Banyak Tikus, Jogja Bangun Wisata Rumah Burung Hantu

Burungnya.com – Bagi pecinta burung Hantu, Anda akan dimanjakan jika berkunjung ke Bantul, Jogja. Pasalnya, pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengembangkan rumah burung Hantu (rubuhan) untuk tempat wisata edukasi.

Pembangunan wisata rumah burung Hantu ternyata berasal dari permasalahan terkait banyaknya populasi tikus di sana. Diketahui, ada dua desa di kecamatan Sedayu, kabupaten Bantul, yakni Argosari dan Argorejo, yang sering dikunjungi kawanan tikus.

Nah, untuk mengusir tikus-tikus yang mengganggu pertanian di sana, masyarakat sekitar membangun rubuhan atau rumah burung Hantu.

Baca juga: Burung Hantu Betina Membunuh Pasangannya Karena Alat Vital Kecil

Loading...

Pembangunan rumah burung Hantu tersebut dibantu oleh pemerintah kecamatan Sedayu, kabupaten Bantul, Dinas Pertanian, dan Kehutanan Bantul.

“Di Sedayu sudah ada rubuhan di dua desa, yaitu Argosari dan Argorejo. Ke depannya, keberadaan rubuhan akan kami jadikan atraksi wisata edukasi di sana,” kata Camat Sedayu Fauzan Muarifin di Bantul, seperti yang dikutip dari Cnnindonesia.com (9/1/2018).

Sayangnya, rumah burung Hantu hanya dibangun di dua desa. Walaupun, kecamatan Sedayu mempunyai empat desa, tapi pemerintah hanya memfokuskan pembangunan pada dua desa saja, yaitu Argorejo dan Argosari.

Baca juga: Pria Ini Bisa Memutar Kepalanya 180 Derajat Seperti Burung Hantu

Sementara, dua desa sisanya tidak dibangun rumah burung Hantu karena populasi tikus tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, pembangunan rubuhan hanya difokuskan di Argorejo dan Argosari.

“Pembangunan rubuhan ini khusus di Argorejo dan Argosari. Sebenarnya ada empat desa di Kecamatan Sedayu, namun di Argomulyo dan Argodadi tidak dibangun rubuhan, karena memang populasi tikus tidak berkembang di dua desa tersebut,” pungkas Fauzan.

Semoga dengan adanya rumah burung Hantu, populasi tikus menjadi berkurang, dan wisata edukasi di sana menjadi berkembang. Sehingga hal ini sama seperti sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Baca juga: Desa di Jawa Tengah Pekerjakan Burung Hantu Untuk Membasmi Tikus

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar