Harga Sarang Burung Walet Turun karena Virus Corona (pertanian.go.id)

Akibat Virus Corona, Harga Sarang Burung Walet Turun Drastis

Burungnya.com – Pengusaha sarang burung Walet tampaknya sedang gigit jari. Bagaimana tidak, harga sarang burung Walet dalam beberapa hari terakhir mengalami penurunan drastis. Hal ini disampaikan oleh pembudidaya sarang Walet di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Harga Sarang Burung Walet Turun sampai Rp 3 Juta

Kata salah seorang pengusaha di sana, harga sarang Walet anjlok. Penurunan harga tersebut terjadi sejak tahun baru Imlek. Harga sarang burung Walet mangkok yang awalnya Rp 13 juta, sekarang turun jadi Rp 10 juta per kilogram.

“Harga anjlok terus sejak tahun baru Imlek, turun bertahap hingga Rp 3 juta per kilogramnya. Dulu harganya untuk sarang burung Walet mangkok Rp 13 juta, sekarang menjadi Rp 10 juta,” beber Haji Santy, salah seorang pengusaha Burung Walet di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, seperti yang disadur dari Detik.com (5/2/2020).

Ilustrasi Ekspor Sarang Burung Walet ke China Dibatasi (youtube.com)
Ilustrasi Ekspor Sarang Burung Walet ke China Dibatasi (youtube.com)

Penyebab Penurunan Harga Sarang Walet

Ternyata penyebab penurunan harga sarang Walet karena ekspor sarang Walet ke beberapa negara dibatasi. Ya, semua dibatasi akibat ancaman virus Corona.

Pembeli sarang Walet di China dibatasi dan akses pengiriman sarang burung Walet ke China ditutup. Hal ini yang turut menyebabkan harga sarang tersebut anjlok.

“Perusahaan pengekspor membatasi pembelian, apalagi akses ke China sebagai salah satu negara dengan konsumsi sarang burung Walet terbesar di dunia ditutup, sangat berpengaruh,” katanya.

Stok Sarang Burung Walet Menipis

Haji Santy mengatakan bahwa penurunan harga ini membuat stok sarang Walet di pasarang menipis. Para pengusaha sarang Walet juga tidak mau menjual sarang mereka. Alasannya karena harga jualnya jauh sekali dari harga normal.

“Pembudidaya juga tidak mau jual barangnya, karena harga jauh di atas harga normal, mereka menunda panen dulu,” ujarnya.

Loading...

Harga Sarang Burung Walet Semakin Anjlok

Apabila penyebaran virus Corona semakin meluas, kemungkinan harga sarang burung Walet akan semakin anjlok. Menurun kabar yang beredar, nantinya harga sarang Walet bisa mencapai Rp 3 juta per kilogram.

“Bahkan informasinya akan semakin anjlok, harga sarang Walet bisa menjadi hanya Rp 3 juta saja per kilogramnya,” kata Haji Santy.

Baca juga:

Senada dengan pernyataan Junot, salah satu pengusaha sarang Walet di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Kata bosnya, jangan membeli barang dulu (sarang Walet) karena kondisi sedang kritis (penyebaran virus Corona), takutnya malah rugi.

“Saya bahkan sudah tidak membeli dulu, karena arahan bos di Surabaya jangan beli barang dulu, Karena kondisi lagi kritis, kalau tidak mau merugi,” kata Junot.

Kesimpulan

Akibat virus Corona di China ternyata sangat berpengaruh terhadap harga jual beli sarang burung Walet. Para pengusaha sarang Walet panik dan takut harga sarang tersebut mencapai nilai terendah, yakni Rp 3 juta per kilogram.

Semoga saja, virus Corona segera teratasi agar tidak ada lagi korban yang berjatuhan. Selain itu, semoga harga sarang Walet bisa normal kembali.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!