18 Makanan dan Minuman yang Bagus Untuk Pleci Biar Gacor Ngalas

Burungnya.com – Apa saja makanan dan minuman yang bagus untuk burung Pleci? Banyak kalangan Pleci Mania (Pleman) menanyakan tentang makanan dan minuman Pleci terbaik buat Pleci. Soalnya, apa yang dimakan dan diminum burung Pleci ternyata sangat berpengaruh pada kualitas suara burung tersebut.

Percaya atau tidak, burung Pleci yang diberi makanan dan minuman berkualitas lebih baik kicauannya daripada burung yang hanya dikasih voer dan minuman air mentah. Maka tak heran, banyak kicau mania sampai membuat doping sendiri agar Pleci suaranya gacor dan ngalas.

Baca juga: Apakah Pleci Harus Menggunakan Doping Agar Cepat Gacor?

Kalau diibaratkan pada manusia, biasanya kita mengonsumsi minuman berenergi atau suplemen multivitamin yang baik untuk menunjang kesehatan agar selalu kuat menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, burung Pleci juga demikian, Anda harus memberikan makanan dan minuman yang bergizi agar performanya saat tampil di lapangan lebih gacor dan relatif ngalas.

Loading...

Untuk mendapatkan makanan dan minuman yang bagus serta menyehatkan, Anda harus mencari alami dan segar. Misalnya, buah dan sayur. Pleci adalah salah satu jenis burung yang tinggal di alam. Oleh karena itu, pakan dan minumannya juga harus berasal dari alam yang masih segar tanpa terkontaminasi bahan kimia.

Saat ini, buah dan sayur di pasar tradisional sudah terbilang alami. Walaupun ada sebagian yang sudah diberi bahan kimia, tapi mayoritas buah dan sayur masih segar untuk dikonsumsi manusia maupun burung Pleci. Pertanyaannya sekarang, buah dan sayur apa saja yang baik untuk Pleci?

Baca juga: Rahasia Pakan Racikan Burung Pleci Lomba

Manfaat buah apel untuk Pleci (redbubble.com)
Manfaat buah apel untuk Pleci (redbubble.com)

Buah dan sayur yang bagus untuk burung Pleci

  1. Pisang
  2. Apel
  3. Jeruk
  4. Jambu
  5. Pear
  6. Mentimun
  7. Kelengkeng
  8. Wolfberry
  9. Pepaya
  10. Wortel
  11. Tomat
  12. Gambas atau oyong
  13. Sawi

Semua menu buah dan sayur di atas sangat baik untuk kesehatan burung Pleci. Sebab, semuanya alami dipanen dari kebun atau pekarangan. Selain itu, buah dan sayuran mempunyai banyak manfaat yang bagus untuk Pleci. Lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel 10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Burung Pleci serta 3 Racikan Makanan Agar Cepat Gacor.

Burung Pleci suka makan buah apel (tokyobling.wordpress.com)
Burung Pleci suka makan buah apel (tokyobling.wordpress.com)

Itu tadi asupan gizi terbaik burung Pleci yang didapat dari sektor pangan. Sekarang, bagaimana dengan minumannya? Minuman burung Pleci yang bagus biar cepat gacor dan ngalas, biasanya didapat dari racikan sendiri. Setiap Pleman mempunyai racikan minuman rahasia untuk burung Pleci mereka.

Namun, dari beberapa Pleman ada yang berbaik hati membagikan resep racikan minuman doping supaya Pleci cepat gacor dan ngalas di lomba. Apa saja minuman Pleci biar gacor dan tambah ngalas selama lomba, berikut ulasannya.

Minuman Pleci biar cepat gacor

  1. Air mineral dengan tambahan multimineral
  2. Racikan minuman bawang putih
  3. Doping minuman Pleci dengan larutan penyegar
  4. Racikan minuman dengan suplemen dan minyak jangkrik
  5. Campuran minuman kemasan

1. Air minum dengan tambahan multimineral

Sekarang coba ganti minuman burung Pleci yang awalnya hanya air mentah atau air tawar menjadi air minum dengan tambahan multimineral. Tujuan penambahan multimineral agar burung Pleci tidak mudah terserang penyakit dan stamina lebih terjaga.

Selain itu, air putih biasa cenderung mempunyai pH atau derajat keasaman yang berubah-ubah. Oleh karenanya, Anda setidaknya harus menjaga agar kualitas air cukup asam, yaitu dengan menambahkan cuka apel atau sedikit asam sitrat. Apabila Anda tak mau repot, silakan langsung menambahkan beberapa tetes BirdMineral ke dalam air minum Pleci.

2. Racikan minuman bawang putih dan jeruk nipis

Hampir semua Pleman pasti pernah mencoba racikan minuman bawang putih dan jeruk nipis. Pasalnya, minuman doping Pleci ini sudah cukup populer di kalangan Pleman Indonesia. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuat racikan minuman ini sangat mudah.

Bahan-bahan:

  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah jeruk nipis
  • 3 potong kecil gula merah
  • 4 sendok teh madu

Cara pembuatan:

  • Bersihkan bawang putih lalu digeprek dan dihaluskan.
  • Setelah halus, panaskan 2 gelas air bersih ukuran sedang dalam panci.
  • Masukkan bawang putih dan gula merah ke dalam panci, lalu diaduk-aduk hingga larut.
  • Kalau sudah mendidih airnya, angkat air rebusan tadi dan campur dengan air perasan jeruk nipis serta 4 sendok teh madu. Jangan lupa aduk-aduk lagi hingga semua bahan tercampur merata.
  • Tunggu sampai dingin, lalu saring air rebusan dan masukkan ke dalam botol bersih.

Racikan minuman bawang putih dan jeruk nipis bisa disajikan dalam cepuk kecil setelah proses penjemuran Pleci. Kalau masih tersisa, Anda bisa menyimpannya di kulkas, untuk digunakan beberapa hari kemudian.

3. Doping minuman Pleci dengan larutan penyegar

Pakan dan minum untuk Pleci lomba (youtube.com)
Pakan dan minum untuk Pleci lomba (youtube.com)

Semua yang berhubungan dengan doping pastinya tidak dianjurkan diberikan setiap hari, termasuk doping minuman Pleci berbahan larutan penyegar. Anda bisa memberikan minuman khusus ini pada saat menjelang lomba saja.

Biasanya minuman ini diberikan ke Pleci untuk mengatasi suara serak dan melancarkan suara Pleci biar ngeplong dan gacor. Cara pembuatannya mudah dan bahannya banyak dijumpai di pasaran.

Bahan-bahan:

  • Satu botol larutan penyegar
  • Minuman rasa buah
  • Vitamin
  • 1/2 sendok makan madu murni

Cara pembuatan:

  • Semua bahan dicampur dan diaduk-aduk hingga merata.
  • Lalu, berikan racikan ini ke burung Pleci sebagai minuman tambahan.

Efek samping pemberian doping cukup banyak, untuk lebih jelasnya bisa dibaca di artikel 5 Cara Menetralisir Efek Doping Pleci untuk Mengembalikan Performanya.

4. Racikan minuman dengan suplemen dan minyak jangkrik

Burung Pleci tidak akan bisa memakan jangkrik, tapi kalau minyak jangkrik pasti bisa. Oleh karena itu, minuman ini dibuat khusus dengan campuran minyak jangkrik.

Bahan-bahan:

  • Minuman energi /vitamin water rasa buah (terutama rasa strawberry)
  • Minyak jangkrik
  • Suplemen yang mampu merangsang burung cepat bunyi

Cara pembuatan:

  • Minuman energi dicampur dengan minyak jangkrik sebanyak 5-8 tetes, dan suplemen.
  • Setelah itu, aduk-aduk hingga merata atau biar tercampur merata sempurna, Anda bisa menggunakan blender.
  • Masukkan adonan ke dalam kulkas dan berikan keesokan harinya ke Pleci sebagai minuman tambahan.

5. Campuran minuman kemasan

Buah yang bagus untuk burung Pleci (romyocon.net)
Buah yang bagus untuk burung Pleci (romyocon.net)

Ada banyak minuman kemasan yang biasa diminum manusia tetapi juga baik untuk burung Pleci. Minuman kemasan tersebut di antaranya, Nutriboost, Mizone, Larutan penyegar tanpa rasa, dan vitamin water.

Ada sedikit cerita menarik tentang khasiat minuman Mizone untuk Pleci yang menang lomba. Cerita selengkapnya bisa dibaca di artikel Pleci Marley Jadi Juara Setelah Rutin Diberi 3 Minuman Sekaligus, Salah Satunya Mizone.

Demikian beberapa makanan dan minuman yang bagus untuk Pleci biar cepat gacor ngalas. Untuk pakan Pleci di atas bisa dikatakan sangat bagus dan tanpa efek samping. Sementara, racikan minumannya juga bagus tetapi mungkin ada efek samping jika diberikan terlalu sering.

Jadi gunakan resep racikan tadi secara hati-hati, bila terjadi perubahan pada bulu yang terlihat kusam atau suara burung Pleci menjadi serak, Anda bisa segera menghentikan pemberian racikan tersebut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • minuman pleci biar gacor
  • racikan minuman pleci
  • https://burungnya com/18-makanan-dan-minuman-yang-bagus-untuk-pleci-biar-gacor-ngalas/
  • racikan makanan pleci biar cepat gacor
  • ramuan minuman pleci agar cepat gacor
  • minuman agar cendet gacor
  • racikan minuman pleci biar gacor
  • minuman pleci biar suara keras
  • Pakan pleci biar gacor
  • pakan harian pleci

Berikan komentar