5 Alasan Kumis Kucing Tidak Boleh Dipotong

Burungnya.com – Bagi seekor kucing, kumis bukan hanya anggota tubuh biasa. Kumis kucing memiliki banyak manfaat pada kucing itu sendiri. Jadi kumis kucing tidak boleh dipotong sembarangan.

Kumis panjang ini memiliki saraf yang cukup sensitif. Fungsinya untuk mendeteksi gerakan kecil di udara. Bila kumis kucing bergetar, dia bisa merasakan ada sesuatu di sekitarnya.

Alasan Tidak Boleh Potong Kumis Kucing

Kumis Kucing Tidak Boleh Dipotong (scitechdaily.com)
Kumis Kucing Tidak Boleh Dipotong (scitechdaily.com)

1. Alat Bantu di Tempat Gelap

Kumis kucing sangat bermanfaat di tempat gelap. Soalnya kumis ini bisa merasakan angin dan mengarahkan kucing harus ke mana.

Walau penglihatan kucing sudah cukup bagus di area gelap. Kumis tadi bisa membantunya agar lebih sensitif di tempat gelap atau malam hari.

Baca juga: 8 Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kucing Merek Whiskas

2. Penyeimbang Tubuh

Meski kucing sudah memiliki 4 kaki, tapi kegunaan kumis bisa mirip kaki yaitu menyeimbangkan tubuh. Jadi manfaat kumis bukan untuk berjalan.

Maksudnya di sini kumis kucing bisa merasakan di sekitarnya ada sesuatu yang mengancam atau tidak. Sehingga dia tidak langsung terkejut bila ada sesuatu yang datang ke arahnya.

3. Pengukur Tubuh

Ini mungkin jarang diketahui banyak orang. Ternyata kumis kucing bisa dijadikan alat pengukur tubuh untuk masuk ke dalam lubang.

Loading...

Bila panjang kumis sama lebih kecil dari lebar lubang kucing pasti akan masuk ke dalam lubang tersebut. Pasalnya acuan kucing untuk mengetahui muat tidaknya tubuhnya masuk ke lubang dengan mengecek lebar kumis.

Kalau setelah diukur ternyata lebar lubang kecil kecil dari panjang kumis, berarti kucing tidak akan masuk ke dalamnya. Ini yang menjadikan kucing jarang sekali terjepit di dalam lubang sempit.

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Lihat Hantu?

4. Pendeteksi Hati Kucing

Nah, hati kucing atau suasana hati kucing bisa diketahui dari kumisnya. Coba perhatikan kumis kucing apakah berdiri tegak atau agak lentur di ujung.

Kalau kumis kucing kaku dan tegak berarti dia sedang agresif atau emosional. Lalu bila kumis kucing agar lentur ke bawah berarti dia sedang senang hatinya atau puas.

5. Menambah Tingkat Kelucuan

Kucing yang memiliki kumis terlihat lebih lucu dan imut. Bayangkan bila kumis tersebut dicukur, pasti kucing terlihat aneh. Selain itu, kucing bisa kehilangan kepercayaan diri dan harga dirinya.

Kalau sudah demikian, kucing bisa saja stres dan mengurung diri di rumah. Kucing kalau stres lebih sering diam dan kadang tidak mau makan. Daripada menyengsarakan kucing, lebih baik jangan pernah memotong kumis kucing.

Baca juga: 5 Mitos Menabrak Kucing Kena Sial Sakit sampai Mati

Kesimpulan

Demikian beberapa alasan kumis kucing tidak boleh dipotong. Jika Anda penasaran, sebaiknya urungkan saja rasa penasaran tersebut. Kumis kucing tidak bisa dipotong untuk alasan rasa penasaran semata.

Anda harus menjaga kehormatan dan kewibawaan kucing. Jangan sampai kucing merasa minder karena kehilangan kumisnya. Ingat ibaratnya kumis seperti mahkota sama seperti rambut kita.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!