5 Alasan Kenapa Kucing Ekor Bengkok?

Burungnya.com – Sering lihat ekor kucing tidak lurus atau bengkok? Kira-kira kenapa ekor kucing bengkok? Apakah kucing tersebut sakit atau gimana?

Perlu diperhatikan saat memelihara kucing. Sebab, ekor kucing bengkok ternyata ada kelainan pada tulangnya atau dia mengalami kecelakaan.

Sebagian besar ekor bengkok dimiliki oleh kucing jalanan atau kucing kampung. Ini karena di jalan banyak kejadian yang bisa membuat ekornya bengkok.

Ekor Kucing Bengkok

Tahukah Anda, ekor kucing merupakan perpanjangan dari tulang punggung mulai dari tulang belakang, pembuluh darah, hingga otot.

Fungsi ekor kucing untuk mengendalikan kandung kemih, kaki belakang, dan usus. Dengan begitu, kucing yang ekornya bengkok pasti akan mengalami sulit buang air besar atau pipis.

Ekor Kucing Bengkok (reddit.com)
Ekor Kucing Bengkok (reddit.com)

Penyebab Ekor Kucing Bengkok

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ekor kucing bengkok, seperti berikut:

1. Kecelakaan

Kucing kampung dan kucing jalanan sering mengalami kecelakaan. Apabila kucing tertabrak di bagian ekor, bisa jadi ekornya akan bengkok.

2. Dipukul Manusia

Kucing juga bisa mengalami kekerasan di jalanan karena makanan. Namanya juga kucing, mungkin dia belum tahu kalau mengambil makanan itu membuat manusia marah.

Sehingga kucing tersebut dipukul atau dijepit ekornya. Sehingga ekor kucing jadi bengkok. Kalau sudah seperti ini, tentu ekornya akan sulit kembali ke bentuk lurus.

3. Kebutuhan Nutrisi Tidak Tercukupi

Namanya kucing jalanan, tentu makanannya seadanya. Apa yang ada di jalan di makan. Sementara kucing rumahan lebih mendapatkan makanan yang bergizi, sehingga kebanyakan ekor kucing rumahan lurus.

4. Penyakit Tertentu

Kucing kampung yang tidak divaksin mudah terkena penyakit tertentu. Hal tersebut salah satu penyebab mengapa ekor kucing bengkok.

5. Kucing Kawin

Kalau di jalanan kucing betina bisa dikawin oleh kucing jantan dari mana saja. Bisa saja, kucing jantan ekor normal, kemudian kucing betina ekor bengkok. Saat keduanya kawin, mereka jadi memiliki anak dengan ekor tidak normal.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, ekor kucing bengkok disebabkan karena kecelakaan, pemukulan, gangguan penyakit, kelainan dari lahir, dan lain-lain.

Apabila ekor kucing tidak normal, bisa jadi di bagian tulang belakang, otot, dan pembuluh darahnya juga tidak normal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.