Beli Cucak Ijo Godong Rp 2,5 Juta, Sekarang Jadi Rp 350 Juta

Burungnya.com – Yang namanya harga burung Cucak Ijo ternyata bisa naik berkali-kali lipat. Apalagi kalau burung tersebut sudah sering juara, pasti harganya bisa melonjak tajam sampai ratusan juta rupiah. Sama seperti burung Cucak Ijo Godong yang dulu dibeli dengan harga Rp 2,5 juta, sekarang naik sampai Rp 350 juta.

Pemilik burung Cucak Ijo Godong adalah Alex Chow dari Gresik. Dia pertama kali main burung tahun 1996, tapi bukan Cucak Ijo. Sempat gonta-ganti berbagai jenis burung, hingga akhirnya jatuh hati dengan Cucak Ijo.

Alex Chow Pemilik Cucak Ijo Godong (youtube.com)
Alex Chow Pemilik Cucak Ijo Godong (youtube.com)

Beli Burung Cucak Ijo Rusak

Awal dapat Cucak Ijo Godong saat perawatnya menyarankan beli Cucak Ijo. Ada salah satu Cucak Ijo yang bagus, tetapi saat mau dibeli dalam keadaan rusak. Nah, karena Alex Chow percaya dengan perawatnya, dia mau membeli burung tersebut seharga Rp 2,5 juta.

Beli burung ini tidak di gantangan, dia hanya percaya sama perawat. Kemudian burung dipoles kurang lebih selama 1 bulan. Sebelumnya burung dibiarkan begitu saja selama 2 bulan. Lalu, Cucak Ijo Godong dirawat secara khusus selama 1 bulan. Ternyata setelah dibawa ke gantangan, dia mau jalan.

Saat itu, burung Cucak Ijo sudah mau kerja tetapi pendek-pendek dan belum mau bongkar isian. Lalu, dicari lagi setingan yang pas sampai sekarang mau bongkar isian, ngentrok, dan mengeluarkan lagu panjang.

Menguji Cucak Ijo Godong

Setelah kelihatan karakternya dan ketemu setingannya, Cucak Ijo Godong diajak main ke event besar di Surabaya. Saat itu, Alex Chow langsung memainkan di 5 kelas. Ternyata burung mau kerja, gacor, dan mendapat juara 1 sebanyak 3 kali, sisanya juara 2 serta 3.

Setelah itu, Cucak Ijo Godong diboyong ke Jakarta untuk ikut lomba yang lebih besar. Di sana burung juga mau jalan dan lagi-lagi juara. Bahkan, burung ini kuat main sampai 6 kelas sekaligus.

Cucak Ijo Godong di Rumah

Kalau di rumah, Cucak Ijo Godong biasa saja. Namun, kalau dia dibawa ke lapangan dan bertemu lawan langsung gacor dan fighter. Burung ini tipikal mudah terpancing bunyi saat bertemu lawan.

Kelebihan Cucak Ijo Godong suka ngentrok hampir mirip dengan burung Branjangan. Untuk mendapatkan gaya ngentrok tersebut, birahinya harus tepat.

Materi Isian Lagu Cucak Ijo Godong

  • Pelatuk
  • Cililin
  • Kapas Tembak
  • Tengkek Udang
  • Burung Gereja Tarung

Hebatnya, Cucak Ijo Godong bisa mengganti-ganti antara satu jenis isian ke isian lainnya. Sehingga suaranya tidak monoton dan panjang-panjang.

Harga Cucak Ijo Godong

Sebenarnya Alex Chow belum ada keinginan untuk menjual Cucak Ijo Godong. Namun, banyak sekali orang yang menawar burung tersebut. Terakhir, burung Cucak Ijo ini ditawar Rp 350 juta, tapi tidak dilepas.

Loading...

Selama Alex Chow belum bosan main burung, sepertinya Cucak Ijo Godong tidak akan dijual. Nanti, saat dia bosan, baru Cucak Ijo Godong dijual.

Coba bayangkan dulu beli Cucak Ijo Godong cuma Rp 2,5 juta. Sekarang setelah sering juara, banyak yang menawar burung tersebut sampai tembus Rp 350 juta.

Saran dari Alex Chow

Pemilik Cucak Ijo Godong juga berpesan yang intinya main Cucak Ijo harus sportif dan terus semangat. Selain itu, pecinta Cucak Ijo juga harus mengikuti aturan BKSDA tentang pembuatan surat izin kepemilikan dan penangkaran.

Di tahun 2020 pemilik Cucak Ijo memang wajib mengantongi surat izin dari BKSDA. Jika di bulan September 2020, pemilik Cucak Ijo belum mengurus surat izin tersebut, maka dia harus bersiap-siap berurusan dengan hukum.

Baca juga:

Pihak BKSDA dan kepolisian pasti mempunyai alasan sendiri untuk menyita burung dan menangkap kicau mania. Namun, jika Anda sudah mempunyai surat izin yang kuat dari BKSDA, pastinya lebih aman.

Kesimpulan

Apa yang bisa kita dapat dari pengalaman Alex Chow dan Cucak Ijo Godong? Jadi beli burung itu tidak harus bagus. Anda harus mengamati dulu beberapa burung yang diperkirakan bisa bagus. Perawat Alex Chow sudah mengamati ada burung Cucak Ijo bagus, tapi saat itu kondisinya sedang rusak.

Mungkin ini menurutnya jadi kesempatan yang baik untuk meminang burung tersebut. Alex Chow hanya percaya saja dengan insting sang perawat dan ternyata setelah dirawat Cucak Ijo Godong memang bagus serta berkualitas.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cucak ijo godong
  • Cucak hijau go
  • vidio cara cucak bisa garuda

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!