Burung Cantik Ini Bulunya Indah seperti Pelangi

Burungnya.com – Kicau mania terbagi menjadi dua yakni pecinta suara burung dan pecinta warna bulu burung. Kalau pecinta suara burung, tentu warna tidak terlalu menjadi masalah. Sedangkan, pecinta warna bulu pasti pilih warna burung yang cantik seperti pelangi, walau suaranya tidak begitu bagus.

Nah, salah satu jenis burung yang bulunya indah dan cantik adalah Rainbow Lory. Burung ini sangat menakjubkan dan sekarang jadi burung peliharaan manusia paling populer. Rainbow Lory juga disebut Rainbow Lorikeet, yang terdiri dari setidaknya 22 subspesies.

Salah satu burung cantik warna pelangi ini membutuhkan lebih banyak perhatian daripada burung peliharaan Anda yang lain karena kebutuhan makanan dan perumahan yang sangat spesifik.

"<yoastmark

Ciri Fisik Burung Rainbow Lory

Tahukah Anda, ciri burung pelangi ini mempunyai panjang sekitar 12 inci. Bulunya hampir semuanya dihiasi warna pelangi. Setiap subspesies burung tersebut memiliki lebih atau kurang dari warna bulu tertentu. Sehingga para ahli lebih mudah membedakan mereka, meski tidak ada perbedaan yang terlihat antara jenis kelamin jantan dan betina.

Dari mulai kepala, warnanya biru terang. Kemudian warna paruh orange kemerahan. Sebagian besar warna tubuhnya ditutupi bulu berwarna hijau. Namun, pada bagian dada warnanya orange hingga merah cerah. Di bawahnya sedikit, yaitu bagian perut berwarna biru sama seperti kepalanya.

Di belakang kepala, terdapat semacam bandana warna kuning cerah. Warna kuning ini juga bisa ditemukan di bagian kaki, sayap, dan ekor. Selebihnya, warna tubuh Rainbow Lory didominasi warna hijau.

Habitat Alami Burung Rainbow Lorikeet

Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa burung Rainbow Lorikeet berasal dari Australia dan Indonesia bagian timur. Burung-burung ini ditemukan bersama kawanan yang besar.

Mereka bertengger di pohon pada malam hari dengan jumlah ratusan hingga ribuan ekor. Burung ini akan kawin pada usia sekitar 2 tahun. Umumnya dia mengasuh 2 bayi per sekali menetas. Berbeda dengan banyak jenis burung Beo lain, yang mungkin memiliki 6 anak atau lebih dalam sekali menetas.

Fakta Unik Burung Cantik Mirip Pelangi

Selain memiliki keindahan dalam warna bulu, ternyata burung ini mempunyai kegemaran yang aneh tapi lucu. Ya, Rainbow Lory suka tidur dengan posisi terbalik dan punggungnya dijadikan alas.

Tidak hanya itu, burung Rainbow Lorikeet sangat cerdas karena mampu mempelajari trik dan perilaku lainnya. Saking cerdasnya, dia mampu melarikan diri dari sangkar dengan mudah. Jadi jangan lupa kunci pintu kandang.

Ada lagi fakta yang unik, burung pelangi ini sangat menyukai mainan, terutama hal-hal yang mengeluarkan suara bergemerincing dan bergetar.

Biasanya mereka cenderung bosan, sehingga ajak mereka mainan setidaknya setiap minggu sekali. Burung ini paling tidak diberi 20 jenis mainan, tempat yang aman, tanpa tali berserakan agar tidak terjerat dan tanpa ruang sempit agar dia tidak tersangkut.

Awas Anda harus menjaga burung Rainbow Lorikeet dengan baik karena dia cukup berbahaya. Maksudnya burung ini bahaya karena gampang tidak cocok dengan spesies burung lain. Dia akan berubah menjadi ganas, bahkan sampai membunuh spesiesnya sendiri dan burung yang lebih besar.

Jenis Makanan Burung Rainbow Lorikeet

Pola makan Rainbow Lorikeet jauh berbeda dari kakatua lainnya karena ampela mereka tidak sekuat dan tidak mampu menghancurkan biji. Meskipun beberapa Rainbow Lorikeet dapat memecahkan beberapa biji, makanan utamanya tetap buah-buahan, seperti pisang, jeruk, melon, dan apel.

Burung-burung ini juga memakan bunga, seperti bunga sepatu. Makanan pokoknya di penangkaran adalah nektar yang terbuat dari jus dengan bubuk manis yang diformulasikan khusus kemudian dicampur ke dalamnya. Oh iya, lidah burung ini didesain khusus untuk mengambil nektar.

Namun, Anda perlu waspada karena kotoran burung Rainbow Lory lumayan cair. Sehingga, saat Anda mengajaknya jalan-jalan, dia bisa menyemprotkan kotoran ke mana-mana. Anda mungkin akan sering mendapat pekerjaan untuk membersihkan kotoran burung.

Loading...
Burung Cantik Rainbow Lorikeet (youtube.com)
Burung Cantik Rainbow Lorikeet (youtube.com)

Karakter Burung Rainbow Lorikeet

Burung ini mempunyai karakter sangat kuat dan bukan spesies pemalu. Selain itu, tipikal burung ini ceria dan antusias terhadap sesuatu yang baru. Lorikeet juga sangat menyukai waktu bermain di luar kandang. Anda harus memanfaatkan hal tersebut untuk mengajaknya bermain bersama.

Hati-hati, seekor burung Rainbow Lorikeet yang dibiarkan sendirian dalam waktu lama dan sering, maka dia akan mengalami kelainan perilaku serta melukai diri sendiri. Selain itu, burung ini sangat bersemangat di luar kandang, dan bisa jadi dia akan cukup nakal. Rainbow Lory merupakan burung yang lincah dan sesekali dia akan menggigit karena gembira atau ketakutan.

Suara Burung Rainbow Lory

Sama seperti burung paruh bengkok yang lain, burung ini terdengar berisik dan bernada tinggi. Walau Lory bukan burung yang pintar bicara tetapi dia akan belajar berbicara dengan jelas layaknya manusia.

Namun, suara yang paling sering keluar dari paruhnya adalah suara cerecetan yang berisik dan terdengar meriah. Dibandingkan dengan burung kicau, mungkin suara burung ini masih lebih berisik. Jika Anda merasa suaranya terlalu mengganggu, Anda dapat menutup sangkarnya dengan kain kerodong atau dimasukkan kamar khusus.

Penyakit Burung Rainbow Lorikeet

Seperti burung yang lain, Lorikeet juga bisa sakit. Penyebab utama penyakitnya biasanya karena makanan yang busuk. Jadi, Anda harus sering mengganti pakan dan minum. Kalau bisa penggantian makan dan minum setiap hari atau setiap pagi saat membersihkan kotoran burung.

Kalau kedua menu tersebut jarang diganti, maka bisa menjadi sarang bakteri, jamur, dan menyebabkan infeksi serta keracunan pada burung. Perhatikan makanan dan minuman Rainbow Lorikeet akan burung tersebut tidak mudah sakit.

Saat burung ini sehat, dia bisa berumur panjang yaitu 20 – 30 tahun. Namun, tentu ini burung Lory yang beruntung. Sebab, sebagian burung Rainbow Lorikeet tidak mampu menginjak usia selama itu.

Kesimpulan

Demikian burung cantik yang bulunya mirip dengan warna pelangi. Kalau dilihat sekilas, memang terdapat variasi warna yang mirip dengan pelangi. Burung ini mempunyai warna bulu merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu. Tentu semua orang sudah mengetahui bahwa warna tersebut terdapat pada pelangi.

Baca juga:

Keindahan burung ini yang membuatnya diminati banyak orang. Terlepas dari suaranya yang berisik, tetapi warna bulu yang indah bisa membuat semua orang jatuh hati.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!