Asal Usul Lovebird Kusumo, Perawatan, dan Arti Namanya

Burungnya.com – Prestasi dan nama Lovebird Kusumo masih terdengar sampai sekarang. Walau saat ini sudah tidak aktif mengikuti lomba, tapi Lovebird Kusumo selalu dikenal sebagai Lovebird legendaris. Asal usul Lovebird Kusumo dan perawatannya menjadi tanda tanya besar, bahkan arti namanya juga.

Asal Usul Lovebird Kusumo

Usut punya usut, Lovebird Kusumo ternyata bukan berasal dari trah juara. Lovebird Kusumo pertama kali bertemu dengan H. Sigit WMP dari Pasar Burung di wilayah Klaten. Benar tidaknya hal ini belum mendapat konfirmasi, tapi setidaknya banyak sumber yang mengatakan demikian.

Jika memang Lovebird Kusumo bukan berasal dari keturunan indukan juara lomba, bagaimana bisa Lovebird Kusumo menjadi juara di hampir setiap pertandingan?

Perawatan Lovebird Kusumo

Suplemen Lovebird Kusumo (youtube.com)
Suplemen Lovebird Kusumo (youtube.com)

Hal ini tak terlepas dari perawatan H. Sigit WMP kepada Lovebird Kusumo. Perawatan Lovebird Kusumo sedikit berbeda dengan Lovebird lain. Walau tampak sederhana, tapi terbukti Lovebird Kusumo mampu meraih nilai poin tertinggi di hampir semua even lomba. Tak jarang, Lovebird Kusumo melibas habis semua sesi di suatu perlombaan.

Loading...

Bagaimana perawatan atau setingan Lovebird Kusumo sehari-hari dan lomba? Untuk perawatan Lovebird Kusumo sudah pernah kami bahas di beberapa artikel berikut.

Kurang lebih perawatan Lovebird Kusumo seperti itu. Jadi memang tidak ada yang terlalu berbeda dengan setingan Lovebird lainnya. Kemungkinan karakter Lovebird Kusumo dan setingan dari H.Sigit WMP sudah sesuai sehingga kemampuan Lovebird Kusumo bisa keluar seutuhnya.

Dalam setingan dan perawatan Lovebird, memahami karakter Lovebird termasuk bagian yang penting. Setidaknya Anda harus mengetahui kesukaan Lovebird (jenis pakan, kandang, perlakuan), kebiasaan Lovebird (mulai dari pagi sampai malam), hal apa yang dibenci Lovebird (hal yang ditakuti atau yang membuatnya stres), selama berada di rumah dan di perlombaan.

Semua masa-masa sulit dan penuh perjuangan ini tentunya sudah dilalui oleh Lovebird Kusumo dan H. Sigit WMP. Tak heran, hubungan antara Lovebird Kusumo dan H. Sigit WMP Klaten sudah seperti keluarga sendiri.

Arti Nama Lovebird Kusumo

Namun yang menjadi pertanyaan sebagian kicau mania sampai sekarang, sebenarnya apa arti nama Lovebird Kusumo? Mungkin sebelumnya banyak yang mengira Lovebird Kusumo merupakan nama dukun atau paranormal Ki Kusumo.

Ternyata hal tersebut salah besar. Nama Kusumo diambil dari kata Kusuma yang artinya bunga. Ada kemungkinan Kusuma diambil dari nama bunga Wijaya Kusuma.

Bunga Wijaya Kusuma (pxhere.com)
Bunga Wijaya Kusuma (pxhere.com)

Mitos bunga Wijaya Kusuma konon katanya rumah yang ditumbuhi bunga Wijaya Kusuma akan mendapatkan banyak rezeki. Bunga yang hanya mekar di malam hari ini dipercaya di kalangan Keraton untuk syarat seorang raja agar bisa naik tahta.

Jenis Kelamin Lovebird Kusumo

Lovebird Kusumo bersama pasangannya (YouTube.com)
Lovebird Kusumo bersama pasangannya (YouTube.com)

Bukankah bunga indentik dengan wanita? Ya, jenis kelamin Lovebird Kusumo adalah betina. Dulu mungkin Kusumo dikira Lovebird jantan, tapi Om Sigit WMP sudah mengonfirmasi bahwa Lovebird Kusumo berkelamin betina.

Saat ini Om Sigit WMP sedang menunggu keturunan Lovebird Kusumo yang sedang berada di kandang breeding atau kandang ternak. Walau Lovebird Kusumo lagi diternak, tapi yang menunggu telurnya saja sudah sangat banyak.

Kicau mania meyakini keturunan Lovebird Kusumo nanti pasti berkualitas trah jawara. Dengan begitu, Lovebird Kusumo bisa beristirahat dan prestasinya dilanjutkan oleh anak-anaknya.

Harga Lovebird Kusumo Miliaran

Sempat heboh beberapa waktu lalu, harga Lovebird Kusumo mencapai angka miliaran. Berita ini cepat tersebar lantaran masuk media cetak Tanah Air. Kehebohan ini menjadi viral karena ternyata harga Lovebird Kusumo Rp 2,2 miliar.

Koran Soloraya Lovebird Bernama Kusumo Ditawar Rp 2,2 Miliar (jatengpos.com)
Koran Soloraya Lovebird Bernama Kusumo Ditawar Rp 2,2 Miliar (jatengpos.com)

Hampir semua grup dan komunitas Lovebird di Indonesia membahas Lovebird fenomenal Kusumo. Semua dibuat tak percaya harga seekor Lovebird bisa menyentuh angka miliaran.

Lebih hebohnya lagi, H. Sigit WMP tidak menerima tawaran tersebut. Dengan alasan masih sayang, Lovebird Kusumo tidak jadi dijual seharga Rp 2,2 miliar. Sampai sekarang Kusumo jadi Lovebird termahal di Indonesia.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • yhsm-solo_001
  • burungmania

Berikan komentar