Alasan Kucing Takut Timun

Burungnya.com – Pernah melihat video kucing ketakutan saat melihat timun? Kira-kira apa yang membuat kucing takut timun? Padahal, timun merupakan salah satu sayuran lezat pendamping lalapan.

Nah, ini yang menjadi pertanyaan beberapa cat lover di Indonesia. Mungkin Anda pernah mencoba menunjukkan mentimun pada kucing peliharaan di rumah. Bagaimana reaksinya?

Kebanyakan kucing akan kaget dan lari ketakutan. Terkadang kucing tersebut sampai panik dan menabrak benda-benda di sekitarnya. Kalau dibiarkan tentu hal seperti ini akan membahayakan kucing karena bisa terjadi kecelakaan.

Tapi kenapa kucing bisa takut sama timun?

Baca juga: 12 Cara Memandikan Kucing Pertama Kali yang Takut Air

Alasan Kucing Takut Timun

Penjelasan Jill Goodman

Kami mencoba mencari tahu mengapa kucing bisa takut dengan timun. Menurut seorang ahli behavioristik kucing dari California Selatan, Jill Goodman, timun bisa memacu adrenalin kucing. Hal ini dikarenakan dia merasa aneh dan tidak aman apabila di lantai ada timun.

Walau begitu, ini respon alami kucing yang mengira timun adalah ular hijau. Sepertinya kucing ketakutan karena timun mirip dengan ular.

Terkadang kucing tidak takut kalau timun tidak ditunjukkan secara mendadak. Kucing cuma akan menghindari timun dan menjaga jarak saja.

Namun kalau timun didekatkan ke kucing secara mendadak, dia bisa kaget dan ketakutan. Sebagai pecinta kucing, tindakan seperti ini sangat dilarang keras.

Sebab, kucing bisa stres. Selain itu, keisengan ini bisa mengganggu mental kucing yang tadinya pemberani menjadi penakut.

Baca juga: 50 Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh untuk Kucing

Loading...
Kucing Takut dengan Timun (youtube.com)
Kucing Takut dengan Timun (youtube.com)

Penjelasan IFL Science

Respon kucing terhadap timun sebenarnya sesuatu yang wajar dan alami. Kucing tidak hanya takut pada timun saja. Pada benda lain dia juga takut. Intinya kucing itu takut pada sesuatu datang tiba-tiba dan mendadak.

Bahkan, boneka yang ditaruh di belakangnya secara diam-diam saja bisa membuatnya kaget dan takut. Tapi kalau kucing sudah mengetahui posisi keberadaan boneka sejak awal, dia tidak akan kaget.

Seperti itulah penjelasan sederhananya. Pertama, kucing mengira timun adalah ular hijau. Kedua, kucing kaget karena timun didekatkan secara mendadak.

Baca juga: Aplikasi Untuk Mengetahui Arti Suara Kucing

Jangan Menakut-nakuti Kucing dengan Timun

Dilihat dari video yang viral beberapa waktu lalu, kucing sangat takut lihat timun. Bahkan, tingkah kucing tersebut aneh sekali. Justru semua penonton malah tertawa terbahak-bahak.

Mungkin sebagian orang menganggap ini lucu. Tapi bagi pecinta kucing garis keras, tindakan menertawakan kucing yang kaget saja bikin mereka sedih. Apalagi orang yang mengagetkan kucing dengan timun, pasti hati para pecinta kucing akan terluka.

Kesimpulan

Demikian alasan mengapa kucing takut timun. Sebenarnya ini hanya respon terkejut dan pertahanan diri saja. Kita tidak pernah tahu ternyata kucing kagetnya sampai seperti itu. Sehingga banyak orang justru tertawa melihat kejadian tersebut.

Sebagai cat lover apa yang harus dilakukan? Sebisa mungkin tidak ikut-ikutan menakut-nakuti kucing dengan timun. Ingatkan pada orang lain bahwa tindakan menakut-nakuti kucing tidak baik dan berbahaya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!