Apakah Kucing Bisa Lihat Hantu?

Burungnya.com – Anda mungkin pernah merinding saat kucing peliharaan tiba-tiba fokus melihat sudut tertentu di rumah, padahal tidak ada apa-apa. Apakah saat kucing fokus itu menandakan dia sedang lihat hantu?

Ya, sebagian orang percaya bahwa kucing benar-benar bisa melihat hantu. Namun, dari sisi ilmiah apakah memang benar demikian? Nah, untuk menjawabnya kami mencari tahu dari berbagai sumber.

Pertama mari mempelajari bagaimana indera penglihatan dan pendengaran kucing. Setelah mengetahui sehebat apa kucing dalam melihat dan mendengar, Anda pasti bisa menyimpulkan sendiri tentang kucing yang katanya bisa melihat hantu.

Tapi memang aneh sih, di tengah malam yang sepi, kadang ada kucing mengeong keras. Padahal di situ tidak ada siapa-siapa. Suara kucing tersebut seperti sedang berbicara dengan makhluk halus.

Ini yang bikin semua orang ketakutan di tengah malam. Apalagi bila Anda di rumah sendiri dan di malam Jumat kliwon, pasti suasananya semakin mencekam.

Baca juga: 5 Arti Perkutut Bunyi di Malam Hari

Penglihatan Kucing di Malam Hari

Kucing mempunyai penglihatan malam yang sangat baik. Namun, penglihatannya di siang hari lebih buruk dari manusia. Sebab, kucing hanya bisa melihat dua warna, yaitu bayangan biru dan kuning, sementara manusia tiga warna.

Oh iya, kucing mengandalkan penglihatan fokus di tengah objek dan bagian tepinya buram. Oleh karena itu, kucing jarang melirik ke kanan ke kiri, tetapi lebih sering menggerakkan kepalanya saat melihat sesuatu.

Kucing Bisa Melihat Hantu (rare.us)
Kucing Bisa Melihat Hantu (rare.us)

Indera Pendengaran Kucing

Selain penglihatan malam yang luar biasa, kucing juga memiliki sistem pendengaran yang baik. Dia mampu mendengar frekuensi 4-5 kali lebih tinggi dari manusia.

Jadi sesuatu yang tidak bisa didengar manusia, kucing kalian bisa mendengarnya. Apabila dia panik melihat ke segala arah untuk mencari sesuatu (padahal tidak ada apa-apa), sebenarnya dia sedang mengidentifikasi sumber suara aneh yang dia dengar.

Hebatnya lagi, kucing bisa mendengar suara tikus jalan di rumput dengan jarak 10 meter. Padahal, suara langkah di rumput hampir tidak terdengar, apalagi kalau yang jalan seekor tikus.

Namun, kucing dapat mendengarnya dengan jelas. Ini menandakan dia memiliki kemampuan yang lebih dari manusia.

Loading...

Kalau kucing menatap sesuatu padahal tidak ada apa-apa, berarti di situ memang ada ‘sesuatu’ (energi lain yang tidak terlihat).

Baca juga: Penggunaan Ilmu Hitam dan Minta Bantuan Dukun pada Lomba Burung

Pendapat Ahli Perilaku dan Kesehatan Kucing

Jackson Galaxy seorang ahli perilaku dan kesehatan kucing memberikan pendapat tentang kucing yang bisa melihat hantu.

Menurutnya, mata kucing dapat melihat sempurna di tempat gelap. Kucing juga bisa mendengar 6-8 kali lebih baik dari manusia.

Kumis kucing dirancang untuk mendeteksi perubahan suhu sampai arus udara. Jadi bisa diketahui bahwa kucing sangat sensitif terhadap berbagail hal di sekitarnya.

Kucing Lihat Hantu (treehugger.com)
Kucing Lihat Hantu (treehugger.com)

Apakah Kucing Bisa Lihat Hantu?

Kucing bisa merasakan energi lain di rumah. Kucingnya sendiri bisa merasakan adanya energi tertentu di dalam rumahnya. Tidak mungkin energi tersebut cuma berasal dari manusia.

Mungkin saja energi tersebut berasal dari makhluk lain di bumi. Dia sepertinya juga mempercayai bahwa kucing bisa melihat hantu.

“Saya pikir itu keangkuhan yang menganggap kita satu-satunya makhluk di bumi. Pastinya ada energi spiritual dan energi lainnya. Jadi dengan kata lain, mungkin kucing bisa lihat hantu,” jelas Jackson Galaxy dikutip dari The Cut.

Baca juga: 25 Fakta dan Mitos Kucing Hitam di Seluruh Dunia

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemungkinan kucing bisa melihat hantu sangatlah besar. Sebab, indera-indera di tubuh kucing sangat mendukung kemampuan tersebut.

Walau saat di logika mungkin saja kucing cuma mendengar hewan lain dari kejauhan. Namun, bila tatapannya tertuju di sudut rumah, apakah mungkin ada hewan tak terlihat di tembok? Ya, tentu sangat sulit menebaknya.

Terlebih bila dia sudah mengeong di tempat sepi dan gelap. Mungkin kita menganggap dia sedang bertemu kucing lain. Setelah diperiksa tidak ada kucing lain atau hewan lain. Lalu, kucing tadi sedang berinteraksi dengan siapa dong?

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!