5 Kekurangan Burung Walet yang Tidak Diketahui Banyak Orang

5 Kekurangan Burung Walet yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Burungnya.com – Burung Walet dikenal mempunyai banyak kelebihan karena sarang burung Walet mampu membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan bernilai jual tinggi. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa burung Walet ternyata mempunyai kekurangan.

Apa saja kekurangan atau kelemahan burung Walet? Sebenarnya, bukan termasuk kekurangan dalam artian yang sebenarnya, tapi lebih ke fakta mengejutkan tentang burung Walet yang tidak diketahui banyak orang dan sangat berbeda dengan burung-burung peliharaan di rumah.

Walau bentuk fisik tubuhnya sama dengan burung-burung kicau di rumah, tapi pasti sebagian besar di antara Anda (masyarakat umum) jarang melihat burung Walet secara langsung. Kalaupun pernah melihat pasti Anda hanya melihat saat burung Walet terbang atau di tayangan televisi ataupun YouTube.

Hal ini wajar mengingat burung Walet menyukai ketenangan dan tempat sepi serta sejuk. Mereka sebenarnya tidak menyukai tempat ramai, seperti lalu lalang manusia atau suara kendaraan di jalan. Oleh karena itu, fakta tentang kekurangan burung Walet jarang diketahui banyak orang.

Loading...

Untung salah satu peternak burung Walet mau berbagi informasi terkait kekurangan dan kelemahan burung Walet. Seperti yang dikutip dari Duniawalet.co.id (20/12/2017), setidaknya ada lima kekurangan burung Walet. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Burung Walet tidak mampu berdiri tegak

Burung Walet tidak bisa berdiri tegak (picssr.com)
Burung Walet tidak bisa berdiri tegak (picssr.com)

Jika semua jenis burung bisa berdiri tegak, maka burung Walet malah tidak bisa melakukannya. Ini disebabkan karena kakinya terlalu lemah, sehingga tidak bisa menopang berat tubuhnya.

Burung Walet hanya mampu menempelkan tubuhnya di dinding-dinding goa, bebatuan, balok, atau bidang lain yang permukaannya kasar. Burung Walet menempelkan dengan cara mencengkeram kuat bidang yang dia hinggapi.

Ya, walau kaki Walet lemah, tetapi kukunya begitu tajam. Maka tak heran, burung Walet bisa mencengkeram dinding atau papan dalam sudut kemiringan vertikal.

Jika Anda pernah melihat burung yang menyerupai Walet hinggap di dahan pohon atau bertengger di kabel listrik, bisa dipastikan itu bukan burung Walet, melainkan burung Seriti Kembang dengan nama latin (Hirundo javanica).

Burung Seriti Kembang memang mempunyai kemiripan dengan burung Walet. Dia memiliki gaya terbang yang sama dengan Walet, bahkan burung Seriti Kembang juga berkoloni. Bedanya, burung Seriti Kembang mempunyai bulu berwarna cokelat kehitaman dan dagu merah muda.

Sementara, cara makan burung Seriti Kembang sama seperti burung Walet, yakni menyambar serangga yang terdapat di sawah hingga kebun. Biasanya, burung Seriti Kembang bersarang di teras toko-toko dengan bahan sarang yang terbuat dari tanah. Diketahui pula, burung Seriti Kembang tidak takut terhadap manusia dan kendaraan lainnya.

2. Burung Walet mati jika dimasukkan kandang

Burung Walet termasuk burung yang suka berpindah-pindah dan menyukai hidup bebas. Jika burung Walet dimasukkan kandang atau dikurung, maka dia akan mati. Ya, walaupun di kandang sudah disediakan banyak sekali serangga, tetapi dalam jangka waktu 1-2 minggu, burung Walet tetap akan meninggal.

Baca juga: Kisah Sukses Pengusaha Sarang Burung Walet yang Punya 10 Istri, Omzet Per Tahun Rp 2 Miliar

Pernah ada uji coba, burung Walet dimasukkan kandang yang terbuat dari jaring dengan luas sekitar 10 x 20 meter dan tinggi 8 meter. Di dalam kandang tersebut sudah diberi serangga hidup serta serangga mati yang diterbangkan menggunakan mesin, tetapi dalam hitungan minggu burung Walet tetap mati.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Pasalnya, burung Walet mempunyai habitat di tempat yang luas agar bisa terbang bebas. Burung Walet juga butuh lintasan yang luas untuk menyambar mangsanya. Selain itu, saat musim kawin, burung Walet membutuhkan tempat yang tinggi untuk melayang-layang sambil bercumbu di udara.

3. Burung Walet tidak bisa makan di tempat gelap

Burung Walet mempunyai mata yang kecil, sehingga jika berada di tempat yang gelap atau kurang cahaya, dia tidak akan bisa menyambar mangsanya. Tak heran, jika peternak menyediakan serangga di dalam gedung, pasti burung Walet tidak memakannya.

Baca juga: Desain Rumah Walet Minimalis Model Zigzag dan Perhitungan Biaya

Selain itu, burung Walet bisa menabrak dinding jika makan serangga di dalam gedung atau kandang yang besar. Sebab, saat burung Walet makan, dia butuh manuver-manuver untuk terbang menukik atau berbelok tajam

4. Burung Walet tidak bersarang di pohon

Burung Walet tidak bisa mematuk dan tidak bersarang di pohon (mapio.net)
Burung Walet tidak bisa mematuk dan tidak bersarang di pohon (mapio.net)

Jika sebagian besar burung bersarang di pohon, maka burung Walet tidak demikian. Burung Walet tidak pernah bersarang di pohon. Apabila Anda melihat burung yang mirip Walet bersarang di pelepah daun palem, bisa dipastikan itu bukan burung Walet, tetapi burung Seriti Kembang.

Burung Walet sengaja tidak tinggal di dahan pohon agar sarangnya tidak terkena rembesan air. Sarang burung Walet mudah sekali terlepas jika terkena air.

Oleh sebab itu, sering dijumpai burung Walet bersarang di bawah jembatan yang kering dan dinding goa yang kering.

5. Burung Walet tidak bisa mematuk

Biasanya hewan yang memiliki paruh bisa mematuk, tapi burung Walet justru tidak bisa mematuk. Burung Walet hanya bisa makan dengan cara menyambar serangga. Kalau dia diberi makanan di dalam cepuk seperti burung kicauan lainnya, pasti makanan tersebut tidak akan dimakan.

Dari lahir burung Walet sudah terlatih untuk menyambar serangga yang terbang. Ini termasuk keuntungan para peternak Walet, sebab mereka tidak perlu menyiapkan pakan sehari-hari karena burung Walet mencari makan sendiri di area perkebunan, sawah, hutan, serta rawa-rawa.

Beberapa poin di atas mungkin sempat membuat Anda tidak percaya. Namun, begitulah fakta sebenarnya tentang burung Walet. Rahasia ini dibagikan sendiri oleh pakar peternak burung Walet yang sudah lama berkecimpung di dunia Walet dan sarang burung Walet.

Demikian lima kekurangan burung Walet yang tidak diketahui banyak orang. Semoga info ini bisa menambah wawasan Anda tentang kehidupan burung Walet.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • apakah burung walet bisa menukik tajam
  • walet terbang tidak tenang
  • mengobati walet yang tidak bisa terbang
  • mengapa walet tdk pernah hinggap di pohon?
  • kicauan walet terbang
  • kenapa burung wallet kena tanah mati
  • doping lovbret sarang walet
  • cengkraman kuku burung walet
  • burung walet membutuhkan tempat yg pengap anget
  • burung seriti hinggap di pohon

Comment here