5 Alasan Kucing Persia Tidak Mau Digendong

Burungnya.com – Pasti banyak cat lovers yang penasaran, mengapa kucing Persia tidak mau digendong? Padahal sebelumnya kucing tersebut mau digendong sama pemiliknya.

Tapi kenapa sekarang kucing tersebut tidak ingin digendong siapa-siapa? Kira-kira apa penyebab kucing tidak suka digendong secara tiba-tiba.

Banyak yang harus diketahui karena mungkin Anda selama ini tidak menyadarinya. Kucing saat tidak mau digendong, berarti ada yang tidak beres dalam tubuhnya.

Apakah ini berkaitan dengan penyakit? Tentu saja, kemungkinan kucing Anda sedang sakit. Tapi penyakit apa yang menjadikan kucing tidak mau digendong?

Tenang saja, ini bukan seberapa parah penyakit kucing, melainkan kucing jadi tidak nyaman bila digendong dalam keadaan sakit.

Baca juga:

Alasan Kucing Persia Tidak Mau Digendong

1. Kucing Penakut

Jika kucing Persia tidak mau digendong sudah sejak lama, berarti memang kucing tersebut tipe penakut. Ya, kucing yang penakut tidak akan mau digendong.

Bisa jadi kucing mengalami trauma dengan seseorang. Mungkin dulu pernah disakiti atau dipukuli sampai membekas.

Jadi begitu dia bertemu sosok tinggi besar seperti manusia, tentu kucing tersebut akan ketakutan.

2. Kucing Tidak Pernah Bergaul

Selama ini mungkin kucing Anda jarang bergaul. Jadi interaksi dengan manusia sangat terbatas. Setiap hari kucing Persia hanya berdiam diri dalam kandang.

Sudah pasti dia akan merasa asing saat bertemu manusia. Sebab, dia selalu sendirian di kandang. Terlebih lokasi kandang ada di belakang rumah dekat gudang. Area tersebut pastinya jarang dijamah manusia.

Tak heran kucing jadi takut dengan makhluk lain. Berbeda dengan kucing kampung yang setiap hari beraktivitas di jalanan. Tentu kucing seperti ini mentalnya pemberani.

Kucing Tidak Mau Digendong
Kucing Tidak Mau Digendong

3. Kucing Sakit

Kucing Persia tidak mau digendong, bisa jadi karena dia sedang sakit. Tubuhnya mungkin ada yang bengkak dan terasa sakit saat disentuh.

Dengan begitu, kucing akan menjadi galak saat digendong. Terlebih kalau ada luka yang tidak kelihatan. Ini akan membuatnya kesakitan saat digendong.

Anda tidak tahu ada bagian tubuh yang terluka sehingga tanpa sengaja menyakitinya. Kucing yang tidak bisa ngomong pastinya akan kesakitan. Ingin bilang tapi apa daya pemiliknya tidak bisa mengetahui bahasa kucing.

4. Kucing Tidak Bebas Bergerak

Kucing yang aktif pasti tidak suka berdiam diri. Terus Anda memaksanya agar mau digendong. Kucing akan berontak dan melawan.

Dia tidak suka ruang geraknya dibatasi. Sehingga kucing Persia seperti ini tidak suka digendong.

5. Kucing Ngambek atau Cemburu

Mungkin Anda terlalu dekat dengan kucing lain atau Anda baru beli kucing baru. Sehingga kucing lama ngambek atau cemburu.

Nah, luapan emosi yang keluar adalah dia menolak untuk digendong. Ini menunjukkan bahwa kucing tersebut sedang marah sama pemiliknya.

Kucing Persia Peaknose (weebly.com)
Kucing Persia Peaknose (weebly.com)

Tips Agar Kucing Mau Digendong

Bagaimana caranya agar kucing mau digendong? Mudah sebenarnya, yang penting Anda menjalin hubungan dekat dengan kucing Anda.

1. Ajak Kucing Main

Kucing bisa dekat dengan kita bila dia sering diajak main. Sambil main, elus-elus bulunya. Ajak kucing mengobrol dan jadikan teman curhatmu.

Percayalah walau kucing terkesan tidak mau mendengarkan, sebenarnya dia merasa apa yang ada di hatimu.

2. Cara Gendong Kucing yang Benar

Anda tidak disarankan untuk menggendong kucing dengan cara dipegang kaki depannya saja. Sebab, kucing yang dipegang kaki depannya akan kehilangan pijakan yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Kaki belakangnya menggantung kemudian kaki depannya tertarik, pasti itu sakit sekali.

Mengangkat kucing dari bagian tengkuk juga tidak nyaman terutama kucing remaja sampai dewasa. Apabila kucing yang digendong tengkuk masih kecil, dia tidak akan merasa kesakitan.

Lebih baik belajar cara menggendong kucing yang benar.

1. Tumpuan di Dada dan Kaki Bawah

Pertama jadikan tumpuan menggendong bagian tubuh dada dan kaki bawah. Ini membuatnya nyaman karena bagian kaki tidak menggantung.

2. Gendong Kaki Hadap ke Tubuh

Agar nyaman gendong kucing hadap ke tubuh Anda. Bagian kaki depan dihadapkan ke dada Anda untuk pijakan, sementara kaki bawah disangga dengan tangan Anda.

3. Dielus Dulu

Setelah itu, dielus bulu dulu biar tahu kucing Persia Anda sedang tidak mau digendong atau mau. Kucing yang tidak mau digendong pasti akan menghindar dan mencoba menggigit Anda.

Kalau dia mau digendong, pasti kucing merasa senang dan pasrah saja. Perhatikan dari tingkahnya, nanti Anda akan mengetahuinya.

Kesimpulan

Demikian alasan mengapa kucing Persia tidak mau digendong. Jadi penyebabnya cukup bervariasi ada yang karena takut, sakit, hingga cemburu.

Lebih baik jalin hubungan dekat dengan kucing Anda. Dengan begitu, kucing akan merasa nyaman saat digendong.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.