6 Jenis Burung Kenari Termahal di Dunia

Burungnya.com – Burung Kenari dengan nama latin Serinus Canaria merupakan salah satu jenis burung kicauan yang paling populer di Indonesia. Burung dengan warna cerah ini begitu populer lantaran kicauannya yang merdu dan mudah dalam perawatan. Di Indonesia, hampir semua orang memelihara burung Kenari. Namun, apakah Anda sudah tahu, tiga jenis burung Kenari termahal di dunia?

Biasanya, burung Kenari dibanderol mahal apabila sudah memenangkan suatu perlombaan. Namun, tiga jenis burung Kenari ini berbeda. Beberapa burung Kenari ini sudah mahal sejak dilahirkan ke dunia. Penasaran bukan dengan tiga burung Kenari tersebut. Berikut ulasan tentang tiga jenis burung Kenari paling mahal di dunia.

Baca juga:

Jenis Burung Kenari Termahal di Dunia

1. Burung Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire
Burung Kenari Yorkshire (wizamisasi.com)

Jenis burung Kenari Yorkshire adalah burung Kenari yang bisa dibilang paling sempurna dan paling mahal bila dibandingkan dengan burung Kenari yang lain. Hal ini dikarenakan bentuk tubuhnya yang sangat bagus, yakni menyerupai wortel dibalik. Tak hanya tubuhnya, burung Kenari Yorkshire juga mempunyai warna yang sangat mempesona.

Semua ini didapat dari persilangan tiga jenis burung Kenari sekaligus, yaitu jenis Lancashire, Belgia, dan Norwich. Harga burung Kenari Yorkshire dewasa berkelamin jantan dibanderol sekitar Rp 7 jutaan hingga Rp 10 jutaan.

2. Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari Lancashire (1080plus)
Burung Kenari Lancashire (1080plus)

Burung Kenari termahal selanjutnya adalah burung Kenari Lancashire. Mengapa bisa mahal? Ternyata, yang membuat harga burung Kenari Lancashire begitu mahal karena tubuhnya yang besar dan panjang, yakni kurang lebih 20 cm.

Bahkan, beberapa kalangan menyebut bahwa burung Kenari Lancashire merupakan burung Kenari terbesar di dunia. Lantas berapa harga burung Kenari tersebut? Harga burung Kenari Lancashire tak jauh beda dengan burung Kenari Yorkshire yakni sekitar Rp 5 jutaan sampai Rp 8 jutaan.

3. Burung Kenari Jambul

Burung Kenari Jambul (hdw7.com)
Burung Kenari Jambul (hdw7.com)

Burung Kenari Jambul atau biasa dipanggil Crested Canary ini menjadi burung Kenari termahal terakhir karena dijual dengan harga Rp 2 jutaan sampai Rp 7 jutaan.

Tahukah Anda apa yang membuat burung ini menjadi mahal? Burung Kenari Jambul dijual sangat mahal karena mempunyai keunikan berupa mahkota di kepalanya. Selain itu, tubuh burung Kenari Jambul begitu besar dan gagah.

4. Burung Kenari Spanish Timbrado

Burung Kenari Spanish Timbrado
Burung Kenari Spanish Timbrado

Tahukah kalian, bahwa burung Kenari timbrado ini berasal dari Spanyol dan merupakan salah satu jenis burung Kenari yang masih murni dalam artian belum ada darah campuran dari jenis Kenari lainya. Burung Kenari ini juga memiliki suara kicauan yang istimewa yang beda dengan jenis burung Kenari lainnya.

Burung ini juga mempunyai kemampuan menyanyikan 12 nada suara yang berbeda. Sehingga Kenari Spanish Timbrado sangat terkenal di antara pecinta burung Kenari.

Burung Kenari Spanish timbrado mempunyai beberapa ciri fisik postur tubuh yang terlihat kuat dan dadanya yang tegap serta bulunya cukup lebar dan bentuk ekornya menyerupai huruf. Untuk harganya sendiri, Kenari Spanish Timbrado dijual mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 15 juta tergantung kualitas suaranya.

5. Burung Kenari Gloster

Jenis Burung Kenari Gloster
Jenis Burung Kenari Gloster

Jenis burung Kenari Gloster paling banyak dijual dipasar burung dan paling banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Ciri khas burung ini adalah bulu badannya berwarna kuning agak kehijauan, warna ekornya putih kehijauan, tubuhnya kecil, dan buncit, pendek.

Hebatnya lagi, jenis burung Kenari Gloster mempunyai suara yang begitu merdu, kualitasnya di atas rata-rata.

Rata-rata harga burung ini dijual sekitar Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Namun saat menang perlombaan burung ini bisa berharga sekitar 10 kali lipat dari harga awalnya. Oleh karena itu di Indonesia burung ini sering sekali diikut sertakan dalam ajang perlombaan burung kenari.

6. Burung Kenari Roller

Jenis Burung Kenari Roller
Jenis Burung Kenari Roller

Nama Kenari ini seperti roller coaster tapi bentuk tubuhnya biasa-biasa saja. Ketika berkicau burung Kenari Roller ini memiliki ciri khas yakni bagian dagu bawahnya akan tampak lebih besar dan menggelembung saat sedang berkicau. Kenari ini juga tidak gampang sakit, lincah, serta mudah dibudidayakan.

Selain itu nada kicauannya kalau tinggi melengking, sedangkan jika rendah tak kalah merdunya. Suaranya pun bervariasi sebab Kenari ini termasuk Song Canary.

Karakteristik Kenari ini, yaitu saat berkicau suaranya bisa ngerol, warnanya ada yang hijau dan juga kuning, mempunyai garis pada bagian punggungnya, di bawah dagunya ada gelembung suaranya. Harganya berkisar dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta.

Kesimpulan

Nah, demikian tiga jenis burung kenari termahal di dunia. Salah satu dari tiga jenis burung Kenari tersebut sudah banyak bertebaran di Indonesia, yakni burung Kenari Jambul. Apakah Kenari lokal masuk kategori jenis burung Kenari termahal? Tentu saja tergantung kualitas suaranya.

Apabila Kenari sudah sering juara lomba di mana-mana, tentunya harganya bisa sangat mahal. Namun, di sini Kenari termahal sejak masih anakan. Jadi, walau belum ikut lomba sekalipun, mereka sudah mahal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • warna kenari lokal yang mahal
  • kenari termahal
  • warna kenari termahal
  • burung kenari termahal
  • jenis kenari termahal
  • kenari paling mahal
  • kenari mahal
  • warna bulu kenari termahal
  • Warna burung kenari
  • jenis kenari paling mahal

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.