7 Alasan Sangkar Burung Dikerodong dan Waktu yang Tepat

Burungnya.com – Kenapa sangkar burung dikerodong atau ditutup kain? Sudah pasti alasan utamanya karena dingin. Kalau di malam hari, udara sangat dingin dan angin kencang jadi butuh kain untuk menutup sangkar burung atau biasa disebut kerodong.

Setiap sangkar memiliki ukuran kerodong yang berbeda-beda. Namun, fungsinya hampir sama. Meski begitu, ada kerodong yang difungsikan untuk terapi, sehingga sangkar wajib dikerodong full seharian.

Itu tadi sedikit alasan mengapa sangkar burung dikerodong. Ada juga alasan lainnya karena kerodong bisa membuat burung jadi gacor dan mengobati kucing yang sakit.

Biasanya jenis burung yang sering mendapatkan perlakukan kerodong adalah Lovebird dan Murai Batu.

Kedua burung ini bisa dirawat jadi gacor cuma dengan kerodong. Yang penting Anda harus mengetahui dulu karakter burung seperti apa.

Kapan Waktu Kerodong Sangkar yang Tepat?

Manfaat Kerodong Sangkar atau Sangkar Ditutup Kain (youtube.com)
Manfaat Kerodong Sangkar atau Sangkar Ditutup Kain (youtube.com)

1. Burung Dikerodong Malam Hari

Waktu yang paling tepat mengerodong burung adalah malam hari. Sebab, udara malam tidak baik untuk burung. Angin malam juga cukup kencang dan bisa tembus ke tubuh.

Kerodong yang paling pas adalah kerodong full dan ditutup rapat. Namun, kerodong jangan terlalu tebal biar burung bisa bernapas.

2. Burung Mabung

Saat burung mabung, Anda juga bisa mengerodong burung. Kerodong burung membantu bulu burung cepat rontok berjatuhan. Selain itu, burung menjadi bisa istirahat dan fokus menjatuhkan bulunya untuk ganti bulu baru.

3. Burung Lomba

Nah, burung lomba juga harus dikerodong. Pasalnya, bila sangkar tidak dikerodong burung mudah terpancing untuk berkicau. Saat lihat lawan, burung akan langsung panas dan mulai berkicau, sehingga tidak bisa beristirahat. Lama-lama energinya habis.

Lovebird Dikerodong (tindung.co)
Lovebird Dikerodong (tindung.co)

4. Burung Sakit atau Drop

Kalau burung sedang sakit, biasanya memang dikerodong. Tujuan agar dia bisa beristirahat dan tidak menularkan penyakit ke burung lain. Namun, burung juga harus diobati biar cepat sembuh.

Loading...

5. Burung Diajak Bepergian

Ketika Anda mengajak burung pergi, misal mudik, burung juga harus dikerodong full. Angin di perjalanan bisa membuat burung stres dan macet bunyi. Walau berada di dalam mobil, sangkar tetap harus dikerodong.

6. Burung Adaptasi Pakan Kencang

Apabila burung sedang ganti pakan kencang yang bikin birahi. Sangkar juga harus ditutup biar burung tidak nabrak-nabrak sangkar.

7. Terapi Kerodong Basah dan Kering

Terapi Sauna Kerodong Lovebird (arvabird.blogspot.com)
Terapi Sauna Kerodong Lovebird (arvabird.blogspot.com)

Ada salah satu setingan burung Lovebird yang bisa menggunakan kerodong. Setingannya mudah cukup membasahi kerodong atau membiarkannya kering.

Kerodong Basah – Lovebird Basah

Apabila kerodong dibasahi dan burung dimandikan, maka bisa membuat burung lebih jinak dan tidak galak atau giras.

Kerodong Basah – Lovebird Kering

Kalau yang dibasahi cuma kerodong, burung bisa lebih rajin bunyi setiap hari. Ini cocok untuk perawatan Lovebird tipe kering.

Kerodong Kering – Lovebird Kering

Apabila semuanya kering, ini bermanfaat untuk memaksimalkan volume suara ngekek Lovebird. Setingan kering cukup berisiko terlebih bila burung dijemur di bawah sinar matahari. Sebab, bagian dalam sangkar bisa sangat panas.

Kerodong Kering – Lovebird Basah

Kalau cuma burung yang dibasahi, tujuannya untuk membakar lemak Lovebird. Terapi ini juga bagus untuk membuka pori-pori bulu biar burung cepat mabung atau bulu cepat rontok.

Baca juga: Setingan Lovebird Ngekek dengan Kerodong Basah dan Kering

Kesimpulan

Demikian beberapa alasan sangkar burung dikerodong dan kapan waktu yang tepat. Kerodong atau kain sangkar sangat bermanfaat untuk perawatan burung.

Jangan sampai Anda memelihara burung tapi tidak memiliki kain kerodong. Sebab, malam hari lebih baik sangkar burung dikerodong saja.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!