Aplikasi Untuk Mengetahui Kucing Sakit dari Foto Wajah

Burungnya.com – Memantau kesehatan kucing merupakan hal yang penting. Sebagai pemilik kucing mungkin Anda mempunyai keterbatasan dalam hal penilaian kucing sakit atau tidak.

Namun sekarang Anda bisa sedikit terbantu karena Anda dapat mengetahui kucing sakit atau tidak dengan bantuan kamera smartphone.

Pemilik kucing yang suka memotret teman berbulu mereka kini punya alasan baru untuk mengeluarkan ponsel cerdas mereka dan mengambil foto wajah kucing.

Baca juga: Aplikasi Untuk Mengetahui Arti Suara Kucing

Aplikasi Tably Untuk Mengetahui Kucing Sakit

Calgary, Alberta, perusahaan teknologi kesehatan hewan, Sylvester.ai, telah mengembangkan aplikasi bernama Tably yang menggunakan kamera ponsel untuk mengetahui apakah kucing merasa sakit.

Aplikasi ini melihat posisi telinga dan kepala, penyempitan mata, ketegangan moncong, dan bagaimana kumis berubah, untuk mendeteksi kesusahan.

Aplikasi Untuk Mengetahui Kucing Sakit dari Foto Wajah (apple.com)
Aplikasi Untuk Mengetahui Kucing Sakit dari Foto Wajah (apple.com)

Penelitian Kucing Sakit dari Raut Wajahnya

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Scientific Reports menemukan bahwa apa yang disebut ‘skala meringis kucing’, atau FGS, adalah alat yang valid dan andal untuk penilaian nyeri akut pada kucing.

Loading...

Baca juga: 34 Arti Suara Kucing Meong dan Jenis Suara

“Ini membantu pemilik kucing manusia mengetahui apakah kucing mereka kesakitan atau tidak,” kata Michael Priest, pemimpin usaha Sylvester.ai.

“Kami dapat melatih mesin menggunakan pembelajaran mesin dan serangkaian gambar,” sambung Michael seperti yang disadur dari Reuters.com (27/6/2021).

Aplikasi ini dapat membantu dokter hewan muda, kata Dr. Liz Ruelle dari Wild Rose Cat Clinic di Calgary, tempat pengembang melatih algoritme.

“Saya suka bekerja dengan kucing, selalu tumbuh dengan kucing,” katanya. “Untuk rekan-rekan lain, lulusan baru, yang mungkin belum memiliki banyak pengalaman, bisa sangat menakutkan untuk mengetahui – apakah pasien Anda menyakitkan?”

Baca juga: 7 Makanan Untuk Kucing Sakit dan Cara Memberikan

Aplikasi Pengenalan Wajah Kucing

Sebuah aplikasi yang mempelajari pola dari gambar wajah kucing dapat membantu tetapi pemilik kucing juga harus melihat seluruh tubuh hewan peliharaan mereka, termasuk ekor, untuk petunjuk tentang kesehatan mereka, kata Alice Potter dari badan amal hewan Inggris RSPCA.

“Kucing yang khawatir atau takut akan memegang ekornya dengan sangat erat dan tegang. Dan selain itu, ada juga yang memikirkan perilakunya dalam hal apakah mereka makan, minum, ke toilet, tidur seperti biasanya?”

Kesimpulan

Demikian aplikasi yang bisa mengenali kucing sakit atau tidak dari foto wajah. Aplikasi ini sangat membantu pemilik kucing ataupun dokter hewan.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, silakan download aplikasi Tably di Google Play Store atau Apple App Store.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!