Apakah Hewan Peliharaan bisa Terkena Virus Corona (pinterest.com)

Apakah Hewan Peliharaan Bisa Kena Virus Corona?

Burungnya.com – Semakin merebaknya virus Corona, apakah hewan peliharaan bisa kena virus Corona? Pertanyaan seperti ini muncul karena banyak pecinta hewan yang takut terkena virus Corona atau COVID-19.

Hal tersebut wajar mengingat banyak rumor yang beredar virus Corona menyebar lewat hewan kelelawar dan sejenisnya. Bagaimana dengan hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci, hingga burung? Apakah hewan-hewan tadi juga bisa terkena virus Corona?

Anjing di Hong Kong Positif Virus Corona

Dari berita yang disampaikan CNNIndonesia.com (5/3/2020), diketahui ada seekor anjing di Hong Kong yang positif infeksi virus corona dengan tingkatan rendah.

Dia merupakan anjing pertama di dunia yang terinfeksi virus Corona. Pemiliknya adalah seorang pasien positif virus Corona. Kemudian anjing tersebut dikarantina untuk diuji sampai dinyatakan negatif COVID-19.

Meski anjing tadi tidak menunjukkan gejala-gejala berarti, Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi (AFCD) menyarankan proses karantina anjing tersebut dilakukan selama 14 hari.

WHO Yakin Hewan Peliharaan Tidak Bisa Tularkan Virus Corona

Sampai sekarang, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakin hewan peliharaan tidak dapat menularkan virus Corona. Walau sebenarnya virus Corona ditemukan pada hewan.

Namun perlu Anda ketahui bahwa virus Corona yang menginfeksi hewan terbagi dalam empat sub-kelompok, yaitu alfa, beta, gama, dan delta.

Virus Corona yang menular dari hewan ke manusia diketahui kelompok alfa dan beta. Namun, dari situs resmi World Small Animal Veterinary Association (WSAVA), anjing dan kucing termasuk dalam kelompok hewan yang dapat terinfeksi virus Corona kelompok alfa.

“Anjing dan kucing memang terkena virus Corona. Tapi, yang menginfeksi anjing dan kucing sama sekali tak berkaitan dengan wabah saat ini [Covid-19],” ujar ahli bedah hewan, Jane Gray.

Diketahui virus Corona pada anjing dan kucing tidak bisa menyebabkan masalah gangguan pernapasan. Selain itu, tidak ada bukti yang menyebutkan anjing dan kucing bisa menularkan virus penyebab SARS ke manusia.

Hewan Peliharaan Bisakah Terinfeksi Virus Corona (halachipedia.com)
Hewan Peliharaan Bisakah Terinfeksi Virus Corona (halachipedia.com)

Cara Penyebaran Virus Corona

Dari info Center for Disease Control and Prevention (CDC), cara penyebaran virus Corona melalui manusia ke manusia. Penularan tersebut bisa terjadi saat kontak erat, kontak dekat, hingga tetesan air liur.

Lantas mengapa anjing di Hong Kong yang terkena virus Corona harus dikarantina? Jawaban Gray karena itu merupakan salah satu bentuk pencegahan dan tidak perlu dikhawatirkan.

Baca juga:

Loading...

Tips Pelihara Hewan selama Ada Virus Corona

Perlu Anda ketahui, tips ini tidak hanya berlaku pada hewan-hewan seperti anjing dan kucing saja. Namun, pemilik hewan seperti burung, ayam, kelinci, kambing, sapi, dan lain-lain juga perlu waspada.

1. Hindari Kontak Langsung dengan Hewan Peliharaan

Jika Anda positif terinfeksi virus Corona, sebaiknya hindari kontak fisik langsung dengan hewan peliharaan. Kontak fisik yang dimaksud adalah memeluk, mencium, mengelus, menjilat, dan berbagi makanan ke hewan peliharaan.

2. Cuci Tangan dengan Sabun

Setiap kontak fisik dengan hewan peliharaan, segera cuci tangan dengan sabun dan air. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer bila perlu. Selain menjaga Anda tetap bersih dan aman, cuci tangan dengan sabun bisa melindungi Anda dari bakteri E.coli serta Salmonella.

3. Telepon Klinik Hewan

Jika binatang peliharaan Anda terlihat tanda-tanda sudah terinfeksi virus Corona dari seseorang atau hewan lain, segera telepon klinik hewan atau dokter hewan. Setelah Anda disarankan untuk memeriksakan hewan tersebut, baru Anda boleh membawanya ke dokter hewan atau klinik hewan.

4. Hindari Hewan yang Tinggal di Area Wabah Virus Corona

Sebaiknya hindari hewan-hewan yang tinggal di area wabah virus Corona. Tadi memang dijelaskan hewan tidak bisa menularkan virus Corona ke manusia. Namun, dengan mengurangi kontak fisik dengan hewan, hal tersebut bisa mencegah Anda terinfeksi virus Corona.

5. Rajin Dimandikan

Agar hewan kesayangan Anda tidak tertular virus Corona, rajin-rajinlah memandikan hewan tersebut. Anda juga harus mencuci tangan dengan sabun setelah kontak fisik dengan hewan.

6. Bersihkan Kandang Setiap Hari

Saat musim penyebaran virus Corona seperti sekarang, bersihkan kandang hewan setiap hari. Kandang yang bersih bisa meminimalisir hewan Anda terkena virus Corona.

7. Ganti Makanan dan minuman yang Baru

Tidak perlu menunggu makanan atau minuman hewan habis. Kalau bisa setiap pagi ganti makanan dan minuman hewan yang baru. Sebab, makanan yang sudah basi atau terkontaminasi bakteri bisa menjadi sumber penyakit.

Kesimpulan

Intinya hewan peliharaan bisa saja terkena virus Corona. Namun, hewan peliharaan kemungkinan besar tidak bisa menularkan virus tersebut ke manusia.

Sebagai pencegahan, sebaiknya Anda selalu cuci tangan dengan sabun dan membersihkan hewan lengkap dengan kandangnya setiap hari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • apakah anjing bisa terkena corona
  • apakah penyebaran (corona) juga dari binatang
  • apakah virus corona bisa menginfeksi kucing?
  • bisakah korona nular ke burung peliharaan
  • corona hewan periharaan
  • virus corona bisa menyebar lewat hewan peliharaan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!