20 Cara Memilih Kacer Muda Hutan yang Bagus dan Bermental Fighter

Burungnya.com – Untuk memilih burung Kacer bersuara keras dan bermental fighter memang tidaklah mudah. Namun, Anda bisa mendapatkan jenis burung Kacer seperti itu dari sosok Kacer muda hutan.

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, tentu sangat kesulitan jika harus mencari burung Kacer muda hutan di alam liar. Untuk itu, jalan satu-satunya hanya membeli di pasar burung atau penjual burung Kacer.

Sampai di tahap ini biasanya kicau mania sudah merasa kesulitan karena ciri-ciri Kacer muda hutan yang bagus tidak diketahui secara pasti.

Namun, jangan khawatir karena kacer muda hutan prospek bersuara keras dan fighter sebenarnya bisa dilihat dari postur tubuhnya.

Baca juga: 10 Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Untuk Pemula

Yang terpenting Anda harus benar-benar memastikan terlebih dahulu bahwa Kacer bakalan yang akan Anda beli berkelamin jantan. Sebab, hanya Kacer jantan yang memiliki suara keras, gacor, fighter, dan bermental petarung.

Setelah mengetahui jenis kelamin Kacer, sekarang saatnya memperhatikan bagaimana ciri fisik Kacer muda hutan yang bagus di dalam kandang ombyokan.

Burung Kacer bermental petarung cocok untuk lomba (pinterest.com)
Burung Kacer bermental petarung cocok untuk lomba (pinterest.com)

Kalau Anda ingin Kacer untuk lomba berarti Anda harus mencari Kacer yang berusia muda. Selain lebih bagus, Kacer muda tangkapan hutan mempunyai performa baik, terutama dalam hal pernapasan.

Burung Kacer muda hutan diketahui sering terbang dari dahan pohon satu ke dahan pohon yang lain, tentunya napas Kacer muda tersebut akan lebih panjang dan lebih fit.

Baca juga: Pernah Ditawar Rp 60 Juta, Kacer Mahal Ini Ternyata Harganya Rp 118.888.888

Hal ini sama seperti manusia yang hobi olahraga lari setiap pagi, pasti tubuhnya lebih sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas.

Latihan Burung Kacer siap dilombakan (birdsofgujarat.co.in)
Burung Kacer fighter siap dilombakan (birdsofgujarat.co.in)

Daripada penasaran, mari kita langsung membahas ciri-ciri fisik Kacer muda hutan prospek dengan suara keras dan mental fighter.

Loading...

Ciri fisik Kacer muda hutan yang bagus dan bermental fighter

  1. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan jenis kelamin Kacer harus jantan. Kacer kelamin jantan sengaja dipilih karena hanya Kacer jantan yang memiliki variasi suara lebih banyak dan volume keras.
  2. Anda bisa dengan mudah membedakan Kacer jantan dan betina yakni dengan cara melihat warna bulu di bagian dada. Jika bulu dada Kacer berwarna hitam mengkilap berarti Kacer jantan sementara jika bulu warna dada berwarna abu-abu agak kusam, berarti itu Kacer betina.
  3. Bagian kepala Kacer yang bagus saat dilihat dari samping seperti berbentuk kotak. Selain itu, ukuran kepala cenderung lebih besar.
  4. Untuk mata harus terlihat menyeramkan. Maksudnya Kacer muda bermental petarung biasanya mempunyai sorotan mata tajam, melotot, dan ukuran lingkar matanya besar. Kalau ukuran mata kecil biasanya mentalnya kurang fighter.
  5. Burung Kacer fighter identik dengan pola pernapasan yang baik. Untuk itu, bagian lubang hidung harus diperhatikan dengan saksama. Kalau bisa cari Kacer muda hutan yang mempunyai lubang hidung besar dan dekat dengan mata.
  6. Bagian paruh Kacer harus panjang dan tebal tapi tidak boleh bengkok atau panjang sebelah.
  7. Paruh burung Kacer sebisa mungkin mempunyai celah sedikit di antara paruh bagian atas dan bawah. Bentuk paruh seperti ini biasanya memiliki suara di atas rata-rata burung Kacer.
  8. Pangkal paruh Kacer harus lebar. Ciri fisik Kacer seperti ini akan menjadikannya mudah membuka paruh dan berkicau lantang serta ngotot.
  9. Lebih penting lagi pilih bagian leher Kacer yang panjang dan padat berisi. Biasanya Kacer yang lehernya panjang mempunyai suara power yang keras dan panjang.
  10. Badan burung Kacer kalau bisa cari yang panjang tetapi tidak terlalu besar.
  11. Bagian sayap Kacer harus mengepit rapat dan simetris karena hal tersebut merupakan ciri-ciri burung Kacer yang sehat.
  12. Untuk pemilihan ekor sebenarnya tergantung selera. Namun, biasanya ekor Kacer yang pendek terlihat lebih bagus karena sering buka ekor secara penuh dan nancep. Kalau ekor Kacer panjang lebih sering tutup ekor dan sering nyiblek.
  13. Kaki burung Kacer pilih yang ukurannya besar dan cengkramannya kuat. Burung Kacer fighter memang harus memiliki fisik yang kuat serta kuat saat mencengkram. Selain itu, kaki Kacer muda yang bagus biasanya masih basah dan hitam mengilap.
  14. Pilih burung Kacer yang berdiri tegap layaknya tentara dan tidak suka bungkuk. Burung Kacer yang tegap biasanya akan lebih loss dalam mengeluarkan suara isiannya.
  15. Kalau bisa Anda harus memilih burung Kacer yang masih muda karena Anda bisa lebih mudah dan cepat dalam menjinakkan Kacer.
  16. Burung Kacer mempunyai sifat teritorial. Jadi cari burung Kacer yang berani berkicau di kandang ombyokan. Jika burung Kacer tersebut tidak takut buka suara berarti mentalnya fighter dan cocok untuk bahan lomba.
  17. Burung Kacer harus aktif dan lincah, tidak berdiam diri di satu tempat.
  18. Kacer harus memiliki nafsu makan besar. Hal ini menandakan burung Kacer tersebut memiliki mental fighter di lapangan.
  19. Burung Kacer dalam keadaan sehat tanpa cacat sedikit pun.
  20. Perhatikan Kacer secara baik-baik, jangan sampai memilih Kacer yang mbagong atau mbedesi. Pasalnya, Kacer yang mbagong tidak akan bisa mendapat bendera koncer saat lomba.

Demikian beberapa ciri fisik burung Kacer muda hutan yang bagus dan bermental fighter.

Jika Anda menemukan ciri burung Kacer seperti yang telah kami sebutkan, segera pinang dan bawa pulang. Dari burung tersebut, kemungkinan besar Anda akan lebih sering memenangkan lomba.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara memilih kacer yang bermental bagus
  • cara memilih kacer muda hutan yang bagus
  • kacer muda hutan prospek
  • cara memilih kacer bakalan muda hutan
  • ciri kacer bagus
  • cara memilih kacer
  • ciri kacer muda
  • https://burungnya com/20-cara-memilih-kacer-muda-hutan-yang-bagus-dan-bermental-fighter/
  • ciri kacer yang bagus
  • ciri ciri kacer bagus

Berikan komentar