5 Bahaya Tidur dengan Kucing di Malam Hari

Burungnya.com – Walau kucing sangat menggemaskan, Anda jangan pernah tidur dengan kucing di malam hari. Alasannya selain masalah kebersihan, kucing juga bisa membawa atau menularkan penyakit.

Jadi coba dipikir-pikir kalau mau tidur sama kucing di kamar. Apakah kucing Anda benar-benar bersih dan tidak penyakitan? Kalau Anda yakin kucing Anda sehat dan tidak akan menyebarkan penyakit, boleh-boleh saja mengajak kucing tidur bersama.

Namun dengan satu syarat, kucing tidak tidur satu ranjang dengan Anda. Cukup satu kamar, tapi kucing harus memiliki tempat istirahat sendiri.

Sama saja dong? Ya tentu tidak, yang penting tidak tidur bersebelahan dengan kucing, tentu masih aman. Kalau Anda memiliki anak kecil atau bayi, lebih baik memang kucing tidur di luar kamar yang terpisah.

Baca juga: 10 Alasan Suara Kucing Berisik dan Tindakan yang Harus Dilakukan

Bahaya Tidur Sama Kucing di Malam Hari

1. Kucing Bawa Penyakit

Saat ini Anda sehat walafiat, tapi setelah sering tidur dengan kucing, coba rasakan pasti ada saja penyakit yang muncul. Ini karena kucing bisa membawa penyakit zoonosis yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, hingga parasit.

Mikroorganisme tadi memicu berbagai penyakit pada manusia dan juga hewan lain. Penyebaran penyakitnya bisa saja terjadi saat kucing menjilat wajah, mencakar kulit, menggigit, dan tak sengaja menginjak kotoran kucing.

Penyakit yang paling ringan bisa menular ke manusia adalah kutu, kurap, kadas, dan infeksi kulit karena tungau.

2. Bahaya Kucing Tidur dengan Bayi

Lebih parah lagi bila Anda mengajak kucing tidur di malam hari sekamar dengan bayi. Hal tersebut bisa menyebabkan sindrom kematian bayi mendadak atau biasa disebut Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

Kucing cenderung ingin tidur di atas wajah bayi, sehingga menghalangi jalannya pernapasan dan memicu mati lemas.

Kalau bayi Anda baru lahir, sebaiknya sementara kucing dijauhkan dulu dari bayi tersebut. Terlebih Anda tidak tahu apakah kucing dalam keadaan bersih atau tidak. Takutnya, kucing baru main di luar rumah, kemudian langsung menjilati bayi Anda.

Baca juga: 18 Cara Menjinakkan Kucing Biar Dipanggil Datang

Bahaya Tidur dengan Kucing (coleandmarmalade.com)
Bahaya Tidur dengan Kucing (coleandmarmalade.com)

3. Kucing Ganggu Tidur

Kucing sangat berpotensi mengganggu tidur Anda. Hal ini disampaikan oleh pendiri 911 VETS, Dr Steve Weinberg, menurutnya kucing bisa mengganggu tidur pemiliknya di malam hari karena dia termasuk hewan nokturnal.

Loading...

Kucing suka sekali bermain di balik selimut. Dia akan menggaruk Anda dan bahkan mengigit kaki Anda. Terlebih lagi, kucing bisa juga membawa kutu di bulunya. Takutnya kutu-kutu tadi lompat keluar dan hinggap di selimut atau rambut Anda.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Paling Mudah

4. Kucing Hewan Teritorial

Terlalu lama membiarkan kucing tidur di kamar, bisa saja dia akan mengusir Anda dari sana. Kucing termasuk hewan teritorial sehingga bisa terganggu bila ada Anda atau hewan lain yang masuk ke kamar.

Ini semua terjadi karena Anda membiasakan mengajak kucing tidur di kamar. Lama-kelamaan dia merasa nyaman dan seolah menganggap kamar tersebut adalah miliknya.

Anda nanti yang tidur di ranjang, bisa jadi akan diusir karena menurut kucing itu tempat tidurnya. Sudah ada bukti di media sosial Instagram, kucing mengusir pemiliknya dengan cara menendang kepala pemiliknya saat mau tidur.

5. Kucing Buang Kotoran Sembarangan

Kalau kucing belum terlatih buang kotoran di litter box, sebaiknya jangan diajak tidur di kamar. Sebab, tempat tidur Anda bisa menjadi tempat pup yang paling nyaman.

Daripada harus mencuci ranjang setiap hari, lebih baik memberikan tempat tidur sendiri di luar kamar. Kucing paling suka tidur di lapisan empuk seperti handuk tebal atau karpet.

Jadi, di dalam kandangnya sediakan kain hangat, handuk tebal, atau karpet bulu tebal. Pasti dia akan lebih senang dan tidak ikut tidur di dalam kamar.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan

Manfaat Tidur dengan Kucing

Walau cukup banyak dampak negatifnya, tidur dengan kucing juga memiliki sejumlah manfaat. Apa saja manfaat tidur dengan kucing?

  • Pecinta kucing akan lebih mudah tidur saat mendengar ritme napasnya.
  • Mengurangi stres karena bisa bercanda dengan kucing.
  • Tidur lebih mengasyikkan karena ada yang menemani.

Kesimpulan

Kurang lebih itu tadi beberapa bahaya tidur sama kucing. Anda yang baru memiliki kucing sebaiknya pastikan dulu kucing Anda sehat dan bersih. Jangan asal mengajak kucing tidur di kamar.

Takutnya kucing membawa penyakit yang membahayakan keluarga di rumah. Bulu-bulu kucing juga berbahaya karena mitosnya dapat membuat wanita mandul dan sulit hamil.

Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati. Kucing dibuatkan tempat tidur sendiri saja karena dia pasti suka dan anggota keluarga di rumah tidak akan terganggu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!