Apakah Kucing Boleh Mengonsumsi Madu? Bahaya atau Tidak?

Burungnya.com – Dari dulu semua orang tahu bahwa madu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, apakah madu juga boleh dimakan kucing?

Madu memiliki sejuta manfaat, untuk menjaga stamina dan mengembalikan daya tahan tubuh sehabis sakit.

Namun, berbeda ceritanya bila madu diberikan kepada kucing. Dokter hewan sekalipun sudah mewanti-wanti untuk tidak memberikan madu pada kucing.

Baca juga:

Kucing Tidak Boleh Minum Madu

Alasannya madu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Masalah yang terjadi bisa gangguan pencernaan, perut sakit, dan berat badan naik.

Kucing pada dasarnya tidak perlu gula di dalam tubuh. Bahkan, ada kemungkinan kucing juga tidak mampu mengecap rasa manis.

Sehingga madu bukan alternatif asupan gizi yang baik untuk kucing.

Efek Memberikan Madu pada Kucing

Manfaat Madu Untuk Kucing
Manfaat Madu Untuk Kucing

Madu tidak beracun untuk kucing kesayangan Anda. Jika Anda memberikan madu pada kucing dengan takaran sedikit saja, maka tidak akan ada pengaruhnya pada kesehatan kucing.

Namun, bila takaran madu terlalu banyak, kucing bisa saja keracunan dan diare.

Kalau sudah begini, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter hewan terdekat.

Anak Kucing Tidak Boleh Diberi Madu

Apalagi bila anak kucing yang mengonsumsi madu, tentu efeknya lebih berbahaya. Sebab, tenggorokan dan perut anak kucing masih belum berfungsi optimal.

Cairan madu yang bertekstur lengket pastinya sulit dicerna oleh anak kucing.

Bahaya anak kucing minum madu yaitu, dia bisa mengalami botulisme, penyakit yang disebabkan oleh bakteri clostridium botulinum. Bakteri tersebut dapat melepaskan racun saraf ke aliran darah kucing.

Kucing Dewasa Tidak Boleh Diberi Madu

Risiko yang sama juga akan terjadi pada kucing dewasa. Sebagian kucing akan mengalami masalah pencernaan bila diberi setengah sendok teh madu.

Kucing bisa muntah, lesu, diare, dan gejala sakit perut lainnya. Bahkan, sebagian kasus bisa membuat kucing obesitas.

Kandungan madu dalam setengah sendok teh yakni 64 kalori. Apalagi bila madu ditambahkan dalam makanan kucing, tentu tubuhnya bisa bertambah dengan cepat.

Jadi, lihat kondisi kucing dulu sebelum memberikan madu. Apabila kucing mengalami diabetes, nanti gula darah pada kucing bisa sangat tinggi.

Kesimpulan

Demikian beberapa efek pemberian madu pada kucing. Madu bisa berbahaya untuk kucing bila porsinya terlalu banyak.

Namun, bila Anda memberikan madu sedikit saja, hal tersebut tidak akan ada efeknya sama sekali. Perhatikan pula karakter kucing Anda, apakah dia tipe kucing yang alergi madu atau tidak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.