Alasan Kucing Tidak Boleh Makan Ikan Mentah

Burungnya.com – Selama ini banyak orang mengira kucing suka sekali makan ikan mentah. Kemudian di beberapa film kartun, kucing terlihat senang menangkap ikan, terus kenapa sekarang tidak boleh memberikan ikan mentah ke kucing?

Padahal kita tahu, bahwa kucing termasuk hewan karnivora yang gemar memakan daging. Namun, ternyata kucing tidak diperbolehkan makan ikan mentah karena alasan kesehatan.

Alasan Kucing Tidak Boleh Makan Ikan

Kita tidak tahu asal usul ikan. Jadi, walau ikan tersebut dijual di pasar atau swalayan, kita tidak mengetahui bagaimana habitat ikan tersebut.

Soalnya, sebagian ikan rentan terkontaminasi zat berbahaya. Nah, ikan yang sudah terkontaminasi mungkin mengandung bakteri dan parasit. Sehingga apabila kucing makan ikan tersebut, dia bisa sakit dan yang paling parah mati.

Selain karena alasan kontaminasi zat berbahaya, ikan mentah juga memiliki enzim yang bisa menghacurkan vitamin B dalam tubuh kucing.

Bahkan, meski ikan sudah dimasak, tapi nutrisi ikan belum bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kucing seluruhnya.

Kendati demikian, ada juga jenis ikan baik untuk kucing, yaitu ikan salmon. Lagi-lagi, pemberian ikan salmon tidak dalam kondisi mentah, tapi harus sudah diolah.

Kucing Boleh Makan Ikan

Nah, kucing baru boleh makan ikan apabila diolah menjadi pakan kemasan. Pasalnya, pakan seperti ini sudah diproses dengan aman dan memenuhi kebutuhan nutrisi kucing.

Namun, tidak semua makanan kucing kemasan memiliki nutrisi yang lengkap. Anda harus pintar-pintar membandingkan antara merek makanan satu dengan lainnya.

Kucing Tidak Boleh Makan Ikan Mentah (texarkanagazette.com)
Kucing Tidak Boleh Makan Ikan Mentah (texarkanagazette.com)

Kenapa Kucing Tidak Suka Makan Ikan

Terus ada satu lagi pertanyaan para cat lovers, yaitu kenapa kucing tidak suka makan ikan asin? Mungkin Anda juga pernah mengalaminya sendiri, kucing di rumah tidak suka makan ikan asin.

Loading...

Ada berbagai alasan sebenarnya. Bahkan, kucing kampung sekalipun terkadang tidak suka makan ikan asin.

Kucing tidak mau makan ikan karena aromanya terlalu kuat. Bau ikan sangat amis dan rasanya asin. Sehingga saat diberi makan ikan, kucing pergi begitu saja.

Berbeda bila kucing diberi pakan kemasan yang berbahan ikan, tentu dia akan menyukainya. Alasannya simpel, ikan tersebut sudah tidak terlalu amis dan asin. Ikan di dalam pakan bermerek sudah dicampur bahan lain, sehingga disukai kucing.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian alasan kenapa kucing tidak boleh diberi makan ikan mentah dan alasan kucing tidak mau makan ikan. Untuk makanan kucing sehari-hari, sebaiknya berikan makanan olahan atau makanan kemasan saja.

Selain bergizi, kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut akan membantu melengkapi kebutuhan nutrisi pada kucing. Sehingga kucing akan semakin sehat dan lincah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!