7 Cara Melatih Kacer Agar Selalu Siap Dilombakan

7 Cara Melatih Kacer Agar Selalu Siap Dilombakan

Burungnya.com – Tidak semua burung Kacer siap dilombakan, apalagi jika kondisi burung kurang fit. Maka dari itu, perawatan burung Kacer untuk lomba memang harus diperhatikan.

Paling tidak, Anda bisa membedakan perawatan harian Kacer rumahan dan perawatan Kacer lomba di lapangan. Jika perawatan keduanya disamakan maka hasilnya tentu tidak akan memuaskan.

Performa burung Kacer jadi tidak maksimal dan perilaku buruk lainnya, seperti Kacer naik turun tangkringan, Kacer diam saja, Kacer ngeruji, dan Kacer ngebalon atau mengembangkan bulu-bulunya.

Baca juga: Pernah Ditawar Rp 60 Juta, Kacer Mahal Ini Ternyata Harganya Rp 118.888.888

Loading...

Nah, agar burung Kacer selalu siap dilombakan, Anda harus melatih Kacer dan menjalankan beberapa perawatan khusus.

Apa saja perawatan dan pelatihan agar Kacer selalu siap dilombakan? Berikut beberapa latihan dan perawatan Kacer untuk lomba.

  1. Jika burung Kacer Anda terbiasa diberi pakan voer, maka sebaiknya merek voer tersebut jangan digonta-ganti. Ini penting karena kalau terlalu sering gonta-ganti pakan voer hasilnya malah bisa menurunkan performa burung Kacer.
  2. Settingan Extra Fooding (EF) Kacer disesuaikan dengan settingan lomba. Misalnya, jika diberi jangkrik, maka jumlahnya ditentukan, pagi berapa ekor dan sore berapa ekor. Cari jumlah EF yang paling digemari Kacer. Selain jangkrik, Anda bisa memberikan serangga seperti belalang hijau, orong-orong, kroto, ulat Hong Kong, cacing tanah, ulat bambu , ulat bumbung, dan lain-lain.
  3. Masteran untuk Kacer lomba dapat dilakukan menggunakan perangkat MP3 di ponsel atau suara burung masteran di YouTube.
  4. Agar mental fighter Kacer terus membara, sebaiknya saat menggantang di teras, Kacer jangan didekatkan dengan burung sejenis. Pasalnya, Kacer adalah burung teritorial yang suka menguasai wilayah. Dia suka hidup sendirian seperti ikan cupang.
  5. Burung Kacer dijemur sebelum jam 10.00 agar burung tidak kepanasan. Selain itu, panas sinar matahari di jam-jam tersebut lebih menyehatkan karena mengandung vitamin D cukup tinggi. Selain menjaga kesehatan, Kacer dijemur agar bulu-bulunya terbebas dari kutu.
  6. Untuk melatih pernapasannya, burung Kacer perlu diumbar di kandang polier atau kandang umbaran setiap seminggu sekali. Tak hanya latihan napas panjang, pengumbaran Kacer bisa memperkuat otot bagian sayap dan dada serta meningkatkan stamina.
  7. Jika Anda sedang tidak repot, burung Kacer dapat dimandikan pada malam hari. Waktu pemandian cukup seminggu sekali. Tujuan Kacer mandi malam agar birahinya tetap stabil. Burung Kacer yang birahinya stabil, dia siap dilombakan kapan saja.

Demikian beberapa cara melatih Kacer agar selalu siap dilombakan. Cara-cara yang kami sampaikan bersifat umum karena setiap burung mempunyai setingan masing-masing.

Baca juga: 5 Jenis Burung Kacer Terbaik Lengkap dengan Gambarnya

Nah, tugas Anda di sini mencari settingan lomba Kacer yang pas untuk burung peliharaan Anda di rumah. Sebab, jika semua burung disamakan settingannya pasti tidak akan berhasil saat dilombakan dan hasilnya tidak akan maksimal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • Yang bagus di dekatkan dengan kacer
  • cara perawatan kacer agar selalu figher
  • cara menguntul burung kacer
  • Cara mengatang kacer
  • cara membagi waktu merawat dua kacer di rumah agar selalu siap lomba
  • cara melatih kaceur
  • cara melatih kacer biar punya me
  • cara jitu kacer supaya birahinya setabil gacor
  • cara cepat bikin burung kacer siap tarung
  • cara agar selalu siap

Comment here