerja, dan lain-lain. Intinya, setiap Anda melakukan kegiatan tertentu, kalau bisa Anda mengajak burung Hantu.

11. Melatih Burung Hantu di Tempat Tinggi

Burung Hantu diletakkan di tempat yang tinggi, kemudian panggil namanya agar dia mau turun dan mengambil makanan di tangan Anda. Tidak perlu terlalu tinggi, yang penting tempatnya lebih tinggi dari Anda. Dengan begitu, burung Hantu akan lebih mudah melihat target atau makanan dan kemudian menghampiri Anda.

12. Memberi Nama Burung Hantu

Pemberian nama burung Hantu itu penting. Jika Anda membeli burung Hantu dari seseorang, tanyakan apakah sebelumnya burung Hantu tersebut sudah pernah diberi nama. Kalau belum, Anda bisa memberikannya sebuah nama.

Panggilah dia dengan nama tersebut sesering mungkin agar burung Hantu tahu bahwa Anda sangat perhatian dengannya.

13. Melatih Burung Hantu dengan Siulan

Burung Hantu lebih mudah diajak berinteraksi dengan siulan. Jika Anda tak bisa bersiul maka Anda bisa membeli alat siulan atau sempritan. Apabila Anda tidak mempunyai uang yang cukup, Anda bisa belajar bersiul dengan plastik dari artikel berikut Cara Memancing Suara Kacer Agar Gacor dengan Plastik atau Kresek.

14. Setiap Latihan Diberi Makan

Tujuan setiap melakukan latihan diberi makan adalah agar burung Hantu merasa dihargai. Penghargaan dari kerja kerasnya akan membuat burung Hantu merasa disayang dan dihormati.

Jadi, setiap burung Hantu sukses terbang menghampiri Anda, maka berilah makanan kesukaannya. Tidak perlu terlalu banyak, sedikit saja tapi sering.

15. Menjauhkan Burung Hantu dari Burung Lain

Burung Hantu sebaiknya dijauhkan dari burung lain atau hewan lain. Pasalnya, kalau bertemu hewan lain, burung Hantu bisa bertengkar atau bertarung dan akhirnya Anda akan semakin sulit membuatnya jinak. Bahkan, burung Hantu akan semakin liar dan galak.

Baca juga: Burung Hantu Terbesar Ini Dipercaya Punya Ilmu Gaib yang Positif

Demikian tips dan cara menjinakkan burung Hantu liar dan galak. Saran dari kami, kalau bisa pilihlah burung Hantu kecil atau burung Hantu yang masih muda, agar lebih mudah menjinakkannya. Kalau burung Hantu dewasa, biasanya proses menjinakkannya akan semakin lama dan sulit.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara memanggil burung hantu liar
  • Makanan burung hantu liar
  • cara menjinakkan burung hantu
  • cara menjinakan burung hantu
  • cara merawat burung hantu liar
  • menjinakkan burung hantu
  • cara menjinakan burung hantu celepuk
  • cara menjinakan burung hantu celepuk dewasa
  • menjinakan burung hantu
  • cara menjinakan celepuk dewasa
2 Comments

Berikan komentar