5 Burung Elang Terbesar dan Terkuat Ukurannya Mirip Manusia

Burungnya.com – Banyak burung besar dan kuat di bumi, tapi yang paling kuat dan masih hidup sampai sekarang adalah burung Elang Harpy. Selain Harpy, ada juga burung Elang yang ukuran tubuhnya sangat besar dan berat. Bahkan, hewan sekelas macan tutul saja sampai bertekuk lutut dijadikan santapan Elang.

Anda mungkin tidak percaya karena burung Elang raksasa bisa memiliki berat tubuh sampai 12,3 kg dengan tinggi 107 cm. Burung ini kalau berhadapan langsung dengan anak-anak, pasti si anak tersebut akan ketakutan.

Burung Elang besar seperti ini bisa membawa mangsanya terbang tinggi, kemudian dimakan di pegunungan atau pepohonan. Kalau cuma sebesar monyet, tentu hewan tersebut menjadi santapan sehari-hari. Sebab, Elang yang besar bisa memakan hewan lebih besar berkali-kali lipat dari ukuran tubuhnya.

Jenis Burung Elang Terbesar dan Terkuat di Dunia

1. Elang Harpy

Tahun kemarin burung Elang ini sempat viral karena ukurannya mirip dengan tubuh manusia. Beratnya bisa mencapai 12,3 kg dengan tinggi sampai 107 cm dan bentang sayap mencapai 224 cm.

Burung ini bisa memangsa hewan besar sebangsa Macan Tutul. Namun, Elang Harpy lebih suka makan hewan yang bertengger di pohon, seperti monyet dan kukang. Yang paling mengerikan, karena burung Harpy bisa memakan Macan Tutul.

2. Verreaux’s Eagle atau Elang Hitam

Di Afrika Selatan Verreaux’s Eagle lebih dikenal dengan sebutan Black Eagle. Burung ini tinggal di perbukitan dan pegunungan Afrika Selatan, Afrika Timur, Afrika Barat, Semenanjung Arab, dan Timur Tengah Selatan.

Verreaux Eagle adalah salah satu Elang terbesar dan terkuat di dunia karena memiliki panjang tubuh mencapai 96 cm serta berat tubuh 5 kg.

3. Golden Eagle

Burung Golden Eagle merupakan burung pemangsa paling terkenal di belahan bumi utara. Burung ini mempunyai ciri bulu cokelat gelap dan bulu keemasan di lehernya. Golden Eagle memiliki bentangan sayap 2,4 meter dan beratnya bisa mencapai 6,5 kg.

4. Philippine Eagle

Burung Philippine Eagle termasuk Elang terbesar dan terkuat di dunia. Burung yang gemar makan monyet memiliki panjang tubuh 102 cm dengan berat mencapai 8 kg. Elang ini dijadikan burung Nasional Filipina karena sudah hampir punah.

5. Steller Sea Eagle

Burung Steller Sea Eagle dapat ditemukan di timur laut pesisir Asia. Steller Sea Eagle gemar memakan ikan dan burung laut. Burung ini merupakan salah satu Elang terberat di dunia karena memiliki berat 9,5 kg dan bentang sayap 2,5 meter.

Loading...

Kesimpulan

Demikian beberapa burung Elang terbesar dan terkuat di dunia dengan ukuran tubuh mirip manusia. Bagaimana tidak, tadi ada Elang Harpy dengan berat 12,3 kg, tinggi 107 cm, dan lebar sayap 224 cm. Saat burung ini bersanding dengan manusia, maka keduanya akan terlihat hampir sama.

Baca juga:

Bahkan, kalau Elang Harpy sampai melebarkan sayapnya, tentu ukuran manusia akan terlihat lebih kecil. Tak heran, burung ini tahun lalu viral karena ukurannya yang besar dengan karakter yang menakutkan seperti monster.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung elang terbesar di dunia
  • Burung elang raksasa
  • burung terbesar
  • elang terbesar di dunia
  • makanan burung garuda
  • perbandingan ukuran elang fan manusia

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!