Skip to content

12 Jenis Burung Kicau Terbaik Paling Populer di Pulau Jawa Indonesia

Pasar Burung (flickr.com)

Burungnya.com – Berbagai jenis burung kicau terbaik bertebaran di seluruh pulau di Indonesia. Burung-burung ini tersebar mulai dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara, Bali, hingga Jawa. Semua burung yang ditemukan di sana memiliki keunikan masing-masing.

Dari semua burung yang tersebar di Indonesia, kami mengamati beberapa jenis burung kicau terbaik di Pulau Jawa, terutama pengamatan tentang minat penghobi burung di Pulau Jawa. Pengamatan kami fokuskan pada forum dan komunitas di media sosial Facebook yang tersebar di hampir setiap kota di Pulau Jawa.

Alhasil, kami menemukan sepuluh jenis burung kicau yang bisa dibilang paling digemari atau paling populer di Pulau Jawa. Jika Anda termasuk orang yang tinggal di Pulau Jawa pastinya Anda juga akan menyukai salah satu dari sepuluh jenis burung kicau tersebut.

Penasaran, jenis burung kicau apa saja yang paling digemari masyarakat di Pulau Jawa? Berikut jenis burung kicau lengkap dengan nama-nama burung dan gambarnya.

Jenis Burung Kicau Terbaik

1. Lovebird atau Burung Cinta

Lovebird (carolinabirds)

Lovebird (carolinabirds)

Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai warna paling indah dan cantik. Maka tak heran, Lovebird sering dikembangbiakkan oleh para penghobi burung hanya untuk mencari warna-warna baru dan langka. Semakin langka warna Lovebird, maka harga jualnya semakin tinggi.

Sayangnya, saat ini harga Lovebird menurun drastis. Lovebird mempunyai warna yang menawan dan cantik. Suara Lovebird disebut ngekek atau burung ketawa. Sekarang harga Lovebird masih tinggi kalau diikutkan lomba. Sementara Lovebird ternak biasa akan sulit naik harganya.

Kendati demikian, pada dasarnya Lovebird hanya terdiri dari sembilan jenis saja, seperti Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis), Lovebird Topeng (Agapornis personata), Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae), Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis), Lovebird Fischer (Agapornis fischeri), Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), Lovebird Madagaskar (Agapornis cana), Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria), dan Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana).

2. Burung Murai Batu

Burung Murai Batu (nopincode.com)

Burung Murai Batu (nopincode.com)

Salah satu jenis burung kicau yang terkenal di negara Indonesia dan mancanegara adalah Murai Batu. Tahukah Anda, burung Murai Batu dari Indonesia memiliki keunikan serta ciri khas suara yang tidak dimiliki oleh burung impor dari mancanegara.

Ya, burung Murai Batu yang terpopuler di Indonesia, kebanyakan berasal dari Sumatera, seperti burung Murai Batu Lampung, burung Murai Batu Medan, burung Murai Batu Aceh, burung Murai Batu Lahat, burung Murai Batu Jambi, dan burung Murai Batu Nias.

Selain itu, terdapat pula beberapa jenis burung Murai Batu lain, seperti burung Murai Batu Kalimantan atau Borneo dan burung Murai Batu Jawa atau Larwo. Adapun burung Murai Batu mancanegara biasanya berasal dari Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Di Indonesia harga Murai Batu masih terbilang stabil. Dulu semakin panjang ekornya maka harga Murai akan semakin mahal. Sekarang yang penting Murai Batu gacor, sudah pasti harganya mahal.

3. Burung Kacer

Burung Kacer (500px.com)

Burung Kacer (500px.com)

Dibandingkan jenis burung kicau lainnya, burung Kacer merupakan burung kicau yang paling sering dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Burung ini mempunyai beberapa nama lain, seperti Kucica Kampung dan Magpie Robin.

Burung Kacer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya burung Kacer Lokal atau burung Kacer Jawa, burung Kacer Sumatera atau burung Kacer Poci, burung Kacer Madagaskar, burung Kacer Kalimantan, dan burung Kacer Blorok.

Kacer tipe burung petarung dan pintar merekam suara burung lain. Jadi, apabila Anda memaster burung Kacer, sudah pasti suaranya akan semakin bagus.

4. Burung Kenari

Kenari (wall.alphacoders.com)

Burung Kenari (wall.alphacoders.com)

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu bahwa Kenari dengan nama latin Serinus Canaria merupakan salah satu jenis burung kicauan yang paling populer di Indonesia. Burung dengan warna cerah ini begitu populer lantaran kicauannya yang merdu dan mudah dalam hal perawatan. Di Indonesia, hampir semua orang memelihara burung Kenari dan ternak Kenari.

Burung Kenari dibanderol mahal apabila sudah memenangkan suatu perlombaan. Namun, terdapat tiga jenis burung Kenari paling mahal dan sudah mahal sejak dilahirkan ke dunia, seperti burung Kenari Yorkshire, burung Kenari Lancashire, dan burung Kenari Jambul.

Saat ini harga Kenari masih terbilang bagus. Sebab, sudah diterjang badai pandemi, harga Kenari masih stabil. Burung ini walau kecil tapi suara ngerol dan tembakannya bagus sekali.

5. Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo Sumatera (hotspotbirding.com)

Burung Cucak Ijo Sumatera (hotspotbirding.com)

Bila diperhatikan dengan saksama, kebanyakan penghobi burung di Indonesia pasti pernah memelihara burung Cucak Ijo atau Cucak Hijau. Hal ini bukan hanya karena warna bulu hijaunya yang menawan, tapi juga karena suara kicauan burung Cucak Ijo yang sangat merdu dan gacor.

Burung yang sering dijuluki burung Daun ini memiliki beberapa jenis yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, hingga Bali. Berikut beberapa jenis burung Cucak Ijo di Indonesia, seperti Cucak Ijo Jawa atau Banyuwangi, Cucak Ijo Kalimantan, Cucak Ijo Sumatera, Cucak Ijo Kecil atau Mini, dan Cucak Ijo Rante atau Ranti.

Banyak kicaumania yang pelihara burung Cucak Ijo, padahal mereka tidak tahu bahwa sebagian besar burung ini dilindungi. Kami hanya mengingatkan bahwa Cucak Ijo dilindungi bisa membawa pemiliknya ke penjara. Oleh karena itu, periksa dulu apakah burung Anda dilindungi atau tidak.

6. Burung Jalak

Burung Jalak Putih (rajagantang.blogspot.com)

Burung Jalak Putih (rajagantang.blogspot.com)

Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai jenis burung Jalak. Jenis-jenis burung Jalak semakin banyak karena masyarakat Indonesia gemar membudidayakannya. Mereka suka membudidayakan burung Jalak karena burung tersebut terkenal pandai berkicau dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan, burung Jalak ada yang bisa menirukan suara manusia.

Negara Indonesia sendiri, sedikitnya mempunyai enam jenis burung Jalak. Adapun burung Jalak yang dapat ditemukan di Indonesia antara lain, burung Jalak Suren atau Uren, burung Jalak Hitam, burung Jalak Putih atau Jalak Bodas, burung Jalak Nias atau Kerak Ungu, burung Jalak Thailand atau Jalak Hong Kong, dan burung Jalak Bali.

Burung Jalak masih satu keluarga dengan burung Beo. Tak heran burung Jalak bisa juga menirukan suara manusia. Coba Anda latih burung ini sejak anakan, nanti kemampuan berbicaranya akan mirip dengan manusia.

7. Burung Cendet

Burung Cendet (ayuwat.wordpress.com)

Burung Cendet (ayuwat.wordpress.com)

Ukuran tubuh burung Cendet tidak seberapa tapi Cendet adalah burung tipe petarung yang pandai menirukan suara burung lainnya. Burung yang mempunyai nama lain Pentet ini masih termasuk dalam keluarga besar burung Laniidae.

Selain burung Pentet, ternyata nama lain burung Cendet juga cukup beragam. Beberapa orang memanggil burung Cendet dengan sebutan burung Betet dan burung Toet.

Di Indonesia, burung Cendet terbaik adalah burung Cendet Kepala Blangkon. Burung yang juga dipanggil sebagai Cendet Gondrong dan Cendet Ngupluk ini sangat identik dengan Pulau Madura.

Namun sekarang sudah banyak penghobi burung yang membudidayakan burung Cendet Kepala Blangkon di luar wilayah Madura, seperti Bondowoso, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Tuban, Cepu, Blora, dan Pati.

Oh iya, burung Cendet di alam liar bisa memakan burung yang lain. Jadi, Cendet itu seperti burung Elang yang berukuran kecil. Anda bisa melatihnya sejak kecil bila ingin dia jinak. Namun, pada dasarnya burung Cendet jangan dibuat jinak nanti kualitas garangnya akan berkurang.

8. Burung Pleci

Burung Pleci Salvadori Enggano (junglekey.in)

Burung Pleci Salvadori Enggano (junglekey.in)

Tahukah Anda, ternyata burung Pleci terdiri dari beberapa jenis. Walau sepintas tampak sama dengan ciri khas kaca mata putihnya, ternyata burung Pleci memiliki berbagai macam spesies, sama seperti burung-burung kicau lainnya.

Burung Pleci sendiri sangat diminati di Indonesia karena mempunyai suara yang nyaring dan dapat meniru suara burung lainnya.

Maka tak heran, saat ini Indonesia mempunyai tujuh jenis burung Pleci, di antaranya Pleci Mata Coklat, Pleci Mata Putih, Pleci Auriventer, Pleci Montanus, Pleci Black Capped, Pleci Buxtoni, dan Pleci Salvadori Enggano.

Burung Pleci termasuk banyak peminatnya karena ukurannya kecil tapi suara tembakannya keras. Yang menarik lagi adalah sangkar Pleci sangat unik sehingga kalau digantung di pohon akan terlihat artistik.

9. Burung Perkutut

Burung Perkutut (keoponha.blogspot.co.id)

Burung Perkutut (keoponha.blogspot.co.id)

Perkutut termasuk burung yang sangat kental dengan ilmu gaib dan masuk daftar jenis burung kicau terbaik. Terkadang seseorang yang memelihara Perkutut pasti memiliki tujuan tertentu, entah untuk hal baik atau pun jahat.

Burung Perkutut konon katanya dapat mendatangkan rezeki, ketentraman rumah tangga, dan untuk menaikkan wibawa pada pangkat atau kedudukan tertentu. Meski hal tersebut belum dibuktikan secara ilmiah, tapi para pecinta burung Perkutut percaya, bahwa Perkutut mempunyai kemampuan seperti itu.

Dalam dunia burung Perkutut, terdapat istilah katuranggan yang sering diartikan sebagai ciri mathi atau ciri bentuk badan tertentu yang bisa berpengaruh (baik dan buruk) pada sang pemilik.

Intinya, yang memelihara jenis burung Perkutut Bertuah dengan ciri tubuh tertentu, maka kehidupannya tidak akan jauh-jauh dari katuranggan yang dimiliki burung Perkutut tersebut.

Namun, kami ingatkan bahwa ini hanya mitos yang belum tentu benar. Walaupun demikian, tak ada salahnya Anda mengetahui burung Perkutut seperti apa yang dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Sampai saat ini masih banyak orang percaya bahwa Perkutut masih erat dengan hal-hal mistis. Anda juga bisa memelihara burung Perkutut di rumah asalkan cocok dengan Anda.

10. Burung Hantu

Burung Hantu Snowy Owl (birdwalpaper.blogspot.co.id)

Burung Hantu Snowy Owl (birdwalpaper.blogspot.co.id)

Dinamakan burung Hantu, karena burung ini aktif di malam hari atau nokturnal. Burung Hantu atau Owl adalah salah satu jenis burung yang penamaannya terdengar menakutkan karena ada kata hantunya. Padahal, sejatinya burung Hantu tidak menakutkan sama sekali. Bahkan, beberapa jenis burung Hantu justru terlihat lucu dan menggemaskan.

Meski begitu mitos burung Hantu tetap saja menakutkan, terlebih jika mendengarkan suara burung Hantu di malam hari. Pasalnya, zaman dulu telah tersebar mitos bahwa bangsa Romawi dan Yunani mempercayai burung Hantu adalah jelmaan para penyihir.

Suara jeritan burung Hantu dianggap sebagai pertanda kematian. Seperti halnya kematian Agrippa, Julius Caesar, Commodus Aurelius, dan Augustus Caesar yang semua kematiannya telah diprediksi oleh burung Hantu.

11. Burung Kutilang

Suara Burung Kutilang Kurang Bagus untuk Masteran (hewanbinatang.com)

Suara Burung Kutilang Kurang Bagus untuk Masteran (hewanbinatang.com)

Untuk daerah pedesaan, tentu salah satu jenis burung kicau terbaik adalah burung Kutilang. Burung ini memiliki suara khas di persawahan. Namun, konon katanya burung ini cukup buruk bila suaranya ditiru burung kicau lomba.

Sehingga jika tetangga Anda memelihara burung lomba, tentu tidak suka mendengar suara burung kutilang. Selain itu, ada kabar yang beredar bahwa burung kicau yang kemasukan suara kutilang tidak akan laku dijual. Meski suara kutilang masih bisa dibilang bagus.

Entah kenapa banyak kicau mania yang membencinya. Seharusnya, salah satu burung kicau ini dilestarikan di alam bukan dibenci dan dimusnahkan. Sekarang burung ini banyak dipelihara masyarakat. Harga Kutilang murah sehingga orang-orang terpikat untuk memeliharanya.

12. Burung Trucukan

Cara Melatih Burung Trucukan Nggaruda (youtube.com)

Cara Melatih Burung Trucukan Nggaruda (youtube.com)

Ada lagi burung sawah yang cukup digemari, yakni burung Trucukan. Burung ini sekilas mirip dengan burung kutilang, tetapi burung trucukan memiliki ciri khas menaikkan sayap atau nggaruda. Ini yang menjadikan burung Trucukan salah satu burung kicau terbaik di kelasnya.

Tidak hanya itu, burung Trocok sangat berkualitas bila mentalnya sudah terbentuk. Anda mendekatkan tangan saja, nanti dia bisa nggaruda. Namun, di sini butuh proses lama karena membuat burung Trucukan gacor juga tidak mudah.

Kesimpulan

Nah, demikian beberapa jenis burung kicau terbaik yang paling populer di Pulau Jawa Indonesia. Nama-nama burung dan gambar burung ini sudah tak asing di kalangan masyarakat. Sebab, sebagian besar dari mereka memeliharanya di rumah.

Namun, Pulau Jawa tidak terpaku pada beberapa jenis burung kicau saja. Pasalnya, masih banyak jenis burung kicau yang sering menjadi burung peliharaan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, silakan dibagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • burung
  • burung kicau
  • burung berkicau
  • burung kicau langka
  • kicau burung
  • jenis jenis burung
  • burung jawa
  • https://burungnya com/8-jenis-burung-kicau-paling-populer-pulau-jawa-indonesia/
  • burung kicauan

4 thoughts on “12 Jenis Burung Kicau Terbaik Paling Populer di Pulau Jawa Indonesia”

  1. Burung ni kebanyakan hidup pada iklim tropika. Ada juga tergolongan dalam spesis dilindungi kalau di Malaysia. tq for sharing

  2. bener om lovebird memang saat ini menjadi primadona di indonesia, bisa di buktikan di event latber / latpres biasanya pesertanya paling banyak

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.