Burung Elang Jawa sama dengan Burung Garuda (youtube.com)

Apakah Burung Garuda adalah Burung Elang?

Burungnya.com – Lambang negara Indonesia adalah burung Garuda. Pemilihan lambang tersebut karena burung Garuda memiliki filosofi yang berani dan kuat. Lantas, apakah burung Garuda benar-benar nyata dan ada? Apa perbedaan burung tersebut dengan burung Elang?

Spesies yang Sama

Seperti yang dikutip dari Encyclopaedia Britannica, burung Garuda dan burung Elang merupakan spesies burung yang sama. Hal ini yang menjadikan sebagian besar orang mengatakan bahwa Garuda adalah burung Elang.

Kisah Mitologi Burung Garuda

Dalam mitologi Hindu, burung Garuda merupakan kendaraan Dewa Wisnu. Kalau dilihat di dalam kitab Regweda atau Rigveda, kisah mitologis tentang lahirnya Garuda di Mahabharata dimulai dari adik laki-laki dari Aruna.

Aruna sendiri merupakan kusir dewa matahari (Surya) dan Ibu Garuda adalah Vinata. Ya, di dalam kitab Sruti yang paling utama atau Regweda, terdapat 1.017 lagu pujaan dengan jumlah 10.562 baris yang semuanya dijelaskan ke dalam 10 buku.

Burung Elang Jawa mirip Burung Garuda (idntimes.com)
Burung Elang Jawa mirip Burung Garuda (idntimes.com)

Kitab tentang Garuda

Di dalam kitab tersebut menjelaskan tentang Garuda. Jadi begini, Vinata selaku ibu Garuda diperbudak oleh saudara perempuannya yang bernama Kadru. Bagi yang belum tahu, Kadru adalah ibu para naga.

Burung dan naga saat itu sedang mengalami masalah dan saling bermusuhan. Nah, penyebab masalah tersebut kemungkinan besar karena masalah perbudakan tadi.

Garuda sangat sayang dengan ibu Vinata. Dia rela melakukan apapun untuk menyelamatkan ibunya. Bahkan, Garuda rela memberikan amertha sari kepada Kadru. Akhirnya Garuda dipertemukan dengan Dewa Wisnu.

Sang Dewa Wisnu mau memberikan amertha sari jika Garuda bersedia menjadi tunggangannya. Garuda menyetujuinya dan dia mampu membebaskan ibunya. Sejak saat itu, Garuda dilambangkan sebagai kendaraan Dewa Wisnu yang tangguh dan gagah.

Apakah Burung Garuda Nyata?

Sebagian orang menganggap burung Garuda ada dan nyata. Bahkan, peneliti telah mengumpulkan tujuh jenis burung Garuda di dunia, salah satu yang paling besar adalah Garuda Harpy di Amerika Selatan.

Kalau di Indonesia, burung Garuda disamakan dengan Elang Jawa. Menurut Portal Informasi Indonesia, saat melihat lambang negara Indonesia, sepertinya serupa dengan burung Elang Jawa.

Mari berkenalan dengan burung Elang Jawa atau Nisaetus Bartelsi. Burung ini merupakan spesies Elang Endemik di Indonesia, lebih tepatnya di Pulau Jawa.

Loading...

Burung Elang Jawa

Saat ini burung Elang Jawa sudah ditetapkan jadi satwa langka di tahun 1993. Burung Elang Jawa memiliki ciri khas jambul di atas kepala. Jambul ini memiliki panjang sekitar 12 cm dan panjang tubuh sekitar 56-70 cm.

Untuk rentang sayapnya, sekitar 110-130 cm. Suara burung Elang Jawa juga nyaring dan keras. Anda bisa menemukan Elang Jawa di ujung barat Taman Nasional Ujung Kulon sampai ujung timur Semenanjung Blambangan Purwo Pulau Jawa.

Selain itu, Elang Jawa lebih suka di daerah hutan primer yakni daerah peralihan antara dataran rendah dan pegunungan. Burung Elang Jawa memang sangat suka tinggal di hutan yang berlereng.

Elang ini akan bertengger di pohon yang tinggi untuk memantau mangsa. Begitu terlihat ada mangsa, dia akan terbang menukik dan menjatuhkan sang mangsa.

Alasan Burung Elang Jawa Langka

Lalu, mengapa burung Elang Jawa bisa langka? Ternyata alasannya karena indukan burung ini hanya bertelur setahun sebanyak 1-2 kali. Proses bertelur burung Elang Jawa diawali dari bulan Januari-Juni.

Tak heran, burung Elang Jawa semakin langka. Di samping itu, hutan primer yang berlereng juga semakin langka. Sehingga habitat burung ini menjadi sempit.

Baca juga:

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa burung Garuda sebenarnya bukan burung Elang Jawa. Hanya saja, ciri-ciri tubuh burung Elang sama dengan burung Garuda. Sehingga banyak yang meyakini bahwa burung Garuda adalah burung Elang Jawa.

Memang, jika dilihat sekilas burung Garuda nampak seperti burung Elang. Namun, dari sejarah yang telah disampaikan para leluhur, burung Garuda sepertinya tidak ada hubungannya dengan burung Elang. Mungkin saja, burung Garuda merupakan makhluk mitologi kepercayaan agama tertentu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • gambar burung garuda
  • apakah jenis burung garuda
  • indonesia png

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!