5 Arti Suara Burung Hantu Bunyi di Malam Hari

Burungnya.com – Pernah dengar suara burung Hantu di malam hari? Bagi sebagian orang tentu suara burung Hantu sudah dianggap adanya makhluk halus atau sedang ada hantu di sekitar kita.

Benarkah burung Hantu penanda adanya kematian atau kemunculan hantu? Hal tersebut masih belum bisa dibuktikan. Namun, dari kepercayaan masyarakat suara burung Hantu pertanda ada setan atau makhluk halus.

Padahal, nyatanya ada atau tidak suara burung Hantu, makhluk halus memang ada. Hanya saja kita tidak bisa melihat dengan mata. Nah, burung-burung seperti burung Hantu lebih peka, makanya dia dianggap sebagai pertanda adanya hantu.

Baca juga:

Arti Suara Burung Hantu di Malam Hari

Suara Burung Hantu Menakutkan
Suara Burung Hantu Menakutkan

1. Suara Hut hut

Kalau dengar suara burung Hantu seperti kata hut hut berarti burung Hantu jantan sedang memanggil burung betina. Anda tidak perlu takut karena suara ini seperti seorang pria yang bersiul ke wanita cantik.

Suara burung Hantu tersebut kadang terdengar huuu pendek, kadang juga huuuuuu panjang.

2. Suara Memekik Keras

Bagaimana jika suara burung Hantu berubah jadi pekikan yang keras? Kalau suaranya seperti menjerit berarti burung Hantu dalam keadaan terancam.

Nada suara burung Hantu yang tinggi menandakan dua arti, pertama burung terancam, kedua burung sedang masuk masa kawin.

Jadi, apabila Anda mendengar suara burung Hantu keras sekali di sore hari menjelang petang, atau pagi subuh sebelum fajar, berarti burung Hantu sedang kawin atau menyalurkan birahi.

Berbeda bila suara burung Hantu terdengar di malam hari, kemungkinan dia sedang melawan musuh atau ada ancaman dari hewan lain.

3. Burung Hantu Menggonggong

Apakah burung Hantu bisa menggonggong seperti anjing? Mungkin suaranya tidak sama persis seperti anjing, tetapi nadanya hampir sama.

Burung Hantu yang menggonggong berarti dia sedang ketakutan atau terancam. Suara gonggongan burung Hantu terdengar wuf wuf keras sekali.

Kadang burung Hantu jantan yang mau kawin juga mengeluarkan suara wuf wuf.

Burung Hantu Bunyi di Malam Hari
Burung Hantu Bunyi di Malam Hari

4. Suara Burung Hantu Mengeram

Ini suara burung yang mengeram, bukan burung Hantu mau bertelur. Dalam bahasa Jawa istilahnya nggereng. Burung Hantu yang seperti ini berarti dia sedang menakut-nakuti pemangsa.

Suaranya tidak terlalu keras, tapi kalau jarak dekat masih kedengaran. Suara geraman burung Hantu juga cukup menakutkan walau pelan.

5. Burung Hantu Menjerit Lapar

Manusia lapar ada yang menjerit keras, tapi juga yang hanya diam. Kalau burung Hantu yang lapar, dia bisa berteriak histeris dan keras sekali.

Nah, biasanya burung yang memekik keras adalah anakan burung Hantu yang menjerit kelaparan. Kemungkinan indukan burung Hantu sedang mencari mangsa tapi belum pulang.

Anakannya lapar sekali hingga menjerit dan menangis mencari makanan. Indukan yang mencari makanan tak jauh dari sarang, pasti langsung mendengarnya dan bergegas pulang.

Jenis Burung Hantu yang Boleh Dipelihara (pinterest.com)
Jenis Burung Hantu yang Boleh Dipelihara (pinterest.com)

Suara Burung Hantu di Malam Hari Lebih dari 7 Kali

Konon katanya suara burung Hantu yang lebih dari 7 kali juga ada artinya. Suara burung ini juga jadi pertanda kalau ada hantu di sekitar Anda.

Ini cuma mitos yang sebagian warga mempercayainya. Hitung saja, berapa ketukan suara burung Hantu tersebut.

Jika lebih dari 7 ketukan, berarti ada hantu di sekitar Anda. Hal ini sama seperti suara tokek lebih dari 7 kali.

Kalau suara ketawa cicak, berarti pertanda ada kuntilanak di sekitarnya.

Meski begitu jangan takut dan langsung bentak suara cicak tersebut. Pasti suaranya langsung berhenti dan cicaknya kabur.

Sekali lagi, ini hanya mitos yang belum tentu benar. Jadi, tidak perlu dipercaya sesuatu yang tidak masuk akal logika kita.

Makanan Burung Hantu Celepuk (fandom.com)
Makanan Burung Hantu Celepuk (fandom.com)

Kesimpulan

Demikian arti suara burung Hantu di malam hari. Kalau dipikir-pikir wajar burung Hantu bunyi di malam hari. Sebab, dia hewan nocturnal dan tentunya aktif di malam hari, tapi kalau siang dia tidur.

Mungkin suara tersebut di dunia burung seperti layaknya manusia sedang nongkrong dan mengobrol bersama. Bedanya karena burung Hantu dikaitkan dengan burung pertanda kematian atau adanya hantu, jadi suaranya terdengar menyeramkan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • suara burung hantu

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.