Skip to content

5 Sangkar Burung Unik Paling Langka di Indonesia

Sangkar burung (constanceguisset.com)

Burungnya.com – Tiba saatnya kita untuk memanjakan burung kesayangan dengan memberinya sangkar burung unik. Sangkar tersebut tidak harus mahal, yang penting burung Anda nyaman tinggal di sana. Intinya sesuaikan desain sangkar atau kandang dengan jenis burung yang Anda miliki.

Nah, berbicara tentang desain sangkar atau kandang burung, ternyata jenis-jenis sangkar burung mempunyai bentuk yang beraneka ragam. Ada bentuk sangkar yang besar, kecil, bulat, kotak, prisma, oval, dan lain-lain. Semua jenis sangkar tersebut tersebar di seluruh pasar burung atau toko perlengkapan burung.

Namun, ada beberapa jenis sangkar burung yang sulit ditemukan di pasar burung atau di Indonesia sekalipun. Sangkar burung ini didesain sedemikian rupa agar terlihat unik dan tidak terlalu mainstream.

Bahkan, kami yakin, Anda belum pernah membayangkan sangkar-sangkar ini sebelumnya. Pasalnya, beberapa jenis sangkar unik ini ada yang dihuni oleh hewan lain, seperti ikan.

Bagaimana mungkin burung dijadikan satu kandang dengan ikan? Burung hidupnya di darat dan udara, sementara ikan hidupnya di air. Lantas, bagaimana cara menyatukan dua jenis hewan yang habitatnya berbeda satu sama lain?

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, jika manusia mau berusaha, mereka akan mendapatkan hasil sesuai keinginannya.

Begitu juga dengan para desainer sangkar burung unik tersebut. Mereka terbukti sanggup menggabungkan burung dan ikan dalam satu sangkar sekaligus.

Jenis Sangkar Burung Unik

1. Sangkar unik untuk burung dan ikan

Gabungan sangkar dan aquarium (constanceguisset.com)

Gabungan sangkar dan aquarium (constanceguisset.com)

Sangkar burung yang didesain oleh Constanceguisset ini menggabungkan dua jenis hewan, burung dan ikan. Jadi, bagian sangkar burung dibuat tinggi memanjang (dimensi 43 x 43 x 157 cm) hingga masuk ke dalam aquarium ikan.

Kalau diperhatikan, tampak burung dan ikan menyatu dalam satu kandang, tapi sebenarnya kandang yang menyatu dengan aquarium tersebut mempunyai ruangan sendiri untuk tempat bertengger burung.

2. Sangkar unik dimasukkan aquarium

Sangkar di dalam aquarium (pinterest.com)

Sangkar di dalam aquarium (pinterest.com)

Berbeda dengan sangkar unik sebelumnya, sangkar yang satu ini terlihat lebih sederhana, yakni sangkar burung dimasukkan ke dalam aquarium.

Desainernya Robert Gligorov, dia membuat sangkar burung dari kaca, kemudian bagian atas diberi jaring-jaring agar burung tidak lepas.

Lalu, sangkar burung kaca ini diletakkan ke dalam aquarium dengan ketinggian air yang lebih rendah dari sangkar burung.

3. Sangkar burung digabung dengan meja

Meja sangkar (mymodernmet.com)

Meja sangkar (mymodernmet.com)

Sangkar burung buatan desainer Gregroire de Laforrest ini menyatu dengan meja. Bagian bawah meja didesain dengan sangkar berdinding jeruji, sementara bagian atas didesain dengan dinding kaca.

Meja sangkar ini dapat diletakkan di mana saja, asal tidak diletakkan di ruang makan. Kami tidak akan menjelaskan alasannya, silakan dibayangkan sendiri.

Meja sangkar bagian atas (mymodernmet.com)

Meja sangkar bagian atas (mymodernmet.com)

4. Sangkar Burung Unik Aviarium

Sangkar Burung Pleci Unik di Dalam Pot Aviarium (youtube.com)

Sangkar Burung Pleci Unik di Dalam Pot Aviarium (youtube.com)

Anda mungkin pernah melihat burung yang ditempatkan di habitat alami tapi masih dalam sangkar besar? Nah, konsep itu yang dipakai sebagai sangkar burung unik.

Kalau dilihat sekilas, sangkar burung ini memang unik. Sebab, dari atas terlihat sangkar biasa, tapi dalamnya ada tanaman hijau. Kemudian di bagian bawah ada pot aviarium.

Baca juga: Cara Membuat Sangkar Pleci Unik dalam Pot Aviarium

Tentu burung-burung di dalamnya sangat menyukai konsep sangkar unik seperti ini. Pasalnya, di dalamnya ada tanaman hijau asli yang bisa menyegarkan pernapasan.

Selain itu, Anda tidak perlu membersihkan sangkar setiap hari karena kotoran burung terurai di dalam tanah. Jadi, bagian tanahnya diberi cacing untuk menguraikan kotoran burung.

5. Sangkar Burung Unik di Bodi Motor

Modifikasi Motor Mio M3 Jadi Sangkar Burung Unik Viral (facebook.com)

Modifikasi Motor Mio M3 Jadi Sangkar Burung Unik Viral (facebook.com)

Beberapa waktu lalu sempat viral sangkar burung unik karena dibuat di bodi motor. Kalau ini terlalu unik tapi justru membahayakan burung. Kasihan lebih tepatnya.

Soalnya, burung diletakkan di bodi depan motor Mio berupa jaring-jaring kawat. Sudah pasti bila motor berjalan, angin kencang akan menerpa burung-burung di dalamnya.

Sangkar Burung Unik di Motor Mio M3 (facebook.com)

Sangkar Burung Unik di Motor Mio M3 (facebook.com)

Belum lagi bila turun hujan, pastinya burung-burung tadi ikut basah. Tak heran modifikasi motor jadi sangkar burung unik justru mendapatkan hujatan daripada pujian.

Baca juga: Viral Bodi Depan Motor Mio Dijadikan Sangkar Burung Unik

Kalau menurut kalian gimana? Sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.

Kesimpulan

Demikian beberapa sangkar burung unik paling langka di Indonesia. Dengan melihat desain sangkar tadi, semoga para pembuat sangkar burung di Indonesia bisa lebih kreatif dan mampu menciptakan bentuk-bentuk sangkar baru yang unik dan cantik.

Namun, sepertinya cukup tidak masuk akal menggabungkan ikan dan burung dalam satu lokasi yang sama. Meski terbatas alam darat dan air, tapi ada kemungkinan burung akan stres bila sering melihat ikan mondar-mandir di sekitarnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • sangkar burung unik
  • Sangkar unik
  • sangkar burung termahal
  • kandang burung unik
  • burung unik
  • sangkar perkutut unik
  • sangkar burung termewah
  • sangkar pleci unik
  • kandang burung dari galon

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.