Burung Garuda adalah Elang Jawa (beritagar.id)

Apakah Burung Garuda Asli sama dengan Elang Jawa?

Burungnya.com – Dari dulu banyak yang bertanya-tanya, apakah burung Garuda ada dan merupakan hewan asli atau cuma hewan mitologi saja. Setelah sekian lama, akhirnya sebagian kalangan meyakini bahwa Elang Jawa merupakan burung Garuda yang asli.

Walau tidak ada sumber yang menjelaskan secara detail, tetapi banyak yang beranggapan bahwa Garuda identik dengan Elang Jawa.

Justru umat agama Hindu meyakini bahwa burung perkasa ini adalah kendaraan Dewa Wisnu. Burung ini dijadikan tunggangan untuk menyebarkan kebaikan.

Ciri Burung Garuda

Tahukah Anda, ciri burung Garuda memiliki tubuh keemasan, muka putih bersih, dan sayapnya merah. Bagian paruh mirip dengan Elang Jawa, dan tubuhnya menyerupai tubuh manusia. Oh iya, konon katanya tubuh Garuda besar sekali sampai bisa menutupi cahaya matahari yang menyinari bumi.

"Elang

Burung Garuda Pancasila

Lambang negara Indonesia adalah burung Garuda Pancasila. Pembuatnya tokoh-tokoh penting di Indonesia. Banyak yang belum tahu, dulu burung tersebut berkepala gundul.

Setelah itu, desain kepalanya diganti dan ditambah jambul karena mirip dengan lambang negara Amerika Serikat. Jadi sebenarnya lambang negara yang menggunakan burung Garuda adalah Indonesia, Amerika Serikat, dan Thailand.

Tidak hanya ketiga negara tersebut, karena burung ini juga menyerupai lambang kerajaan Samudera Pasai. Meski bentuknya tidak sama persis, tapi beberapa bagian tubuhnya sama.

Bisa dilihat di bagian kepala yang menoleh ke kanan sama persis. Lalu, bentuk bentangan sayap, perisai di dada, dan kaki yang mencengkeram pita, semuanya sama persis. Bedanya, lambang kerajaan Samudera Pasai seperti tulisan kaligrafi Arab.

Burung Garuda Identik dengan Elang Jawa

Para ahli mencari burung asli yang dianggap sama dengan burung Garuda. Ternyata ada seekor burung yang cirinya sama dengan burung Garuda, yaitu Elang Jawa (Spizaetus bartelsi).

Loading...

Burung Elang ini merupakan burung endemik Pulau Jawa yang sekarang langka. Bagaimana tidak langka, saat ini jumlah burung Elang Jawa kurang dari 600 ekor di Pulau Jawa. Tak heran, Elang Jawa dijadikan maskot satwa langka di Indonesia.

Elang ini menjadi langka dan terancam punah karena dia hanya bertelur dua tahun sekali. Jadi, bila tahun ini bertelur, maka tahun Elang Jawa tidak bertelur. Ini yang menjadikan burung Elang menjadi langka. Belum lagi, kalau telurnya dimakan hewan lain atau anak Elang diserang predator lain.

Baca juga:

Kesimpulan

Sementara ini dapat disimpulkan bahwa burung Garuda asli adalah Elang Jawa. Untuk dunia nyata, sepertinya Elang Jawa memang cocok dijadikan sosok burung di lambang negara Pancasila.

Dilihat dari ciri fisik dan sifatnya, Elang Jawa sudah cukup mirip dengan burung lambang negara Indonesia. Apakah Anda setuju burung Elang Jawa adalah jelmaan dari burung Garuda?

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung garuda asli
  • gambar burung garuda asli
  • burung garuda dan elang apakah sama
  • Cenderawasih garuda
  • foto asli burung garuda
  • foto¬≤ burung Garuda
  • gambar burung garuda pancasila asli
  • garuda asli

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!