5 Jenis Sarang Burung Walet di Indonesia

Burungnya.com – Mungkin sebagian dari Anda mengira sarang burung Walet hanya berwarna putih. Padahal, sarang burung Walet memiliki banyak jenis dan warna. Jenis sarang burung Walet yang beragam biasanya dipengaruhi oleh lingkungan, seperti daerah asal, tingkat populasi, kebersihan udara, kebersihan sarang, dan standar air di rumah Walet.

Jenis sarang Walet yang bagus dan mahal pasti berwarna putih serta berbentuk mangkok. Namun, tidak asal putih dan berbentuk mangkok karena sarang Walet terbaik biasanya tanpa modifikasi seperti pemutihan dan pencampuran zat kimia.

Jadi, sarang Walet dikatakan bagus atau memiliki grade terbaik apabila sarang Walet dipanen sesuai bentuk aslinya tanpa ada perlakuan khusus.

Kalaupun ada perlakuan sepertinya cuma pembersihan kotoran yang menempel pada sarang Walet saja. Selebihnya, sarang Walet tetap dikemas sesuai bentuk aslinya agar terjaga kualitasnya dan menyehatkan bagi tubuh.

Loading...

Baca juga: 15 Fakta Menarik tentang Burung Walet dan Sarang Burung Walet di Indonesia

Soalnya, ada juga sarang Walet yang terlihat bagus tapi sudah mendapat banyak modifikasi, seperti pemutihan dengan bahan kimia berbahaya, penambalan agar terlihat sempurna, pengawetan, dan lain-lain.

Hal ini memang membuat sarang Walet terlihat bagus dan mahal, tapi mengurangi kandungan gizi dan kurang diminati di pasaran. Selain itu, negara-negara pengimpor kurang menyukai sarang Walet hasil modifikasi.

Oleh karena itu, pilihlah jenis sarang Walet terbaik yang alami dari penjual sarang Walet terpercaya. Jika Anda ingin bisnis atau membeli sarang Walet, pastikan Anda mengetahui beberapa jenis sarang burung Walet di Indonesia.

Baca juga: Kisah Sukses Pengusaha Sarang Burung Walet yang Punya 10 Istri, Omzet Per Tahun Rp 2 Miliar

Jenis Sarang Burung Walet di Indonesia

1. Sarang Walet Original (Originalnest), Bowl AAAA, Mangkok

Jenis Sarang Walet Mangkok (inbirdnest.com)
Jenis Sarang Walet Mangkok (inbirdnest.com)

Sarang Walet Original atau Originalnest ditentukan dari tingkat originalitas sarang. Semakin sedikit perlakuan terhadap sarang Walet, maka harganya semakin tinggi. Tak heran, sarang Walet dengan bentuk aslinya sempurna dijual sangat mahal.

Sarang Walet dengan grade tertinggi biasanya juga dipengaruhi oleh ukuran, seperti bentuk mangkok dengan ukuran 2 jari, 3 jari, hingga lebih dari 3 jari, sebagaimana yang disampaikan oleh Sarangwalet.id (4/4/2017).

Namun, yang paling diunggulkan dari semua jenis sarang Walet adalah sarang Walet jenis mangkok yang tidak melalui proses modifikasi sama sekali. Sarang Walet seperti ini biasanya dibuat dari bahan baku plontos atau bulu ringan.

Jadi, penjual hanya mencabut bulu ringan pada sarang Walet melalui proses dry processing dan menghilangkan kuman dengan cara steam atau penguapan. Bahkan, pencabutan bulu dilakukan manual dan hati-hati tanpa merusak tulang atau serat pada sarang Walet.

Terakhir dilakukan pembersihan dari kotoran yang tidak bisa dimakan. Sehingga, kondisi sarang Walet tetap untuh sesuai bentuk aslinya.

Baca juga: Bentuk dalam Rumah Walet Ini Bikin Walet Betah dan Cepat Buat Sarang

Sarang Walet yang sudah dimodifikasi biasanya bagian tekstur dalam atau perut terasa halus. Kemungkinan bagian dalam sarang sudah ditambal dan diberi campuran zat tertentu agar bentuk sarang Walet terlihat sempurna.

2. Sarang Walet Merah atau Rednest

Jenis Sarang Walet Merah (birdineverything.blogspot.com)
Jenis Sarang Walet Merah (birdineverything.blogspot.com)

Mengapa sarang Walet ada yang berwarna merah? Karena sarang Walet tersebut bercampur antara air liur dan darah. Darah di sini bukan berasal dari perkelahian atau suatu penyakit tapi fase di mana burung Walet sedang mengeluarkan atau membuang telurnya.

Harga sarang Walet Merah menjadi mahal karena hal seperti ini jarang terjadi dan langka. Sayang, banyak oknum yang memanfaatkan hal tersebut dengan mencurangi warna sarang Walet melalui penambahan pewarna amoniak atau feses dari kotoran Walet itu sendiri.

Kalau sudah dicampur kotoran, tentu sarang Walet menjadi berbahaya dan tidak menyehatkan tubuh. Tingkat kebersihan sarang Walet menjadi rendah dan tidak layak konsumsi.

Jika Anda ingin membeli sarang Walet merah, lebih baik membeli langsung di rumah Walet tempat penangkarannya agar Anda mengetahui tingkat keaslian dan tingkat kebersihan sarang Walet merah.

3. Sarang Walet Sudut (Triangle) atau Segitiga

Jenis Sarang Walet Sudut atau Segitiga (youtube.com)
Jenis Sarang Walet Sudut atau Segitiga (youtube.com)

Seperti namanya, sarang Walet Sudut mempunyai bentuk segitiga dengan sudut-sudut yang meruncing. Sarang Walet ini berbentuk segitiga atau Triangle karena berada di lokasi sudut-sudut rumah Walet.

Namun, jika dimakan tekstur sarang Walet Sudut tidak seempuk sarang Walet mangkok. Di samping itu, ukuran sarang Walet Sudut lebih kecil dari jenis sarang Walet mangkok.

4. Sarang Walet Strip

Jenis Sarang Walet Strip (jualsarangwalet.com)
Jenis Sarang Walet Strip (jualsarangwalet.com)

Sarang Walet Strip dihargai lebih murah dari yang lain karena bentuknya tak beraturan atau terlihat seperti sobek-sobek tapi masih tampak seperti mangkok. Sarang Walet Strip dibuat dari jenis sarang Walet Mangkok atau Sudut, tapi tanpa dicetak setelah menjalani proses pembersihan.

Sarang ini sengaja tidak dicetak seperti mangkok karena digunakan untuk campuran makanan seperti sup Walet. Oleh karena itu, harga sarang Walet Strip murah. Meski begitu, kandungan gizi dan rasanya tetap sama dengan jenis sarang Walet yang lain.

5. Sarang Walet Patahan (Broken)

Jenis Sarang Walet Patahan atau rusak (yunanibirdnest.wordpress.com)
Jenis Sarang Walet Patahan atau rusak (yunanibirdnest.wordpress.com)

Sarang Walet Patahan disebut juga sarang Walet rusak karena bentuknya tidak sempurna. Kerusakan sarang Walet sendiri disebabkan oleh kesalahan dalam menggunakan alat saat panen, kerusakan saat pengiriman, dibuat dari sisa-sisa sarang Walet, dan jatuh dari rumah sarang burung Walet.

Harga sarang Walet Patahan menjadi yang paling murah karena bentuknya tidak beraturan atau patah-patah. Sebenarnya wajar kalau harganya murah, karena kualitas dan bentuknya memang tidak sebaik sarang Walet mangkok. Namun, sarang Walet patahan tetap mempunyai peminatnya tersendiri.

Baca juga: 5 Kekurangan Burung Walet yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Demikian beberapa jenis sarang burung Walet di Indonesia. Harga sarang Walet disesuaikan dari jenis dan kualitasnya. Untuk harga termahal masih dipegang oleh sarang Walet mangkok, Bowl AAAA, sarang Walet original, dan sarang Walet merah atau rednest. Sedangkan sarang Walet termurah yaitu sarang Walet patahan atau broken.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • harga sarang burung walet jenis bowl grade AAAA
  • jenis sarang walet termahal
  • sarang sudut dan mangkok yg standar

Berikan komentar