6 Asal Usul Lovebird Merah yang Jarang Diketahui dan Jadi Perdebatan

6 Asal Usul Lovebird Merah yang Jarang Diketahui dan Jadi Perdebatan

Burungnya.com – Akhir-akhir ini perdebatan tentang Lovebird Merah kembali muncul ke publik. Ada yang bilang Lovebird Merah berasal dari mutasi. Ada pula kicau mania yang mengatakan Lovebird Merah disebabkan karena penyakit. Perdebatan ini sampai sekarang belum menemui titik terang.

Enam tahun lalu, Omkicau.com (15/4/2013) sudah membahas mengenai Lovebird Merah atau red suffusion / red suffused. Dari situ diketahui asal usul Lovebird Merah ternyata cukup banyak.

Baca juga: 15 Jenis Warna Lovebird Termahal dan Paling Dicari Kicau Mania

Asal Usul Lovebird Merah dan Penyebab Lovebird Berwarna Merah

Lovebird Merah Red Suffusion (alchetron.com)
Lovebird Merah Red Suffusion (alchetron.com)

1. Hasil Mutasi Genetik

Sebagian penangkar mengatakan Lovebird Merah muncul karena hasil mutasi genetik.

2. Gangguan Metabolisme Tubuh

Ada juga peternak yang menyebuhkan bahwa Lovebird Merah terlahir karena gangguan metabolisme pada tubuh.

3. Beberapa Jenis Makanan

Selain itu, ada pula yang memberitahukan bahwa Lovebird Merah terjadi akibat beberapa jenis makanan.

Soalnya pada burung Kenari, jenis makanan berpengaruh pada warna bulu. Burung Kenari Merah bisa mengeluarkan warna merah setelah diberi makanan alami berupa wortel.

Baca juga: 10 Jenis Lovebird yang Paling Bagus dan Trend Warna Lovebird Terbaru

4. Penyakit Hati

Lovebird Merah karena disfungsi hati yang menyebabkan munculnya bintik-bintik merah yang terlihat seperti berwarna merah. Artinya, Lovebird ini menjadi merah karena gangguan metabolisme atau penyakit.

5. Perkembangan Bulu yang Abnormal

Kicau mania yang lain menyebut Lovebird Merah karena perkembangan bulu yang abnormal sehingga burung memiliki pigmen yang tidak sama.

6. Ginjal Bermasalah

Salah satu peternak Lovebird warna atau Lovebird Beauty Contest, Lalang Kibar mengatakan munculnya warna merah pada Lovebird Merah karena psittacine. Yang menyebabkan kelebihan psittacine karena ginjal Lovebird bermasalah.

Pcittacine adalah pigmen atau zat pewarna yang hanya terdapat pada burung paruh bengkok dan bertanggung jawab memunculkan warna merah, kuning, serta kombinasi kedua warna tersebut.

Lalang Kibar juga mengatakan bahwa Lovebird Merah atau Red Lovebird sudah ditemukan sejak tahun 1921. Hal ini diketahui dari buku-buku yang dia baca.

Baca juga: Lovebird Unik Mata dan Kaki Warna Biru, Harganya Puluhan Juta

Loading...

Apakah Lovebird Merah bisa Diternak?

Lovebird Merah Diternak (miami-fl.americanlisted.com)
Lovebird Merah Diternak (miami-fl.americanlisted.com)

Menurut penuturan Lalang Kibar, Lovebird Merah tidak dapat diternak atau diturunkan warnanya. Pasalnya, Lovebird unik ini ternyata mengalami masalah pada bagian ginjalnya.

“Jadi sampai saat ini Lovebird Merah terindikasi karena penyakit pada ginjal. Pakar Lovebird dunia seperti Dirk Van, sampai saat ini juga mengharap laporan dari peternak Lovebird Merah untuk mengirimkan rekaman hasil dari Lovebird Merah untuk mengembangkan lebih lanjut. Jadi penelitiannya belum selesai. Itu semua menurut pengalaman dan literatur yang saya baca,” kata Lalang Kibar, seperti yang dikutip dari Burungnews.com (16/1/2019).

Pengalaman dari kicau mania juga demikian. Burung Lovebird Merah sepertinya memang sakit, walau tidak disebutkan detailnya.

Lovebird Merah Red Suffusion (jualon.com)
Lovebird Merah Red Suffusion (jualon.com)

Ya, menurut Itok Lovebird dari Solo, burung Lovebird warna merah yang ada di pasaran selalu betina dan umurnya sudah tua. Banyak yang mencoba ternak Lovebird Merah, tapi tidak ada yang berhasil menurunkan anakan Lovebird Merah.

Lalang Kibar menambahkan, kalaupun Lovebird Merah bisa diturunkan, biasanya cuma warna hijau saja yang muncul seperti Red fischeri.

Kemudian, pada usia sekitar 1-2 tahun, Lovebird tersebut akan mengalami masalah kesehatan dan banyak yang mati karena ginjal bermasalah.

Baca juga: Lovebird Langka Bertanduk dari Indonesia, Berapa Harganya?

Kesimpulan

Lovebird Blorok Merah (omkicau.com)
Lovebird Blorok Merah (omkicau.com)

Lovebird Merah terjadi karena gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Warna merah Lovebird kemungkinan muncul setelah usia dewasa. Terakhir Lovebird Merah tidak dapat diternak untuk menghasilkan anakan Lovebird berwarna merah.

Demikian penjelasan tentang asal usul Lovebird Merah yang jadi perdebatan. Mengapa bisa terjadi banyak versi asal usulnya dan jadi perdebatan?

Baca juga: Asal-usul Lovebird Biola dan Ciri-cirinya

Hal ini karena penelitian Lovebird Merah belum selesai, sehingga belum diketahui apa penyebab utama Lovebird bisa mengeluarkan warna merah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • lakbet merah
  • Lovebird Red Suffusion
  • cara mencetak lovebird red suffusion
  • Jenis warna burung lb red sufision
  • Gambar love bird red fiscery
  • ciri love bird red suffusion paruh merah
  • cara munculkan warna lovebird
  • cara menghasilkan red
  • red suffusion
  • cara buat anakan red cerry lovebird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!