9 Standar Penilaian Lovebird Beauty Contest di Indonesia

Burungnya.com – Kebanyakan kicau mania mungkin mengira Lovebird Beauty Contest hanya dinilai keindahan warnanya saja, tapi sebenarnya ada 9 standar penilaian Lovebird Beauty Contest di Indonesia. Ya, walau warna Lovebird tersebut sangat indah, dia belum tentu menang lomba kontes kecantikan Lovebird kalau poin di penilaian yang lain tidak mencukupi.

Apakah suara Lovebird juga dinilai dalam lomba Lovebird Beauty Contest? Untuk masalah suara Lovebird ngekek panjang, gacor, konslet, dan lain-lain tidak diperhitungkan karena fokus penilaian kecantikan Lovebird tertuju pada bagian fisik tubuh bagian luar, kondisi kesehatan, dan tingkah laku.

Apa saja yang dinilai saat kontes Lovebird warna? Juri hanya menilai 9 titik tubuh Lovebird warna, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kepala Lovebird
  2. Dada Lovebird
  3. Warna Lovebird
  4. Punggung Lovebird
  5. Sayap Lovebird
  6. Harminonisasi Lovebird
  7. Kondisi kesehatan Lovebird
  8. Ukuran tubuh Lovebird
  9. Tingkah laku Lovebird

Skala penilaian Lovebird Beauty Contest mempunyai total nilai 100. Poin nilai terbanyak terletak pada bagian kepala, dada, warna, dan sayap dengan nilai masing-masing 15 poin. Sementara harmonisasi, kondisi kesehatan, dan ukuran tubuh masing-masing 10 poin. SIsanya, punggung dan tingkah laku Lovebird masing-masing 5 poin.

Loading...

Poin-poin pada standar penilaian Lovebird Beauty Contest ini dirumuskan oleh Komunitas Lovebird Indonesia (KLI). Sehingga juri di lapangan dapat menilai sesuai dengan pakem yang telah ditentukan.

Kriteria Standar Penilaian Lovebird Beauty Contest

1. Kepala

Kriteria Penilaian Bagian Kepala Lovebird Beauty Contest (agromedia.net)
Kriteria Penilaian Bagian Kepala Lovebird Beauty Contest (agromedia.net)

Bagian kepala Lovebird harus berbentuk bulat menyerupai koin dengan jidat atau kening yang agak menonjol. Selain itu, bagian mata harus bersih, paruh tidak cacat atau baret sama sekali.

2. Dada

Penilaian Bagian Dada Lovebird Beauty Contest (agromedia.net)
Penilaian Bagian Dada Lovebird Beauty Contest (agromedia.net)

Dada Lovebird harus bidang. Kalau dilihat dari samping, dada Lovebird terlihat meruncing hingga ke bagian ekor. Di samping itu, warna bulu dada Lovebird harus sesuai dengan jenis Lovebird yang bersangkutan.

Misalnya, Lovebird jenis fischeri, warna merah pada bagian dada harus merata hingga ke bagian perut. Sedangkan, jenis Lovebird personata, warna pada bagian dada harus sama dengan leher sehingga seperti membentuk kalung yang melingkar.

3. Warna

Warna bulu Lovebird terlihat tegas di setiap bagian. Jadi, setiap bagian bulu seperti membentuk blok tersendiri. Misalnya, bagian kepala Lovebird berwarna hitam, kemudian dada warna kuning, dan sayap warna hijau.

4. Punggung Bawah

Penilaian Bagian Punggung Bawah, Ekor, Hingga Kloaka Lovebird Warna (agromedia.net)
Penilaian Bagian Punggung Bawah, Ekor, Hingga Kloaka Lovebird Warna (agromedia.net)

Apabila dilihat dari depan dan belakang, punggung Lovebird membentuk garis lurus hingga ekor. Selain itu, bagian ekor Lovebird yang bagus membentuk huruf V. Terakhir, bagian kloaka harus bersih dari kotoran.

5. Sayap

Penilaian Sayap Lovebird Beauty Contest (agromedia.net)
Penilaian Sayap Lovebird Beauty Contest (agromedia.net)

Bentuk sayap Lovebird warna harus sempurna. Artinya, sayap tidak turun dan harus rapat ke badan. Di samping itu, jumlah bulu sayap harus lengkap.

6. Bentuk Keseluruhan Tubuh

Keseluruhan bentuk tubuh Lovebird (harmonisasi) dinilai apakah Lovebird mempunyai cacat fisik atau tidak. Dalam penilaian ini juri akan melihat dengan teliti bagian terkecil Lovebird, seperti kuku, paruh, bulu, mata, dan lain-lain.

Yang jelas, semua bagian tubuh terkecil harus diperhatikan dan harus dalam kondisi sempurna. Tidak boleh ada kuku yang hilang, paruh gompal atau tergores, bulu yang kurang lengkap, dan lain sebagainya.

7. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan Lovebird masuk dalam penilaian Lovebird warna. Walau terlihat cantik dan bagus kalau dalam keadaan sakit, hal tersebut akan mengurangi poin penilaian. Oleh karena itu, pastikan burung Lovebird warna tidak sakit, tidak lesu, tubuh ideal, tidak kurus, tidak kotor, dan lain-lain. Penyakit Lovebird disembuhkan dulu sampai sehat kembali. Jangan memaksakan ikut lomba kalau Lovebird masih sakit.

8. Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh Lovebird warna yang baik biasanya berukuran besar. Jika juri membandingkan dua Lovebird dengan dua ukuran yang berbeda, maka yang mendapat nilai bagus adalah Lovebird bertubuh besar.

Bukan berarti Lovebird obesitas atau gemukan mendapat nilai baik, tetapi Lovebird yang ukuran tubuhnya besar dan proporsional yang mendapat nilai tambah.

9. Tingkah Laku

Tingkah laku burung Lovebird warna saat berinteraksi dengan juri sebisa mungkin selalu terlihat tenang dan tidak takut. Lebih baik lagi, kalau Lovebird tersebut mempunyai kelebihan atau kecerdasan yang bisa membuat juri terkesan, pasti akan mendapat nilai tambah.

Tabel Skala Penilaian Lovebird Beauty Contest

Tabel Skala Penilaian Lovebird Beauty Contest (ajay-abf.blogspot.com)
Tabel Skala Penilaian Lovebird Beauty Contest (ajay-abf.blogspot.com)

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa setiap penilaian memiliki poin. Jika poin tersebut ditotal maka nilainya 100. Setiap topik penilaian poinnya berbeda, ada yang 15 poin, 10 poin, dan 5 poin.

Jika nilai yang dikumpulkan tidak mencapai batas minimum, maka dianggap masuk kategori kelas bawah. Misalnya, seekor Lovebird warna mendapat nilai 60 poin, maka tetap dianggap masuk kategori ‘kurang’, dan tidak bisa dikatrol ke kategori ‘sedang’.

Demikian standar penilaian Lovebird Beauty Contest di Indonesia yang dikeluarkan oleh Komunitas Lovebird Indonesia. Kalau di luar negeri kemungkinan penilaiannya berbeda tergantung kebijakan di masing-masing negara.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke saudara dan teman-teman. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • jenis jenis lovbird yang sering ikut biuty contes
  • kriteria lovebird beauty contest
  • kriteria penilaian lomba love bird beuty
  • love bird dinilai warnanya apa bunyinya
  • perawatan lovebird biar bulu warna tegas

Berikan komentar