5 Rahasia Ternak 1 Murai Batu Jantan dan 3 Betina dalam 1 Kandang

Burungnya.com – Agar ternak burung Murai Batu sukses, banyak kalangan peternak menerapkan teknik poligami. Artinya sama seperti poligami pada manusia, yakni seorang pria menikah dengan beberapa wanita. Nah, kali ini 1 ekor Murai Batu jantan diternak dengan 3 ekor Murai Batu betina sekaligus dalam satu kandang.

Sebenarnya, ternak poligami bukan termasuk hal baru dalam dunia penangkaran. Namun, teknik poligami pada Murai Batu biasanya menggunakan beberapa kandang, bukan satu kandang seperti teknik poligami Murai Batu yang diterapkan oleh Mr Iwan pemilik One Center BF, seperti yang disadur dari Burungnews.com (15/5/2018).

Tim One Center BF (burungnews.com)
Tim One Center BF (burungnews.com)

Masalah Umum Poligami Murai Batu

Jelas ini sulit diterapkan oleh beberapa penangkar Murai Batu. Pasalnya, Murai Batu merupakan burung tipe petarung yang sulit berjodoh dengan banyak burung betina. Walau sudah berjodoh pun kalau pejantan melihat betina lain, biasanya si pejantan akan menghajar Murai Batu betina sampai mati.

Oleh karena itu, teknik poligami Murai Batu sering diterapkan dengan cara mengawinkan 1 Murai Batu jantan dengan 1 Murai Batu betina. Jika betina sudah bertelur, maka pejantan dipindah ke kandang betina lainnya, begitu seterusnya.

Loading...

Baca juga: Berkat Sang Istri, Suami Gajian Rp 70 Juta Per Bulan dari Burung Murai Batu, Begini Kisahnya

Cara seperti itu sudah dilakukan oleh beberapa penangkar dan terbilang sukses. Namun, cara poligami yang diterapkan Mr Iwan berbeda karena poligaminya dilakukan di satu kandang yang sama. Jadi ada 4 ekor Murai Batu dalam kandang yang sama kemudian kawin bersama.

Apakah Murai Batu tadi tidak saling menyerang? Tentu pertanyaan seperti ini akan muncul mengingat burung Murai Batu sulit disatukan dengan Murai Batu lainnya. Ya, Murai Batu termasuk burung teritorial yang akan menjaga rumahnya agar tidak dikuasai burung lain.

Namun, Mr Iwan mengaku mempunyai rahasia dalam hal poligami ternak Murai Batu. Sehingga 1 Murai Batu jantan dan 3 Murai Batu betina tidak akan bertengkar dalam satu kandang. Mereka akan rukun dan akur karena Murai Batu jantan bisa berlaku adil terhadap semua Murai Batu betina.

Baca juga: Nekat Jual 2 Ekor Sapi Untuk Beli Murai Batu, Ibu Ini Jadi Sukses

Ternak Poligami 1 Murai Batu jantan dan 3 Murai Batu betina (burungnews.com)
Ternak Poligami 1 Murai Batu jantan dan 3 Murai Batu betina (burungnews.com)

Rahasia Ternak Poligami Murai Batu dalam Satu Kandang

  1. Ukuran kandang ternak poligami 2 meter x 2 meter.
  2. Indukan Murai Batu betina harus dibiasakan dalam satu sangkar sejak masih kecil.
  3. Saat dijodohkan atau dipertemukan dengan Murai Batu jantan, sebaiknya Murai Batu betina sudah dalam kondisi siap atau pada masa-masa birahi.
  4. Peternak harus bisa mengenali karakter Murai Batu jantan. (Breeder yang sudah berpengalaman mungkin tidak kesulitan melakukannya).
  5. Murai Batu jantan harus yang sabar dan bukan tipe petarung. (Cukup sulit mencari Murai Batu seperti ini sehingga infonya dirahasiakan).

Sebagian rahasia ternak poligami mungkin tidak disebutkan oleh Mr Iwan. Hal ini wajar karena rahasia perusahaan tidak boleh disebarkan secara menyeluruh. Yang terpenting inti dari poligami ternak 1 Murai Batu jantan dan 3 Murai Batu betina dalam satu kandang sudah sedikit dibocorkan oleh Mr Iwan.

Untuk proses ternaknya sendiri, Anda bisa langsung praktek dengan 1 jantan dan 3 betina Murai Batu. Berhasil atau tidak, yang terpenting Anda akan mendapatkan pengalaman berharga untuk menjemput sukses di kemudian hari.

Oh iya, jangan lupa menggunakan indukan Murai Batu jantan juara yang sering menang lomba. Sebab, Mr Iwan selalu menggunakan indukan berkualitas dalam setiap penangkarannya. Sebut saja, Murai Batu Hercules, Ranger, Dewa, dan Sniper. Semua Murai Batu jawara tersebut sudah diternakkan di One Center BF. Maka tak heran, anakan yang dihasilkan One Center BF selalu menjadi rebutan kicau mania.

Baca juga: Baru 1 Tahun Ternak Murai Batu, Penghasilan Pria Ini Rp 25 Juta

Mr Iwan sudah memulai ternak Murai Batu sejak tahun 2006. Dia berani keluar dari pekerjaan di bank swasta demi menekuni usaha budidaya ternak Murai Batu. Saat ini, penangkaran Mr Iwan berada di jalan Empunala No. 387, Kota Mojokerto. Di sana ada sekitar 120 kandang indukan Murai Batu yang menghasilkan piyikan antara 35-50 ekor setiap bulan. Kemudian, Mr Iwan juga memiliki penangkaran lain di Surodinawan dan Canggu, Mojokerto.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • ukuran kandang ternak burung kacer poligami
  • cara poligami lovebird 1 jantan 2 betina
  • kandang ternak yg baik utk mb
  • cara menjodohkan muray jantan dan betina kacer
  • cara menjodohkan kacet dan murai
  • cara memahami karakter murai batu jantan dan betina
  • bisa ngak murai di satu kandang sama kacer
  • Benarkah murai kawin satu sarang anakan jadi blorok
  • archive murai batu
  • apa penyebab murai ternakan mati satu per satu

Berikan komentar