4 Jenis Lovebird yang Paling Banyak Diternak di Indonesia

4 Jenis Lovebird yang Paling Banyak Diternak di Indonesia

Burungnya.com – Masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir berlomba-lomba untuk ternak Lovebird. Sebab, harga Lovebird sangat mahal. Namun, karena minimnya pengetahuan masyarakat, akhirnya semua jenis Lovebird diternak atau dikawinsilangkan. Akhirnya, kualitas keturunan Lovebird menurun, harga Lovebird pun ikut anjlok.

Saat ini hampir semua peternak Lovebird mengalami gulung tikar karena harga jual Lovebird sangat rendah. Terlebih penangkar Lovebird hybrid, Lovebird Cemong, dan Lovebird Barong.

Sementara, jenis Lovebird dari spesies murni masih banyak peminatnya. Walau harga Lovebird tersebut cenderung lebih mahal, tapi peminatnya justru bertambah. Mungkin sekarang kicau mania sudah menyadari kualitas Lovebird kelas atas harga belasan juta rupiah dibandingkan harga Lovebird hybrid ratusan ribu rupiah.

Baca juga: 6 Cara Memilih Indukan untuk Ternak Lovebird yang Paling Tepat

Gambaran Ternak Lovebird

Sebagai gambaran, hasil ternak 30 ekor Lovebird Josan Cemong dan Lovebird Kobalt Cemong sekitar Rp 4,5 juta (30 x Rp 150.000). Sedangkan hasil ternak 3 ekor Lovebird Euwing Fischeri sekitar Rp 4,5 juta (3 x Rp 1,5 juta).

Walau keuntungannya sama, tapi peternak tidak perlu lelah melakukan hand feeding kepada 30 ekor anakan Lovebird. Selain itu, 3 ekor Lovebird Euwing Fischeri lebih berpotensi cepat laku, ketimbang 30 ekor Lovebird Josan.

Kalau Lovebird tidak terjual, peternak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan dan makan sehari-hari. Jadi bila dihitung-hitung secara keseluruhan, tentunya lebih menguntungkan ternak Lovebird spesies murni.

Baca juga: 2 Cara Ternak Lovebird dan Parkit Lengkap dengan Hasil Silangan

Jenis Lovebird yang Paling Banyak Diternak di Indonesia

Apa saja jenis Lovebird yang banyak diternak masyarakat Indonesia? Jenis Lovebird di Indonesia bertambah banyak karena hasil mutasi antara Lovebird Hybrid. Padahal, dasarnya jenis Lovebird cuma sembilan, yakni sebagai berikut:

  1. Fischeri
  2. Personata
  3. Nyasa
  4. Red face
  5. Blackcheek
  6. Taranta
  7. Peach face
  8. Black collared
  9. Madagascar

Nah, dari sembilan jenis Lovebird tersebut, terdapat empat jenis Lovebird yang paling banyak diternak di Indonesia, yakni sebagai berikut:

Loading...

1. Fischeri

Lovebird Fischer (wikimedia)
Lovebird Fischeri (wikimedia)

2. Blackcheek

Lovebird Pipi Hitam (gbif)
Lovebird Pipi Hitam (gbif)

3. Nyasa

Lovebird Nyasa (hbw)
Lovebird Nyasa (hbw)

4. Personata

Lovebird Topeng (mascotarios)
Lovebird Topeng (mascotarios)

Semua jenis Lovebird tersebut awalnya warna hijau, tapi setelah menjalani kawin silang menghasilkan mutasi berbagai macam warna, seperti putih, biru, hitam, kuning, merah, dan lain-lain.

Empat jenis Lovebird ini memiliki 64 batang kromosom, jika disilangkan dengan empat jenis Lovebird yang sama, pasti hasilnya masih murni. Namun, bila empat jenis Lovebird tadi disilangkan dengan jenis Lovebird lain, maka hasilnya jadi Lovebird Hybrid dan harganya turun.

Contoh Ternak Lovebird Standar Jadi Hybrid

Modal Ternak dengan Jenis Lovebird Standar warna hijau Blackcheek dan Personata seharga Rp 1,7 juta. Nah, karena jenis Lovebird tersebut berbeda, maka hasilnya yang keluar jadi Lovebird Hybrid dengan harga per ekor di bawah Rp 250 ribu, seperti yang disadur dari LovebirdIndonesia.com (26/1/2018).

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Poligami 1 Jantan 3 Betina agar Berhasil

Harga Lovebird Hijau Standar di Awal Tahun Kemarin

  • Fischeri: di atas Rp 300 ribu
  • Personata: di atas Rp 500 ribu
  • Nyasa: di atas Rp 750 ribu
  • Blackcheek: di atas Rp 1,2 juta
  • Hybrid: di bawah Rp 250 ribu

Begitulah kalau berbeda jenis Lovebird dikawinsilangkan, maka hasilnya akan mengecewakan. Hal ini yang dilakukan sebagian banyak peternak Lovebird di Indonesia. Tak heran, sekarang harga Lovebird turun drastis.

Meski begitu, Lovebird lomba sepertinya masih belum terpengaruh karena harga Lovebird lomba masih mahal. Begitu juga dengan harga Lovebird warna untuk lomba Beauty Contest, harganya masih mahal.

Jadi, sebelum harga Lovebird semakin anjlok, lebih baik kembali ternak Lovebird murni. Kurangi ternak Lovebird Hybrid karena kicau mania sudah semakin pintar memilih Lovebird berkualitas daripada Lovebird murah tapi kurang berkualitas.

Demikian empat jenis Lovebird yang paling banyak diternak di Indonesia. Apabila kicau mania tidak mengawinsilangkan Lovebird Hybrid, pastinya sekarang harga Lovebird masih di atas rata-rata jenis burung lainnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • ewuing green lovebird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!