Burung Elang Jawa Setia dengan Satu Pasangan Sampai Mati

Burungnya.com – Walau terlihat maco dan gagah, ternyata Elang Jawa setia sekali. Burung yang terlihat gagah dengan mata yang tajam ini diketahui akan kawin dengan satu burung betina sampai ajal tiba.

Ya, burung Elang Jawa (Javan hawk-eagle) hanya kawin dengan satu pasangan karena dia berkembang biak secara monogami. Tak heran jumlah Elang Jawa di alam sangat sedikit.

Ini karena perburuan dan Elang Jawa sendiri tidak mau kawin selain dengan pasangannya sendiri. Kalau di dunia manusia, ini pasti jadi sosok suami idaman.

Namun, bagi dunia burung, tentunya kondisi ini menyulitkan kelestarian burung tersebut. Sebab, proses perkembangbiakan yang memakan waktu lama.

Baca juga:

Jumlah Elang Jawa di Alam

Diketahui jumlah elang jawa di alam cuma 300 – 500 ekor saja. Hal tersebut jumlahnya dihitung pada tahun 2019 dan disampaikan langsung oleh Kementerian Lingkungan HIdup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Pihak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dewi M. Prawiradilaga Ph.D., mengatakan bahwa burung Elang Jawa langka karena salah satunya proses perkembangbiakan yang lambat dan lama.

Burung Elang Gunung (twitter.com)
Burung Elang Gunung (twitter.com)

“Jumlah Elang Jawa sedikit, populasi kecil, karena sebarannya hanya ada di Jawa jadi terbatas. Di samping itu karena sifat biologinya yang membuat populasi Elang Jawa sulit naik,” katanya, seperti yang disadur dari Detik.com (07/06/2021).

Bahkan Elang Jawa cuma bertelur satu butir dan menunggu menetas sekitar 1,5 bulan. Perawatan anaknya juga lama karena harus dididik dulu, seperti mengenal mangsa, memburu mangsa, makan, dan lain-lain.

“Kalau bertelur cuma satu butir dan itu menetasnya sekitar 1,5 bulan. Kemudian perawatan anaknya lama karena harus dididik dulu. Jadi ada proses parental care lebih lama karena diajari mengenal mangsa, memburu mangsa, makan,” katanya.

Proses Telur Elang Jawa Menetas

Lamanya menunggu anak Elang Jawa lepas bisa sampai 3 bulan. Jadi, memang proses mulai telur menetas sampai anak dilepas sendiri membutuh waktu 3 bulan.

Menunggu anaknya bisa berkembangbiak lagi butuh waktu sekitar 3-4 tahun. Sehingga proses perkembangbiakannya lama sekali.

Elang Jawa Setia
Elang Jawa Setia

Elang Jawa Setia

Tak mengejutkan bila Elang Jawa Setia jadi sebutan untuk burung tersebut. Oh iya, tahukan kalian gimana cara Elang Jawa kawin?

Pertama Elang jantan akan menggoda Elang betina dengan gaya terbang di langit. Selain itu, dia akan mengeluarkan suara yang menarik hati Elang betina.

Nah, ketika Elang jantan dan elang betina sudah cocok, mereka berdua akan setia satu sama lain.

Hal tersebut sudah diteliti oleh pihak LIPI. Bahkan di sayapnya dikasih penanda untuk mengetahui apakah benar, pasangan Elang Jawa tersebut satu dan sama.

“Kalau selama ini yang sudah dikerjakan (penelitian) kita tandai dengan penanda sayap. Kemungkinan berbiak dengan individu yang sama. Dugaan memiliki ikatan kuat dengan pasangan, jadi monogami kuat,” kata Dewi.

Jenis Elang Indonesia (ebird.org)
Jenis Elang Indonesia (ebird.org)

Anaknya sendiri akan diusir agar indukan bisa berkembang biak lagi. Inilah bukti sayangnya suatu pasangan Elang Jawa. Namun, bukan dalam artian pengusiran yang negatif.

Anaknya hanya diminta mandiri dan cari makan sendiri di tempat lain. Sementara, indukan akan berkembangbiak lagi.

Kesimpulan

Demikian bukti bahwa Elang Jawa setia terhadap pasangan sampai mati. Menurut kalian gimana cara agar Elang Jawa mau kawin dengan betina yang lain atau pejantan yang lain?

Sebab, burung setia akan sulit tergoda dengan pasangan lain. Sehingga sulit juga burung tersebut berkembang biak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.