Burung Hantu Terkecil di Dunia (imgur.com)

Burung Hantu Terkecil di Dunia, Tingginya Cuma 15 Cm

Burungnya.com – Masyarakat di Indonesia beranggapan burung Hantu terkecil adalah burung Hantu Celepuk Reban. Namun, ternyata ada jenis burung Hantu terkecil di dunia yang ukurannya lebih kecil yaitu burung Hantu Elf (Elf Owls) atau burung Hantu Peri.

Baca juga: 10 Ciri dan Fakta Menarik tentang Burung Hantu Putih

Ukuran Burung Hantu Terkecil di Dunia

Burung Hantu Peri Hidup di Lubang Kaktus (sciencesource.com)
Burung Hantu Peri Hidup di Lubang Kaktus (sciencesource.com)

Sebagai perbandingan, tinggi burung Hantu Celepuk Reban sekitar 20 cm, sementara berat tubuhnya mencapai 100 gram. Kalau burung Hantu Elf cuma 15 cm dengan berat kurang dari 28 gram.

Bisa dibayangkan betapa kecilnya burung Hantu tersebut. Tubuhnya hampir sama dengan genggaman tangan pria dewasa. Tak heran, Elf Owls disebut-sebut sebagai burung Hantu terkecil di dunia.

Makanan Burung Hantu Terkecil di Dunia

Menu makanan yang biasa disantap burung Hantu Elf, di antaranya jangkrik, kumbang, laba-laba, kadal, serta tikus kecil. Terkadang, burung Hantu mini juga memakan kalajengking.

Baca juga: 10 Perbedaan Cara Memberi Makan Burung Hantu Besar dan Kecil

Habitat Burung Hantu Terkecil di Dunia

Untuk tempat tinggal, biasanya burung Hantu Peri lebih menyukai hidup di hutan dan gurun kawasan Texas Barat Daya dan Arizona Selatan. Burung Hantu kecil ini sering bersarang di lubang kaktus Saguaro yang tinggi, bekas rumah burung Pelatuk yang tidak ditinggali lagi.

Habitat asli burung Hantu Elf sebenarnya di perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko. Namun, dipercaya burung Hantu Peri tidak menjadikan wilayah gurun sebagai habitat utama. Pasalnya, gurun terlalu panas dan kering.

Cara Mencari Mangsa

Burung Hantu Elf Mencari Mangsa (arizonabirder.com)
Burung Hantu Elf Mencari Mangsa (arizonabirder.com)

Sama seperti burung Hantu lain, burung Hantu Elf mencari makanan di malam hari. Dia akan bertengger di atas pohon sambil mengamati wilayah sekitar.

Loading...

Jika sudah menemukan sasaran, burung Hantu Peri langsung terbang menukik menyergap mangsanya. Apabila mangsanya berupa kalajengking, maka ekor beracunnya akan dipotong dulu agar tidak membahayakan.

Selain mangsa di darat, burung Hantu Elf juga sering mencari makanan seranggga yang sedang terbang. Menariknya, burung ini akan menyimpan makanannya di sarang apabila ukuran mangsanya terlalu besar.

Baca juga: Burung Hantu Terbesar Ini Dipercaya Punya Ilmu Gaib yang Positif

Musim Kawin Burung Hantu Terkecil di Dunia

Musim Kawin Burung Hantu Elf (youtube.com)
Musim Kawin Burung Hantu Elf (youtube.com)

Burung Hantu Elf termasuk burung yang setia, sama seperti Lovebird. Sebab, burung Hantu jantan dan betina tidak akan berganti pasangan sampai salah satunya meninggal. Kalau pun mau ganti pasangan, mereka biasanya cuma berganti pasangan di musim kawin berikutnya.

Oh iya, burung Hantu betina dapat menetaskan sampai 5 butir telur. Kemudian telur tersebut dierami sampai menetas selama 24 hari. Setelah menetas, anakan burung Hantu tidak bisa melihat. Mereka baru bisa melihat setelah usianya 6 hari.

Anak-anak burung Hantu dapat terbang sendiri saat usianya 1 bulan. Lalu, setelah usia 4 bulan, anakan burung Hantu Elf akan memiliki motif bulu sama seperti burung Hantu dewasa.

Baca juga: 15 Tips Menjinakkan Burung Hantu Liar dan Galak

Usia Burung Hantu Terkecil di Dunia

Burung Hantu Peri dapat hidup hingga usia 14 tahun saat dipelihara oleh manusia. Namun, di alam liar, burung Hantu ini cuma hidup kurang lebih selama 7 tahun.

Mengapa hidupnya lebih pendek saat berada di alam liar? Hal ini karena ukuran tubuh burung Hantu Elf sangat kecil sehingga banyak predator yang memangsanya, seperti burung Hantu yang lebih besar, Elang, dan lain-lain.

Untuk bertahan hidup, burung Hantu Elf memilih berdiam diri di pohon atau terkadang terbang menjauhi pemangsa. Kalau sudah dalam keadaan terdesak, burung Hantu terkecil di dunia akan berpura-pura mati.

Demikian sosok burung Hantu terkecil di dunia. Ternyata burung Hantu memang sangat kecil, yakni tingginya kurang dari 15 cm dan beratnya sekitar 28 gram. Sayang, burung ini memiliki hidup pendek jika berada di alam liar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • owl terkecil di dunia
  • burung hantu terkecil di dunia
  • Celepuk terkecil
  • Jenis burung hantu kecil

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!