3 Rahasia Unik Burung Terbang Tidak Tabrakan dengan Burung Lain

3 Rahasia Unik Burung Terbang Tidak Tabrakan dengan Burung Lain

Burungnya.com – Pernah melihat burung migrasi satu daerah ke daerah lain? Burung-burung tersebut biasanya terbang bergerombol dengan kawanannya, tapi mengapa burung tadi tidak pernah tabrakan?

Ini menjadi tanda tanya besar, karena manusia saja bisa tabrakan walau sedang berkendara sendirian. Namun, mengapa burung terbang bergerombol banyak malah tidak tabrakan sama sekali.

Jika hal ini diterapkan pada kehidupan manusia apakah manusia juga akan terhindar dari tabrakan? Belum tentu, karena manusia mempunyai jalur saat berkendara, sementara burung bebas terbang di langit tanpa dibatasi rambu-rambu lalu lintas.

Baca juga: Ternyata Burung Bisa Tidur Saat Terbang, Ini Rahasianya

Masalah utama yang dihadapi burung hanya pesawat terbang. Sebab, cara terbang burung dan pesawat terbang berbeda. Jika keduanya terbang dengan cara yang sama, maka mereka tidak akan saling bertabrakan.

Ingin tahu apa saja alasan mengapa burung tidak pernah tabrakan dengan burung lain. Sementara burung malah lebih sering tabrakan dengan pesawat, helikopter, atau sejenisnya. Berikut beberapa rahasia unik burung terbang tidak pernah tabrakan.

1. Burung Selalu Belok ke Arah Kanan

Apa yang membuat burung tidak saling bertabrakan karena burung selalu belok ke arah kanan. Semua burung yang terbak dalam kelompok akan berbelok ke arah yang sama, yaitu kanan. Ini merupakan kebiasaan yang membuat burung tidak saling tabrakan.

Jika dalam satu kelompok burung terbangnya tidak tentu arah, ada yang belok kanan, ada yang belok kiri, tentu mereka semua akan bertabrakan dan terjatuh.

Untuk mengetahui apa yang menyebabkan burung tidak saling bertabrakan satu sama lain, para peneliti dari University of Queensland, Australia melakukan sebuah penelitian.

Penelitian dilakukan pada 10 burung Parkit dengan cara mengatur burung-burung di sebuah terowongan. Burung dibagi dua dan ditempatkan di ujung terowongan yang berlawanan.

Dari 102 penerbangan yang dilakukan oleh burung, tidak ada satu pun burung yang bertabrakan. Ternyata rahasianya mereka terbang ke arah kanan saat akan mendekati burung lainnya.

2. Burung Selalu Mengubah Ketinggian Terbang

Burung yang terbang belok ke kanan kemungkinan masih bisa tabrakan. Sebab, masih ada burung yang kemungkinan tidak belok atau cuma terbang lurus saja.

Oleh karena itu, semua burung juga akan mengubah ketinggian terbangnya. Burung terbang lebih tinggi atau lebih rendah sehingga walau burung belok mendadak, mereka tidak akan pernah tabrakan.

3. Terbang dengan Formasi Huruf V

Burung sedang bermigrasi biasanya terbang dengan membentuk formasi huruf V. Tujuannya agar burung di belakangnya bisa melihat arah depan dengan mudah. Selain itu, teknik terbang huruf V dapat menghemat tenaga burung, sehingga dapat terbang lebih jauh.

Burung Terbang Membentuk Formasi Huruf V (huffingtonpost.com)
Burung Terbang Membentuk Formasi Huruf V (huffingtonpost.com)

Burung yang terbang paling depan akan mengepakkan sayapnya dan bertugas menentukan arah terbang. Saat mengepakkan sayap tiupan angin dari sayapnya membuat burung di belakangnya tidak perlu selalu mengepakkan sayap. Ini yang membuat burung kuat terbang sangat jauh.

Namun, ada kalanya pimpinan burung akan diganti dengan burung di belakangnya agar tidak kelelahan. Dengan begitu, burung bisa terbang jauh walau tanpa istirahat ke daratan sekalipun.

Jika burung bermigrasi sendirian, tentu saja kekuatannya cepat terkuras dan akhirnya tidak sampai tujuan. Di samping itu, burung yang terbang sendirian lebih berbahaya karena bisa jadi target santapan predator lain. Burung seperti ini juga sering tabrakan dengan pesawat karena bingung menentukan arah terbang.

Baca juga: Burung Terbesar di Dunia Tingginya Mencapai 3 Meter

Itulah alasan mengapa burung tidak tabrakan dengan burung lain, tapi lebih sering tabrakan dengan pesawat terbang. Hal ini berkaitan erat dengan kebiasaan dan evolusi burung dari waktu ke waktu.

Kemungkinan nenek moyang burung sudah mengajarkan cara terbang yang baik sehingga tidak saling bertabrakan. Oleh karena itu, sulit ditemukan burung bertabrakan dalam kelompoknya.

Bahkan, burung-burung yang terbang berkelompok cenderung terlihat seperti sedang menari-nari di langit. Mereka berjumlah banyak, tapi terbang ke sana ke mari tanpa terjadi tabrakan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman lainnya, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!