8 Cara Membersihkan Sangkar Burung Kotor, Bau, Berkarat, dan Jamuran

8 Cara Membersihkan Sangkar Burung Kotor, Bau, Berkarat, dan Jamuran

Share artikel ke teman:

Burungnya.com – Kebersihan sangkar burung merupakan faktor utama dalam hal kesehatan, baik kesehatan burung itu sendiri ataupun kesehatan manusia yang memelihara burung. Pasalnya, kotoran burung yang menumpuk dan jarang dibersihkan dapat menyebabkan penyakit berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan sangkar burung yang kotor, agar tidak bau, berkarat, dan jamuran.

Bagaimana cara membersihkan sangkar burung yang baik dan benar? Sangkar atau kandang burung dapat dibersihkan hanya dengan menyiramkan air saja. Namun, cara seperti ini kurang maksimal karena kotoran burung biasanya menempel dan sulit dibersihkan kalau hanya menggunakan air.

Lantas, gimana solusi membersihkan sangkar burung yang kotorannya sulit dibersihkan? Untuk masalah kotoran burung yang membandel, Anda dapat membersihkannya dengan sikat gigi bekas dan sabun cuci piring.

Baca juga: Unik, Begini Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Kenari Pakai Sabun Cuci Piring

Loading...

1. Cara Membersihkan Sangkar dari Kotoran Burung

Kotoran burung yang cukup lama tidak dibersihkan biasanya akan mengering dan membantu. Tentu ini akan sulit dibersihkan kalau cuma diguyur dengan air. Anda harus menyikat kotoran tersebut dengan sikat gigi bekas atau sikat kecil lainnya.

Setelah disikat, Anda dapat membilasnya dengan air. Walau sangkar burung sudah terlihat bersih, tapi Anda harus tetap membersihkannya lagi menggunakan sabun cuci piring. Dengan sabun tersebut, bakteri, kuman, virus, dan penyakit yang hinggap di bekas kotoran akan hilang sempurna.

Jangan lupa, bersihkan bagian tangkringan atau tenggeran burung karena kaki burung yang kotoran biasanya menempel di tangkringan atau tenggeran. Hal ini membuat bakteri dan kuman juga ikut menempel pada tangkringan. Kalau tangkringan tidak dibersihkan maka kaki burung juga akan terkena penyakit. Biasanya ditandai dengan burung mengangkat satu kaki.

Kalau mau simpel dalam membersihkan sangkar burung, maka bagian alas sangkar diberi koran atau karpet saja. Dengan begitu, Anda cukup mengeluarkan koran yang sudah terkena kotoran dan menggantinya dengan koran baru. Jika Anda memasang karpet, maka Anda tinggal membersihkan karpetnya saja. Sehingga proses pembersihan sangkar burung terasa lebih cepat dan praktis.

2. Cara Menghilangkan Bau di Sangkar Burung Pakai Air Jeruk

Sangkar burung yang lama tidak dibersihkan akan meninggalkan bau tak sedap atau menyengat. Solusinya, sangkar burung harus dibersihkan dengan cara alami agar bau menyengat pada sangkar burung hilang.

Cara alami yang bisa dipakai untuk membersihkan sangkar burung yakni menggunakan air jeruk. Air jeruk dinilai ampuh dalam membasmi kuman penyakit dan membuat sangkar terasa seperti baru.

Tips menghilangkan bau pada sangkar burung sebagai berikut:

  • Siapkan 2 buah jeruk nipis, kemudian iris menjadi beberapa potongan.
  • Setelah itu, peras jeruk dan ambil airnya untuk dicampur ke dalam gelas yang sudah berisi air hangat.
  • Setelah tercampur, masukkan 2 sendok teh baking ke dalam gelas tadi.
  • Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Kalau sudah tercampur, tuangkan air jeruk ke dalam semprotan.
  • Lalu, semprotkan ramuan air tadi pada bekas kotoran yang menempel di sangkar, seperti di alas sangkar, tangkringan, tempat pakan minum, dan jeruji.
  • Setelah selesai tunggu sebentar, agar ramuan tadi bekerja. Terakhir, bilas kandang dengan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari, sebentar saja.

3. Cara Menghilangkan Bau di Sangkar Burung Pakai Cuka Putih

Hampir sama dengan perasan air jeruk nipis, Anda bisa menghilangkan bau tak sedap pada sangkar burung menggunakan cuka putih.

Cara yang harus dilakukan untuk membersihkan kandang sebagai berikut:

  • Cuka putih secukupnya dicampur dengan air panas.
  • Masukkan adonan tersebut ke dalam semprotan atau sprayer.
  • Kocok-kocok, kemudian semprotkan ke sangkar, terutama pada bagian kotoran burung yang menempel, seperti penampung kotoran, tenggeran, dan tempat pakan minum, serta jeruji.
  • Setelah itu akan tercium aroma cuka yang menyengat. Namun, cuka tersebut akan menyerap bau tak sedap pada sangkar dan akhirnya bau tak sedap tersebut akan hilang.
  • Cara lainnya, campurkan 1 cangkir cuka putih dengan 1 cangkir baking soda, lalu tambahkan air panas. Setelah tercampur siramkan pada bagian-bagian sangkar yang kotor dan bau.
  • Jika sudah disiram cuka, maka bilas sangkar dengan air bersih agar sangkar burung terlihat baru lagi.

4. Cara Membersihkan Tempat Pakan dan Minum Burung

Wadah pakan dan minum burung biasanya berjamur karena kecipratan air dan campuran kotoran burung. Cara membersihkannya cukup mudah yaitu dengan menggunakan spon dan sabun cuci piring.

Kalau sudah dibersihkan dengan spon dan sabun cuci piring, silakan dibilas dengan air panas atau air hangat. Setelah bersih, keringkan tempat pakan dan minum di bawah sinar matahari. Namun, durasinya jangan terlalu lama, cukup sebentar saja.

5. Cara Membersihkan Botol Semprotan Burung

Semprotan mandi burung lebih cepat jamuran karena terkena sinar matahari. Cara membersihkan semprotan burung yang berjamur bisa dilakukan memakai asam sitrat atau citric acid.

Tips membersihkan kotoran pada botol semprotan atau sprayer:

  • Botol semprotan diberi sedikit air.
  • Asam sitrat dimasukkan ke dalam botol semprotan dan didiamkan selama 10 menit.
  • Setelah selesai, botol semprotan dibilas dengan air bersih.
  • Jika jamur membandel dan sulit hilang, maka campur asam sitrat dengan air panas.

6. Cara Membersihkan Sangkar atau Keramba yang Berkarat

Sangkar atau Kandang dari bahan besi dan metal sering sekali menjadi berkarat jika sudah dipakai dalam waktu yang lama. Sebenarnya sangkar berkarat merupakan tanda bahwa sangkar harus dicat kembali agar terlihat seperti baru.

Namun, ada cara lain untuk membersihkan karat pada sangkar burung, yakni pakai asam sitrat.

Sangkar burung yang berkarat bisa dibersihkan karatnya menggunakan asam sitrat. Caranya, asam sitrat ditaburkan pada sangkar atau bagian sangkar yang berkarat.

Jika yang berkarat bagian jeruji, maka asam sitrat ditaruh ke wadah dan ditambahkan air panas. Setelah itu, baru diusapkan campuran asam sitrat ke jeruji besi sangkar.

Apabila yang berkarat bagian alas, seperti bagian bawah keramba mandi, maka Anda tinggal menambahkan air panas dan asam sitrat di bak mandi tersebut. Tunggu 10 menit, kemudian gosok-gosok bagian yang berkarat menggunakan sikat dan karat tadi akan hilang dengan sendirinya.

7. Cara Membersihkan Sangkar Burung Pakai FreshAves

Sangkar burung yang kotor dapat dibersihkan dengan FreshAves. Bagi yang belum tahu FreshAves, obat ini adalah desinfektan khusus burung yang aman bagi burung dan kesehatan manusia. FreshAves mengandung permethrine serta piperonyl butoxide yang merupakan bahan pestisida yang aman untuk hewan peliharaan dan manusia.

Zat aktif tersebut mampu mencegah dan membasmi berbagai jenis parasit (seperti tungau dan kutu), bakyeri, serta jamur (fungi). Bahkan karena kandungannya yang aman, FreshAves juga bisa digunakan untuk memandikan burung yang terinfeksi kutu, seperti yang disadur dari Omkicau.com (7/1/2018).

Cara pemakaian FreshAves untuk membersihkan sangkar burung:

  • Tuang 5 gram FreshAves ke dalam air bersih. Kemudian, masukkan air larutan ke dalam semprotan burung.
  • Semprotkan FreshAves ke bagian-bagian sangkar burung yang kotor, seperti alas sangkar, tangkringan, sela-sela jeruji, sambungan sangkar, serta retakan pada sangkar burung.
  • Jika sudah selesai disemprot, jangan lupa sangkar dibilas dengan air bersih dan keringkan sebentar di bawah terik sinar matahari.

8. Cara Mengilapkan Sangkar Burung Kayu Jamuran

Sangkar burung dari bahan kayu mudah sekali jamuran dan terlihat bercak-bercak putih. Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami, seperti biji kemiri.

Caranya, biji kemiri dibakar sampai keluar minyaknya. Kemudian, hasil pembakaran biji kemiri dimasukkan kain yang dapat menyerap air. Lalu, digosokkan pada permukaan sangkar kayu sampai merata.

Cara lainnya, biji kemiri ditumbuk sampai halus lalu dibungkus kassa atau kain kaos. Setelah itu, dilapkan atau digosokkan pada permukaan sangkar kayu yang jamuran atau keluar bercak putih.

Setelah digosok pakai biji kemiri, jangan lupa sangkar burung dibersihkan dengan air lalu dilap dengan kain bersih dan dikeringkan sebentar di bawah sinar matahari.

Sangkar (Alfatamusic.wordpress.com)
Sangkar (Alfatamusic.wordpress.com)

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca artikel Tips Hemat Mengilapkan Sangkar yang Kusam Menggunakan Bahan Seadanya.

Demikian beberapa cara membersihkan sangkar burung kotor, bau, berkarat, dan jamuran. Cara-cara ini sebagian besar berasal dari bahan alami, sehingga aman untuk burung dan manusia. Saran kami, agar sangkar burung tidak kotor, bau, berkarat, dan jamuran, sebaiknya Anda rutin membersihkan sangkar burung setiap hari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cara membersihkan kandang burung
  • cara mengilangkan sangkar kayu jamuran
Share artikel ke teman:

Jika ada yang ditanyakan silakan berkomentar