Alasan Mengapa Burung Merpati Tidak Pendendam dan Selalu Setia

Burungnya.com – Kesetiaan cinta suatu pasangan selalu dilambangkan dengan burung Merpati. Kira-kira tahukah Anda apa alasannya? Kesetiaan yang dimiliki burung Merpati tidak lain karena dia berkomitmen bahwa satu pasangan untuk selamanya.

Burung Merpati setia terhadap pasangan

Sehingga, bisa diartikan burung Merpati akan selalu setia terhadap pasangannya sampai mati dan tidak berganti-ganti dengan pasangan seperti hewan lain. Dari sini banyak kalangan menggunakan burung Merpati sebagai simbol kesetiaan cinta.

Tidak hanya itu, sepasang burung Merpati juga saling bantu membantu dalam hal membuat sarang. Jadi, tidak hanya burung Merpati jantan saja, karena Merpati betina juga turut andil dalam membangun sarang mereka.

Biasanya mereka membagi tugas, jika Merpati jantan mencari dan membawa ranting untuk membuat sarang, maka Merpati betina bagian merapikan sarang. Terkadang tugas ini juga dilakukan bergantian dan keduanya tidak pernah saling menyalahkan.

Loading...

Baca juga: Inilah Merpati Balap Termahal, Harganya Rp 6,7 Miliar

Bahkan, menariknya lagi jika Merpati betina sedang mengerami telur, maka Merpati jantan akan berjaga di luar sangkar. Ada juga saat-saat di mana burung Merpati jantan bergantian mengerami telur karena Merpati betina kelelahan atau bosan.

Hubungan burung Merpati ini apabila diaplikasikan pada kehidupan berkeluarga, pastinya akan membuat keluarga menjadi harmonis dan tidak akan terjadi pertengkaran.

Burung Merpati tidak punya kantong empedu

Anatomi tubuh Merpati (wandylee.wordpress.com)
Anatomi tubuh Merpati (wandylee.wordpress.com)

Fakta menarik lainnya tentang burung Merpati adalah dia tidak pendendam. Alasan mengapa burung Merpati tidak mempunyai sifat dendam di hati karena dia tidak memiliki kantong empedu.

Perlu Anda ketahui, burung Merpati mempunyai saluran pencernaan makanan berupa mulut, kerongkongan, tembolok, lambung kelenjar, lambung pengunyah (empedal), usus halus, usus besar, dan kloaka. Sementara kelenjar pencernaannya berupa hati dan pankreas.

Baca juga: Ciri-ciri Burung Merpati Tinggian yang Berkualitas Bagus

Sebenarnya burung Merpati menghasilkan empedu yang dihasilkan dari hati. Namun, cairan empedu yang dihasilkan dari kelenjar hati tidak ditampung dalam kantong empedu, melainkan langsung dialirkan ke dalam usus dua belas jari (duodenum).

Maka dari itu, burung Merpati tidak mempunyai kantong empedu. Nah, karena tidak punya kantong empedu, maka burung Merpati tidak menyimpan kepahitan-kepahitan dalam hidupnya. Ini artinya burung Merpati tidak pernah dendam kepada siapapun. Hatinya selalu diisi dengan hal-hal manis yang menjadikan dia selalu setia kepada pasangan sampai mati.

Burung Merpati setia dan tidak pendendam karena tidak punya kantong empedu (flickr.com)
Burung Merpati setia dan tidak pendendam karena tidak punya kantong empedu (flickr.com)

Jika Anda ingin seperti burung Merpati, Anda jangan membuang kantong empedu dari dalam tubuh. Pasalnya, fungsi empedu dalam tubuh manusia cukup banyak, di antaranya membantu kerja fungsi enzim pencernaan, pengencer lemak, membantu fungsi enzim lipase, dan bertugas sebagai bakterisida.

Apabila empedu diangkat dari dalam tubuh manusia, maka efek yang dirasakan tubuh adalah kembung, diare, mual saat mengonsumsi makanan berlemak trans. Selain itu, perut akan sering maag dan luka lambung, serta tubuh tidak bisa menetralisir racun dengan baik. Kemudian, Anda diharuskan mengonsumsi obat-obatan untuk menggantikan fungsi kerja empedu.

Jadi, intinya kalau di dalam tubuh manusia, kantong empedu sangat penting bagi kesehatan. Namun, burung Merpati atau burung Dara diberi keistimewaan sehingga tidak perlu mempunyai kantong empedu.

Baca juga: Awal Mula Mike Tyson Menyukai Burung Merpati Sangat Mengharukan

Apakah yang menyebabkan manusia menjadi pendendam adalah empedu? Tentu saja tidak, itu tadi hanya filosofi burung Merpati yang berhubungan dengan kesetiaan cinta dan faktor dendam di dalam hati.

Burung Merpati memang memiliki naluri berhubungan yang baik terhadap pasangan. Punya kantong empedu atau tidak, sebenarnya dari lahir burung Merpati memang sudah baik kepada pasangan.

Kita diharapkan mempunyai sifat yang sama seperti burung Merpati. Walaupun mempunyai kantong empedu, kita tetap harus berhubungan baik kepada siapapun, terutama dengan pasangan. Kita juga tidak boleh menyimpan hal-hal pahit yang menjadikan dendam di hati.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • kenapa merpati saling mematuk
  • tembolok burung dara
  • Manfaat dri empedu merpati
  • Kenapa merpati selalu setia
  • jangan merasa kaya klo belum punya burung dara
  • Doe menjinakan merpati
  • burung dara tidak mempunyai empedu
  • burung dara saling mematuk
  • apakah merpati mempunyai empedu
  • apakah merpati memilikiempedu

Berikan komentar