Skip to content

Apa Akibat Bila Kucing Makan Daging Mentah?

Akibat Kucing Makan Daging Sapi Mentah

Burungnya.com – Apakah kucing bisa memakan daging sapi mentah? Sebenarnya kucing di alam liar memang suka berburu hewan. Otomatis, kucing makan daging mentah. Namun, kalau kucing rumahan gimana?

Dalam hal ini daging sapi mentah memang dipenuhi kontroversi, terutama untuk makanan kucing. Sebab bila memberikan daging mentah, maka makanan kucing bisa dipenuhi berbagai bakteri berbahaya.

Lalu apakah boleh daging sapi mentah diberikan ke kucing?

Seperti yang kami bilang, kucing besar di alam sudah sering berburu hewan dan memakannya secara langsung. Namun, kucing kecil seperti yang Anda pelihara berbeda.

Baca juga:

Kucing kecil tidak bisa mencerna protein yang jumlahnya besar pada daging sapi mentah. Oleh karena itu kadar proteinnya harus diseimbangkan dengan makanan lain, seperti wortel, kacang polong, air, oatmeal, dan karbohidrat.

Manfaat Kucing Makan Daging Mentah

1. Kotoran Tidak Bau

Kucing makan daging mentah biasanya kotorannya tidak terlalu bau, ukuran kotoran kecil, dan kering. Alasannya karena sistem pencernaan kucing mampu menyerap protein dan nutrisi lainnya lebih baik.

2. Kucing Lebih Cepat Kenyang

Nah, karena makan daging mentah, kucing jadi lebih cepat kenyang. Soalnya, protein yang diserap lebih banyak, sehingga energi lebih besar dan kenyang lebih lama.

Kucing juga tidak akan terkena obesitas karena makanan yang dimakan cuma daging mentah saja. Apabila dikombinasikan dengan makanan lain, mungkin kucing bisa obesitas.

Manfaat Kucing Makan Daging Mentah

Manfaat Kucing Makan Daging Mentah

3. Gigi Kucing Lebih Sehat

Kucing yang makan daging mentah giginya lebih sehat dan tulang kuat. Kucing mengunyah tulang dan daging mentah bisa mencegah munculnya plak dan karang gigi.

Sehingga gigi kucing akan lebih bersih dan baunya tidak busuk. Gigi kucing sehat dan tidak akan berlubang.

4. Kandungan Air Tinggi

Kandungan air pada daging mentah sangat tinggi. Sehingga kucing tidak akan dehidrasi. Berbeda bila kucing cuma makan makanan kering, nanti kucing harus diberi banyak air minum biar tidak dehidrasi.

Jenis Daging Sapi Mentah Untuk Kucing

1. Organ Dalam Daging Sapi

Biasanya kucing liar akan memakan semua bagian daging dari mangsanya. Namun, biasanya yang dimakan duluan adalah organ dalamnya.

Sehingga bagian daging sapi yang bagus kemungkinan besar adalah organ dalam sapi, karena mengandung protein, vitamin, mineral, dan nutrisi lain.

Jadi, Anda dapat memberikan organ daging sapi mentah, seperti hati, ginjal, dan jantung. Namun, pemberiannya harus diatur dan dibatasi karena kucing bisa diare bila banyak mengonsumsinya.

Organ daging sapi tidak boleh direbus karena bisa menurunkan kandungan nutrisinya. Jadi, berikan dalam kondisi mentah saja.

2. Tulang Sapi

Apakah kucing kuat makan tulang? Dalam kasus ini cukup tulang kecil saja karena kalau tulang besar, tentu kucing tidak kuat giginya.

Kucing diberi tulang agar giginya kuat dan kandungan kalsiumnya terserap ke tubuh kucing.

3. Daging Giling

Daging giling di minimarket dan supermarket boleh diberikan pada kucing. Alasannya daging giling sama seperti daging mentah biasa, cuma lebih mudah dicerna saja.

Namun, daging giling tersebut jangan ditambahi bumbu seperti bawang merah dan bawang putih. Daging sapi yang diberikan setengah matang justru kurang bagus untuk hidup kucing.

Cara Memberikan Daging Sapi Untuk Kucing

Cara Memberi Makan Daging Sapi Mentah pada Kucing

Cara Memberi Makan Daging Sapi Mentah pada Kucing

Pilih daging yang ukurannya ramping lalu hilangkan lemaknya. Kalau lemak tidak dihilangkan nanti kucing bisa diare dan mengalami gangguan pencernaan. Daging sapi kemudian dimasak agar salmonella dan toksoplasmosis mati.

Daging sapi mentah giling kemudian dimasak hingga suhu 73 derajat Celcius. Setelah itu daging tidak perlu diberi bumbu. Daging boleh diberi tambahan biji-bijian dan sayuran, contohnya beras merah, oatmeal, kacang polong, dan wortel tapi sedikit saja.

Daging tersebut diberikan sebagai camilan atau snack kucing, bukan makanan utama. Kalau makanan utama, tetap berikan makanan biasa saja.

Kesimpulan

Demikian beberapa manfaat daging sapi mentah untuk kucing dan cara memberikannya. Daging sapi mentah bisa berbahaya kalau tidak dimasak atau dimasak setengah matah.

Jadi daging sapi mentah lebih baik cuma direbus saja agar empuk dan terhindar dari bakteri berbahaya. Daging jangan dikasih bumbu karena bisa membuat kucing diare.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • https://burungnya com/apa-akibat-bila-kucing-makan-daging-mentah/

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.