5 Bahaya Buah Alpukat Untuk Makanan Burung

Burungnya.com – Mungkin masih sedikit yang mengetahui bahwa buah alpukat ternyata berbahaya untuk burung. Kandungan di dalam buah tersebut disinyalir bisa membuat gangguan kesehatan pada burung. Namun, untuk manusia dan jenis hewan yang lain, buah alpukat tidak terlalu berbahaya.

Seberapa bahaya buah alpukat pada burung? Apakah buah tersebut bisa menyebabkan kematian? Benar sekali, buah ini dapat membuat burung mati mendadak. Soalnya, buah ini berpengaruh langsung pada fungsi kerja jantung.

Kandungan Buah Alpukat

Tahukah Anda, ternyata buah alpukat mengandung racun yang disebut persin. Kandungan ini tidak berbahaya bagi manusia, tetapi bila dikonsumsi oleh burung dalam jumlah banyak sangat berbahaya.

Persin merupakan senyawa yang larut dalam minyak. Secara struktural persin mirip dengan asam lemak dan dia juga bisa larut dalam tubuh.

Alpukat Tidak Berbahaya Bagi Anjing dan Kucing

Meski berbahaya untuk burung, buah alpukat tidak beracun bagi anjing dan kucing. Namun, buah ini bisa berbahaya bagi keduanya kalau isinya termakan, seperti yang disadur dari Guardian.ng (2/8/2016).

Mengapa alpukat bisa berbahaya bagi anjing dan kucing? Alasannya karena biji buah ini bisa tersangkut di tenggorokan, esofagus, perut, atau saluran pencernaan lainnya. Hewan-hewan tadi hanya boleh memakan daging buah alpukat saja.

Hewan Lain yang Tidak Boleh Makan Alpukat

Ada juga hewan lain yang tidak boleh memakan alpukat, yaitu kelinci, kuda, kambing, sapi, dan domba. Hewan-hewan ini tidak boleh makan bagian apapun dari buah alpukat. Sebab, buah ini bisa membuat berbagai gangguan kesehatan.

Buah Alpukat Tidak Boleh Diberikan ke Burung (sweetpeasandsaffron.com)
Buah Alpukat Tidak Boleh Diberikan ke Burung (sweetpeasandsaffron.com)

Gangguan Kesehatan Akibat Makan Alpukat

  • Peradangan pada kelenjar susu.
  • Produksi susu menurun.
  • Kesulitan bernapas.
  • Terdapat cairan di sekitar jantung.
  • Irama jantung bermasalah.
  • Kematian.

Jenis Burung yang Dilarang Makan Buah Alpukat

Terdapat banyak jenis burung yang tidak boleh memakan buah alpukat. Alasannya sudah jelas yakni masalah racun persin. Beberapa jenis burung yang dimaksud di antaranya sebagai berikut:

  • Kenari
  • Lovebird
  • Parkit
  • Cockatiel
  • Beo
  • Paruh bengkok
  • Jenis burung lain

Tanda-tanda Burung Keracunan Buah Alpukat

Adakah tanda-tanda burung sedang keracunan buah alpukat? Tentu saja banyak, beberapa gangguan kesehatan yang dialami burung terjadi pada bagian dalam tubuh.

  1. Gangguan pernapasan.
  2. Terdapat cairan di sekitar jantung dan paru-paru burung.
  3. Gagal jantung dan gagal hati.
  4. Mati mendadak.
  5. Tidak mampu bertengger.

Perlu Anda ketahui, tidak hanya dagingnya, daun dan ranting pohon alpukat juga mengandung persin. Oleh karena itu, walau sedang iseng, sebaiknya jangan memberikan tangkringan dari ranting pohon buah alpukat. Takutnya, tangkringan tersebut digigiti burung dan akhirnya dia mati.

Loading...

Meski begitu, banyak orang yang beranggapan buah alpukat aman untuk burung. Namun, daripada mengambil risiko besar, lebih baik memberikan jenis buah lain yang sudah pasti bergizi bagi burung.

Mengapa harus mengambil risiko besar kalau Anda bisa memberikan buah lain yang lebih aman. Burung bisa mengonsumsi berbagai buah yang juga kita konsumsi. Jadi, tidak harus alpukat karena buah lain juga lebih aman untuk burung.

Makanan Lain yang Tidak Boleh Diberikan ke Burung

1. Biji Buah Apel dan Peer

Kenapa biji buah apel dan pir tidak boleh dimakan burung? Alasannya karena biji buah tersebut mengandung sedikit cyanida. Tahukah Anda cyanida dikelompokkan sebagai zat beracun yang efeknya kurang bagus untuk burung. Oleh karena itu, berikan daging buahnya saja, sedangkan bijinya dibuang.

2. Cokelat

Banyak orang menyukai cokelat. Bahkan, makanan ini sudah menjadi hadiah favorit di hari valentine. Namun, kalau cokelat diberikan ke burung, dia bisa diare dan muntah.

Jika burung makan cokelat dalam jangka waktu yang lama, sistem saraf pusat burung bisa rusak. Kemudian burung akan kejang dan berakhir pada kematian.

3. Bawang Putih

Sebagian kicau mania memberikan bawang putih pada burung untuk kehangatan. Kalau jumlah sedikit memang tidak masalah, tapi kalau porsinya banyak sangat berbahaya.

Bawang putih dapat diberikan ke burung tapi sedikit saja dan tidak boleh setiap hari. Pasalnya, bawang putih dapat menyebabkan gangguan pencernaan, muntah, dan diare.

Pemberian bawang putih dalam waktu yang lama dapat menyebabkan burung mengalami anemia hemolitik. Kemudian burung bisa mengalami gangguan pernapasan dan akhirnya mati.

4. Garam

Pemberian garam atau asinan bagus untuk burung. Namun, porsi pemberiannya sedikit saja. Kalau kebanyakan garam, burung bisa mengalami dehidrasi, disfungsi ginjal, dan mati.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa bahaya buah alpukat untuk makanan burung. Anda yang tidak mau mengambil risiko, lebih baik ganti buah alpukat dengan buah lain. Terlebih, masih banyak buah yang lebih bergizi untuk burung, seperti pisang, pepaya, apel, jeruk, dan lain-lain.

Bagian lain dari alpukat juga berbahaya, termasuk bijinya, ranting, pohon, hingga daun. Jadi, segala sesuatu yang berkaitan dengan alpukat sebaiknya disingkirkan jauh-jauh dari burung kicau kesayangan Anda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!